skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
4 Jenis Tanaman Herbal Untuk Penyakit Sirosis Hati!

4 Jenis Tanaman Herbal Untuk Penyakit Sirosis Hati!

Hati merupakan salah satu organ vital tubuh. Berperan dalam berbagai aktivitas penting di dalam tubuh. Hati menghasilkan protein darah yang berguna memberi asupan tenaga pada sistem kekebalan tubuh dan mengatur batasan jumlah gumpalan darah, juga menyebarkan oksigen ke berbagai organ tubuh lain.

Hati juga berfungsi menyimpan gizi dan gula, membersihkan aliran darah dan membunuh lemak jenuh. Seperti organ tubuh lainnya, hati juga rentan terkena penyakit, dan salah satu adalah sirosis.

Penyakit ini berkembang lambat mengahancurkan dan mengganti jaringan hati yang sehat dengan jaringan parut.

Hati yang tergores akan menjadi berlubang, aliran darah normal akan terhambat, pengolahan zat-zat, nutrisi, dan racun menjadi lambat. Proses penting lainnya, seperti pembuatan protein akan ikut terganggu karena hati dipenuhi jaringan parut.

Angka kebutuhan transplantasi hati terus meningkat, karena sirosis yang terjadi di berbagai belahan dunia. Menurut Institut Kesehatan Nasional Inggris, sirosis hati menjadi salah satu penyebab kematian utama di dunia.

Di tahun 2013, sebanyak 1,2 juta orang meninggal karena mengidap sirosis dengan jumlah pasien laki-laki lebih banyak daripada perempuan.

Penyebab Penyakit Sirosis Hati

Sirosis hati itu kebanyakan disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya akibat virus hepatitis B, virus hepatitis C, mengonsumsi minuman keras berlebihan, dan beberapa kondisi lain yang bisa merusak jaringan hati.

Gejala Penyakit Sirosis Hati

  • Terjadinya pembengkakan pada pergelangan kaki dan perut
  • Hilangnya selera makan
  • Mual dan muntah
  • Kekurangan energi dan tubuh mudah mengantuk
  • Demam dan menggigil
  • Kulit dan putih mata menguning
  • Perubahan warna pada urine dan tinja (kadang disertai darah)
  • Serta Kulit mengalami gatal-gatal.

Tanaman Herbal Untuk Penyakit Sirosis Hati

  1. Gooseberry

Kita semua pasti sudah pernah mendengar tentang gooseberry di mana ini adalah bahan yang berkandungan vitamin C tinggi sehingga tak hanya menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh saja.

Gooseberry pun diketahui sangat efektif dalam memberikan perlindungan terhadap organ hati dari segala bentuk kerusakan.

Mengonsumsi gooseberry secara rutin sebagai campuran salad sangatlah disarankan. Konsumsi rutin akan membantu supaya organ hati berfungsi secara normal dan baik kembali.

Jika memungkinkan, Anda pun bisa mencoba untuk mengunyahnya supaya sari-sarinya keluar sehingga vitamin C menjadi lebih cepat diperoleh oleh tubuh. Namun cara apapun yang Anda hendak lakukan, tetap gooseberry tak boleh dilewatkan.

  1. Teh Hijau

Obat alami lainnya yang pastinya bisa Anda coba adalah teh hijau yang kita tahu penuh dan kaya akan antioksidan.

Sifat antioksidan di dalam teh hijau inilah yang mampu mengurangi tekanan oksidasi yang menjadi pemicu sirosis pada jaringan organ hati. Karena kandungan antiviralnya jugalah, teh hijau mampu melawan hepatitis.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengambil sesendok teh bubuk teh hijau atau sekantong teh dan kemudian diseduh ke dalam secangkir air panas.

Seduhlah sekitar 5 menit lamanya dan kemudian bisa Anda buang kantongnya. Berilah madu murni sebagai pemanis dan Anda bisa meminumnya sehari 3 kali untuk mendapatkan hasil terbaik.

  1. Pepaya

Kalau sebelumnya ada biji pepaya yang dipercaya mampu memberikan hasil efektif bagi kesembuhan sirosis hati, buah pepaya pun sama besar kegunaannya.

Selain mencegah maupun mengatasi sembelit, pepaya adalah buah yang juga diyakini ampuh menjaga kesehatan organ hati.

Anda bisa mengonsumsinya secara langsung setiap hari, tapi bila hendak membuat minuman jus pepaya pun boleh-boleh saja.

Alternatifnya, Anda bisa mengambil jus pepaya sebanyak 2 sendok makan yang kemudian ditambah dengan jus lemon segar sebanyak 1 ½ sendok teh untuk kemudian dikonsumsi setiap hari. Untuk aturan pakainya, Anda bisa mengonsumsi sehari 3-4 kali demi hasil memuaskan.

  1. Biji Rami

Kaya akan fitonutrien, biji rami pun merupakan obat sirosis hati yang bisa dimanfaatkan dan juga dipercaya ampuh dalam mengobati.

Memang betul bahwa biji rami tak secara langsung mampu memberikan keuntungan bagi kesehatan hati Anda. Tapi, tak dapat dipungkiri bahwa bahan alami ini dapat mengurangi risiko kerusakan liver.

Fitonutrien yang ada di dalam biji rami adalah kandungan yang sangat bermanfaat untuk mencegah kelebihan hormon atau hormon yang tidak diharapkan untuk berada dan mengalir pada peredaran darah.

Tambahkan saja biji rami ke dalam salad atau bahkan makanan lainnya seperti sandwich, bahkan untuk campuran smoothies pun sangat oke.