skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Waspadai Tanda Penyakit Hipotensi Berikut Ini!

Waspadai Tanda Penyakit Hipotensi Berikut Ini!

Seseorang akan dikatakan menderita penyakit hipotensi jika tekanan darah (TD) yang dimiliki sistolik-nya hanya mencapai 90 mm Hg atau kurang dari itu. Sementara diastolik nya hanya 60 mm Hg atau kurang dari itu. Orang dewasa normal memiliki tekanan 120/90 mm Hg.

Kejadian penyebab darah rendah pada wanita dan laki-laki sama. Meskipun demikian, ada kecenderungan tekanan darah rendah terjadi pada wanita karena perdarahan, menstruasi berlebih atau darah berkurang sewaktu melahirkan.

Hipotensi hampir mirip dengan anemia. Anemia terjadi karena seseorang menderita kekurangan sel darah merah atau haemoglobin. Pengukuran anemia dilakukan melalui serangkaian test darah. Bahaya anemia hampir sama dengan tekanan darah rendah.

Sementara hipotensi terjadi bila seseorang mengalami tekanan darah yang cenderung lebih rendah dari tekanan darah normal. Pengukuran tekanan darah rendah melalui alat yang disebut tensimeter.

Tanda Penyakit Hipotensi

Di bawah ini adalah beberapa tanda-tanda apabila mengalami penyakit hipotensi:

– Merasa cepat lelah atau tak bertenaga jika melakukan aktivitas.

– Penderita sering menguap.

– Keringat dingin, biasanya sering terjadi di telapak kaki dan tangan.

-Biasanya penderita akan tampak pucat dan memiliki denyut nadi yang terasa lemah, hal ini karena suplai darah yang tidak maksimum ke seluruh bagian tubuh.

– Penderita akan sering mengeluh sakit kepala (pusing).

– Penderita akan sering mengalami kebingungan.

– Penglihatan kadang-kadang akan dirasakan kabur (mata berkunang-kunang) apalagi sehabis duduk terlalu lama kemudian langsung berdiri atau berjalan, bahkan tidak hanya itu, orang dengan penyakit darah rendah akan mengalami hipotensi orthostatik yang biasanya terjadi ketika orang tersebut berdiri setelah duduk atau berbaring.

Dalam kondisi tersebut ia akan merasakan keadaan serasa pingsan bahkan bisa jadi pingsan dan biasanya tanda itu akan hilang kembali setelah duduk atau berbaring kembali dalam beberapa menit.

Penyebab

Penyebab hipotensi bermacam-macam. Seperti misalnya, seseorang terjadi kehilangan cairan atau darah saat diarhe, muntah, dehidratasi, perdarahan, infeksi berat, gangguan pada jantung, efek penggunaan obat sehingga menurunkan tekanan darah (TD) seperti obat anti hipertensi, anti depresi, anti diuresis (perangsang buang air kecil), faktor hormonal, hipoglikemia, hipotyroid atau hipertiroid.

Hipotensi bisa juga karena gangguan medis. Hipotensi biasanya tidak ditentukan oleh besarnya tekanan darah dalam pembuluh darah, tetapi ditentukan oleh ciri-ciri yang khas pada penderita tekanan darah rendah.

Akibat Penyakit Hipotensi

Hipotensi akan membuat jantung terlalu rendah kekuatannya untuk membawa oksigen dan nutrisi untuk organ vital seperti otak, jantung dan ginjal. Akibatnya, pada saat dibutuhkan, organ tersebut tidak mampu bekerja dengan baik. Pada beberapa kasus tekanan darah rendah bisa membahayakan jiwa.

Penderita tekanan darah rendah, hindari risiko penderita hilang keseimbangan dan jatuh terjerembab. Efek dari jatuhnya ini yang berbahaya karena akan menyebabkan efek kesehatan lainnya. Ketika tidur, kadangkala penderita tekanan darah rendah tidak memperhitungkan ketersediaan oksigen dalam otaknya.

Langsung saja bangun dari tidur, dan pergi ke kamar mandi tanpa memberikan kesempatan oksigen untuk naik dan berkumpul dahulu di otak. Akibatnya penderita sering jatuh di kamar mandi, dan bisa berakibat fatal.

Penyembuhan Penyakit Hipotensi

Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan penyakit hipotensi:

  1. Makan daging dan ikan

Daging sapi dan ikan baronang bisa menjadi menu makanan yang lezat untuk di santap di siang hari, daging dan ikan baronang mempunyai sumber protein dan gizi yang cukup banyak untuk kebutuhan tubuh tetapi anda harus mengkomsumsi makanan tersebut dalam porsi yang secukupnya dan jangan berlebihan karena makanan tersebut bisa membuat anda gemuk jika setiap hari di komsumsi.

Cukup menyiapkan menu masakan daging sapi atau ikan barongang dua sampai tiga kali seminggu dan di tambah dengan sayuran segar agar tekanan darah anda bisa normal dan anda bisa mendapatkan tubuh yang sehat.

  1. Makan sayuran sehat

Untuk mengatasi hipotensi anda perlu beberapa sayuran segar yang banyak mengandung vitamin dan gizi yang baik, sayuran bisa membantu dan mengatasi darah rendah secara praktis tidak perlu repot membeli obat darah rendah karena darah rendah bisa diatasi dengan makanan darah rendah dan enak dan juga bergizi.

Sayuran yang bisa anda makan adalah sayuran kol, sawi, brokoli, bayam, kembang kol, daun katuk, kangkung, dan wortel sayuran tersebut banyak terdapat di pasar-pasar atau supermarket selain harganya yang terjangkau sayuran tersebut mempunyai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh anda.

  1. Minum jus sehat

Buah-buahan yang segar selain bisa memuaskan rasa dahaga anda bisa juga menjadi obat hipotensi yang enak dan alami, buah-buahan bisa anda komsumsi secara langsung atau bisa juga anda berkreasi menjadi minuman yang sehat. Anda bisa makan buah seperti melon, apel, buah naga, tomat, pisang, alpukat, lemon, mangga, pepaya, sirsak, anggur, kiwi, cherry, delima, kismis, blewah, dan jambu biji.

Macam-macam buah tersebut bisa anda jus atau di makan langsung setiap harinya berbagai buah yang segar bisa meningkatkan tekanan darah didalam tubuh dan juga bisa menjadi makanan yang sehat untuk anda.

  1. Olahraga

Selain makanan cara mengatasi hipotensi bisa dengan olahraga yang teratur, banyak berbagai jenis olahraga yang bisa membantu meningkatkan tekanan darah.

Anda bisa mulai dengan olahraga berlari, berenang, lompat tali, aerobik, fitnes, atau senam dan bila anda tidak ingin terlalu cape dan ingin olahraga yang santai anda bisa bersepeda atau yoga untuk mempunyai tubuh sehat anda harus melakukan pola hidup yang sehat juga jadi jangan lupa untuk selalu komsumsi makanan sehat dan lakukan olahraga secara rutin.

Apa Itu Staminacare!?

Staminacare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Nanotechnology Organik yang di produksi khusus untuk mengatasi masalah Anda, yaitu Menjaga Stamina tubuh dan Memperkuat atau Meningkatkan Daya Tahan tubuh. Formula Organik Staminacare adalah hasil terbaik dari berbagai penelitian yang Tim Formulator kami lakukan.

Formula Organik Staminacare mengandung asam amino esensial yang berfungsi untuk regenerasi sel. Berbagai protein esensial yang terkandung dalam Formula ini mudah untuk diserap oleh tubuh dan memberikan energi yang cukup untuk proses metabolisme tubuh..