skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Tanda Penyakit Ginjal Dan Cara Mengatasinya

Tanda Penyakit Ginjal Dan Cara Mengatasinya

Penyakit ginjal adalah ginjal kehilangan kemampuannya untuk mempertahankan volume dan komposisi cairan tubuh dalam keadaan normal. Penyakit ginjal dibagi menjadi dua kategori yaitu Penyakit ginjal kronik dan Penyakit ginjal akut.

Pada Penyakit ginjal akut terjadi penurunan fungsi ginjal secara tiba-tiba dalam waktu beberapa hari atau beberapa minggu dan ditandai dengan hasil pemeriksaan fungsi ginjal (ureum dan kreatinin darah) dan kadar urea nitrogen dalam darah yang meningkat.

Tanda Penyakit Ginjal

Tanda yang umumnya dialami oleh penderita penyakit ginjal yaitu:

  1. Mengalami rasa gatal

Fungsi ginjal yang sudah tidak mampu berfungsi dengan baik, mengakibatkan terjadinya penumpukan kotoran hasil dari sisa metabolisme tubuh. Yang kemudian, mengakibatkan rasa sangat gatal.

Rasa gatal karena hal tersebut, bukanlah gatal yang wajar seperti kena ulat. Jika gatal karena terkena ulat maka bisa hilang dengan mudah, sedangkan gatal akibat Penyakit ginjal bisa terus ada pada setiap harinya.

Ciri lain dari gatal karena Penyakit ginjal , yaitu gatal tersebut akan mudah berdarah jika digaruk, walaupun dengan garukan yang ringan saja. Rasa gatal bisa muncul di seluruh tubuh, adapun pada wanita seringnya rasa gatal muncul di bagian tangan, pergelangan tangan dan kaki.

  1. Bengkak di pelupuk mata

Pembengkakan pada penderita ginjal bisa sampai ke bagian peulupuk mata. Gejala ini berasal dari masalah radang ginjal yang dialami.

Radang ginjal dapat disebabkan oleh bakteri, bakteri tersebut merusak nefron pada ginjal, yang mengakibatkan urin kembali masuk ke dalam darah.

Air yang dimasukkan ke dalam tubuh yang tidak dapat diserap dengan baik. Membuat pembengkakan bisa terjadi di pelupuk mata. Penderita radang ginjal harus melakukan cuci darah seumur hidupnya.

  1. Tekanan Darah Tinggi

Radang ginjal bisa mengakibatkan timbulnya terkena darah tinggi. Apabla sebelumnya seseorang belum pernah memiliki riwayat darah tinggi, tetapi kemudian tiba-tiba terkena tekanan darah tinggi, ini bisa menjadi potensi gejala sakit ginjal.

Gejala berupa tekanan darah tinggi terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah pada penderita ginjal, yang juga memiliki komplikasi penyakit diabetes.

  1. Nafas pendek-pendek

Normalnya manusia menghirup dan mengeluarkan udara di dalam tubuhnya dalam jangka waktu 3-4 detik.

Adapun bagi penderita ginjal, berpotensi mengalami lebih singkat menghirup dan mengelurakan udara (kurang dari 3 detik).

  1. Busa di air kencing

Anda perlu curiga apabila ada busa pada air kencing. Bisa jadi itu merupakan gejala penyakit radang ginjal. Nefron ginjal yang rusak menyebabkan kencing menjadi berbusa.

  1. Susah buang air kecil

Penderita batu ginjal beresiko mengalami kesusahan saat buang air kecil. Batu ginjal yang berukuran besar dapat menghambat saluran kecing, hal ini membuat penderita kesulitan saat berkemih (buang air kecil).

  1. Menghambat pertumbuhan

Anak-anak yang menderita Penyakit ginjal mengakibatkan pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya terhambat. Dimana organ ginjal merupakan organ yang sangat vital dalam mendukung pertumbuhan anak-anak dan bayi.

  1. Diare

Anak yang menderita Penyakit ginjal beresiko akan sering diare. Penyebabnya karena saluran cerna pada anak terkena infeksi, oleh bakteri yang menyerang ginjal. Hal ini menyebabkan anak rentan terserang diare.

Komplikasi Penyakit Ginjal

Berikut beberapa komplikasi penyakit ginjal yaitu:

  1. Kelebihan Cairan

Selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa banyak minum akan membuat ginjal sehat. Hal ini ternyata tidak sepenuhnya benar, jika seseorang dengan fungsi ginjal yang masih baik minum 2-3 liter air dalam sehari memang baik untuk ginjalnya.

Tetapi jika seseorang dalam kondisi memiliki gejala Penyakit inil minum 5-6 liter dalam sehari, hal tersebut bisa berbahaya. Karena bisa menyebabkan kadar garam di dalam tubuh berkurang, dan bisa membuat seseorang lemah atau bahkan kejang-kejang.

Seseorang dengan Penyakit ginjal kronis, memiliki dengan pembuangan cairan yang ada di dalam tubuhnya. Sehingga ketika ia minum air dalam jumlah yang banyak, tidak semua air yang ia minum keluar dan malah menumpuk di pembuluh darah, dan membuat jantung menjadi bekerja lebih keras.

  1. Metabolik Asidosis

Salah satu fungsi ginjal adalah mengatur elektrolit, cairan, dan juga asam basa di dalam darah. Jika fungsi tersebut terganggu, maka darah akan asam dan pH darah akan turun. Jika pH darah turun, maka akan membuat pembuluh darah melebar, dan juga kontraksi jantung menjadi terganggu. Jika hal tersebut tidak dikendalikan, maka akan membawa dampak yang sangat buruk.

  1. Gangguan Mineral dan Tulang

Penyakit ginjal kronik yang sudah lama dibiarkan, bisa menganggu mineral dan juga tulang. Asupan kalsium yang kurang, bisa menyebabkan tulang menjadi mudah patah. Orang dengan Penyakit ginjal ini, memiliki tulang yang tidak kuat dan mudah patah, karena gangguan tulang yang dialaminya.

  1. Hipertensi

Hipertensi bisa membuat seseorang terkena Penyakit ginjal , tetapi Penyakit ginjal kronis juga bisa menyebabkan hipertensi. Karena gangguan glomeruler, seseorang bisa mengalami hipertensi. Hipertensi juga bisa disebabkan karena terlalu banyak cairan atau tekanan darah yang naik.

Mengatasi Penyakit Ginjal

Beberapa obat herbal yang dapat anda gunakan untuk mengobati penyakit ginjal yaitu:

  1. Mengkudu

Buah pace atau yang banyak dikenal dimasyarakat luas sebagai buah mengkudu yang memiliki aroma buah yang sangat tidak enak.

Namun buah satu ini menyimpan banyak khasiat dan manfaat yang sangat baik bagi tubuh manusia salah satunya untuk mengobati ginjal dan keluhan penyakit seputar ginjal, namun umumnya banyak orang memanfaatkan mengkudu sebagai buah untuk menurunkan tekanan darah tinggi tentunya masih berkaitan erat dengan ginjal, menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes.

  1. Daun sirsak

Penyakit ginjal dan obatnya yang pertama adalah memanfaatkan daun sirsak. Caranya adalah ambillah beberapa lembar daun sirsak setelah itu dicuci sampai bersih. Rebus dengan air mendidih, dan masukkan 3-5 lembar daun sirsak. Kemudian saring air rebusan daun sirsak tadi, minum selagi masih hangat.

Dan konsumsilah teh daun sirsak paling tidak 2-3 kali dalam sehari untuk mengatasi Penyakit ginjal yang anda alami. walaupun pengobatan yang dilakukan pada Penyakit ginjal dan obatnya ini bisa dilakukan dengan cara yang mudah, namun sebaiknya lakukanlah pencegahan. Karena pencegahan adalah suatu hal yang lebih baik daripada mengobati.

  1. Temulawak

Penyakit ginjal dan obatnya yang selanjutnya adalah ambilah 1 rimpang temulawak, 1 genggam daun kumis kucing yang segar, serta 1 genggam daun meniran segar, kemudian 4 gelas air bersih, dan gula aren secukupnya saja.

Cara membuat ramuan ini adalah cucilah semua bahan, kemudian direbus dengan menggunakan periuk tanah atau juga panci kaca, sampai air yang tersisa hanya setengahnya saja. Dan jika sudah dingin, saringlah, minumlah 3 kali sehari. untuk membantu menambahkan rasanya agar semakin enak, tambahkanlah gula aren atau juga madu murni secukupnya saja sesuai dengan selera Anda.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.