skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Waspadalah Dengan Tanda Penyakit Gastritis Berikut Ini!

Waspadalah Dengan Tanda Penyakit Gastritis Berikut Ini!

Gastritis atau yang umum dikenal dengan sebutan Maag adalah penyakit yang sering terjadi di masyarakat, namun begitu penyakit ini sering diremehkan dan disepelekan oleh penderitanya. Pada kenyataannya, penyakit gastritis tidak bisa diremehkan.

Gastritis adalah penyakit pencernaan pada lambung yang dikarenakan oleh produksi asam lambung yang berlebihan. Hal ini mengakibatkan imflamasi atau peradangan dari mukosa lambung. Penderitanya merasa akan merasa perutnya perih dan mulas di daerah sekitar ulu hati.

Gastritis merupakan suatu penyakit yang harus segera ditangai dengan cepat dan tepat, karena jika kondisi ini dibiarkan begitu saja maka dapat menyebabkan beberapa komplikasi, diantaranya yaitu tukak lambung, pendarahan di dalam lambung, dan juga kanker lambung.

Tanda Penyakit Grastitis

Segeralah periksakan diri Anda ke dokter terdekat jika Anda mengalami tanda gastritis yang semakin parah atau berkepanjangan. Dibawah ini beberapa tanda-tanda gastritis yang perlu diwaspadai:

– Muntah-muntah hingga anda tidak dapat makan, minum ataupun minum obat.

– Isi muntahan berwarna hijau atau kuning.

– Ketika muntah atau buang air besar terdapat darah baik segar maupun hitam.

– Demam dengan rasa sakit di ulu hati.

– Keringat dingin.

– Wajah pucat.

– Nafas pendek.

– Nyeri dada.

– Pingsan atau merasa berkunang-kunang.

– Detak jantung cepat dan tidak beraturan.

Penyebab Penyakit Gastritis

Penyebab utama gastritis adalah bakteri yang bernama Helicobacter pylori, yang dapat ditemukan di makanan atau air yang tercemar. Bakteri juga dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain. Penyebab umum lainnya adalah penggunaan obat anti-inflamatori non-steroidal (NSAID) dan konsumsi alkohol secara berlebihan, serta penyalahgunaan obat-obatan terlarang (seperti kokain).

Meskipun tidak umum, gastritis juga dapat disebabkan oleh stres, sakit, operasi, gangguan autoimun, infeksi virus, gangguan pencernaan, atau cedera parah. Penting untuk diingat dinding lambung akan menipis seiring bertambahnya usia, sehingga orang tua lebih rentan terkena gastritis.

Pengobatan Penyakit Gastritis

Penyakit gastritis dapat kambuh kapan saja jika anda mengkonsumsi yang seharusnya dihindari. Penyakit gastritis dapat diobati akan tetapi tidak dapat disembuhkan secara total.

Biasanya obat-obatan untuk penyakit gastritis dapat diminum 2 jam sebelum atau 2 jam sesudah makan. Tujuan mengkonsumsi obat adalah untuk menetralisir asalm lambung yang sudah menumpuk dilambung sehingga menyebabkan luka pada lambung anda.

Obat-obatan yang biasanya diberikan oleh dokter untuk penderita gastritis adalah jenis obat Antasida (menghilangkan perih dan menetralisir asam lambung), obat sekretonik (menekan sekresi asam lambung), dan Ranitidin (mengobati tukak lambung).

Jika anda sebagai penderita penyakit gaastritis maka sebaiknya anda menghindari hal-hal yang dapat memperparah kondisi anda dan juga minumlah obat dengan teratur.

Cara Mencegah Penyakit Gastritis

Jika anda rentan mengalami gejala gastritis, alangkah baiknya untuk mencoba membagi porsi makanan anda ke jadwal makan baru.

Misalnya, apabila sebelumnya anda suka makan dengan porsi yang cukup besar pada tiap jadwal makan anda, maka cobalah untuk merubah porsinya menjadi sedikit pada tiap kali makan dan jadwal makan anda juga menjadi lebih sering dari biasanya. Selain itu, hindari makanan berminya, asam, atau pedas.

Jika anda sering mengkonsumsi minuman berlakohol, alangkah baiknya untuk mengurangi atau menghentikan kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol yang mana dapat menjadi penyebab timbulnya gejala gastritis. Selain itu, mengendalikan stres juga merupakan hal yang sangat penting sekali untuk dilakukan.

Berikut adalah daftar makanan yang harus dihindari untuk mencegah gastritis, karena makanan ini dapat mengiritasi dan memperburuk lambung, sehingga mengakibatkan seseorang lebih rentan menderita gastritis:

– Kopi dan teh.

– Paprika.

– Bubuk bawang putih.

– Alkohol.

– Tomat dan produk yang mengandung tomat.

– Susu murni (termasuk cokelat).

– Buah dan jus jeruk, (lemon, limau, jeruk bali).

– Daging, sosis, bacon, salami yang diberi bumbu pedas.

Apa Itu ElderlyCare?

Elderlycare adalah Produk PT. Autoimun Care Indonesia yang merupakan Formula Organik yang diciptakan khusus untuk membantu menyembuhkan penyakit Maag, membantu mengatasi Gangguan pada Sistem Pencernaan, dan membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Elderlycare ini di Produksi dengan teknologi canggih Nanotechnology yang dapat menjaga kesehatan dan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan tubuh serta membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.