skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Tanda Penyakit Usus Buntu

Tanda Penyakit Usus Buntu

Apendisitis atau penyakit usus buntu adalah peradangan mendadak atau pembengkakan usus buntu (vermiformis apendiks). Sekitar setengah dari semua apendisitis gejalanya adalah sakit rongga perut yang tiba-tiba (disebut abdomen akut) disertai mual, muntah, diare atau konstipasi.

Usus buntu adalah sebuah struktur seperti tabung yang bercabang pada pangkal usus besar (kolon). Usus ini hanya setebal pensil dan biasanya panjangnya sekitar 7 cm. Selama bertahun-tahun, para ilmuwan tidak memahami fungsi apendiks bagi tubuh.

Sekarang kita tahu bahwa fungsinya adalah membantu membuat imunoglobulin, zat yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Imunoglobulin dibuat di banyak bagian tubuh. Jadi, mengangkat usus buntu yang meradang tampaknya tidak mengakibatkan masalah bagi sistem kekebalan tubuh.

Apendisitis jarang fatal saat ini, karena dapat disembuhkan dengan antibiotik dan pembedahan yang aman. Apendisitis memengaruhi 1 dari 15 orang dan laki-laki lebih berisiko daripada perempuan. Kondisi ini hampir tidak pernah memengaruhi anak di bawah 3 tahun dan paling sering terjadi pada orang berusia antara 10 dan 30 tahun.

Tanda Penyakit Usus Buntu

Berikut ini tanda-tanda penyakit usus buntu yang harus diketahui, sebagai berikut:

  1. Sakit demam

Salah satu ciri orng yang mengalami penyakit usus buntu dan kondisinya sudah parah adalah dia akan mengalami demam. Demam yang dia alami bisa diakibatkan oleh infeksi atau peradangan di usus buntu. Jika belum mengalami peradangan kemungkinan demam tersebut tidak akan muncul.

Peradangan pada usus buntu akan menyebabkan rasa sakit dan nyeri yang luar biasa sehingga penderitanya bisa sangat kesakitan ketika usus buntu tidak segera diatasi dan muncul peradangan.

  1. Mual dan muntah

Tanda tanda usus buntu lainnya adalah penderta akan merasakan mual dan muntah. Mual dan muntah ini disebabkan oleh perut yang terasa penuh ditambah lagi kesulitan penderita usus buntu yang tidak bisa buang gas.

Perut terasa tertekan sehingga saat terisi dengan makanan penderita akan mual dan juga muntah. Yang harus menjadi bahan perhatian adalah orang yang mengalami usus buntu dan mengalami mual dan muntah lebih dari 12 jam lamanya sebaiknya langsung dibawa ke rumahsakit, sebab orang yang mengalami mual dan muntah dengan sangat hebat bisa terkena dehidrasi.

  1. Diare

Ciri orang yang mengalami penyakit usus buntu lainnya adalah dia mengalami diare. Diare adalah salah satu cir ciri usus buntu yang tidak disadari oleh banyak orang. Kebanyakan orang yang terkena diare hanya beranggapan bahwa dirinya hanya terkena masuk angin biasa atau salah makan sehingga perutnya menjadi bermasalah.

Padahal diare merupakan salah satu ciri dari orang yang terkena usus buntu. Alasan orang yang menderita usus buntu bisa terkena diare adalah pencernaan menjadi tidak normal, selain itu gas pada perut membuat perut terasa tidak nyaman akibatnya diare bisa muncul.

  1. Perut terasa tidak nyaman

Sala satu tanda sakit usus buntu lainnya adalah perut akan terasa tidak nyaman. Memang saat seseorang terkena usus buntu dalam tahap awal ketidaknyamana n tidak terasa, namun lama kelamaan ketidaknyamanan itu semakin terasa seiring bertambahnya dengan keparahan penyakit usus buntu tersebut.

  1. Kehilangan nafsu makan

Saat penyakit usus buntu semakin bertambah parah, orang yang terkena penyakit itu bisa kehilangan nafsu makan. Alasan orang yang memiliki penyakit usus buntu kehilangan nafsu makan sebab dirinya mengalami ketidaknyamanan di perutnya yang mengalami usus buntu.

Oleh sebab itu jika anda mengalami ketidaknyamanan di perut dan nafsu makan anda menjadi hilang, segera periksakan kondisi anda ke dokter sebab bisa jadi anda mengalami usus buntu.

  1. Sakit perut sebelah kanan

Ada cara tradisional dan ada cara mudah untuk mengetahui apakah nda tekrena usus buntu ataukah tidak.

Cara mudahnya dan cara tradisionalnya adalah denga melakukan penekanan terhadap perut di sebelah kanan. Jika perut di sebelah kanan ditekan terasa sakit maka bisa dipastikan jika anda terkena usus buntu. Hal itu dikarenakan letak usus buntu itu terletak di perut bagian kanan.

  1. Nyeri teramat sangat

Saat sudah dalam tahap parah, orang yang terkena usus buntu akan mengalami nyeri yang sangat terasa. Saat suda benar benar semakin parah orang yang mengalami usus buntu akan berguling guling menahan kesakitan akibat perutnya yang terasa sangat nyeri.

  1. Kesulitan buang gas

Banyak yang meyakin bahwa usus buntu berhubungan dengan buang gas di organ pencernaan manusia. Saat usus buntu terkena penyakit akibatnya adalah seseorang akan kesulitan buang gas. Jia orang kesulitan dalam buang gas akibatnya dia akan sakit perut dan perut tidak nyaman.

Gas akan menumpuk di perut dan tidak bisa dikeluarkan, saat gas menumpuk di perut akibatnya adalah perut akan terasa lebih besar dibandingkan biasanya, perut juga aka terasa penuh. Saat sudah seperti itu, ketidaknyaman di perut akibat sakit usus buntu semakin bertambah.