skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Tanda Penyakit Vertigo Apa Saja?

Tanda Penyakit Vertigo Apa Saja?

Vertigo merupakan pusing kepala yang tingkatnya lebih parah, karena bukan rasa sakit saja yang bisa dirasakan pada saat menderita vertigo tetapi juga kepala yang juga akan terasa berputar putar. Sensasi rasa berputar ini ciri khas dari penyakit vertigo yang akan dialami oleh penderita penyakit vertigo.

Penyakit vertigo bukan jenis penyakit yang berbahaya, namun penyakit vertigo membuat rasa tidak nyaman karena berputar putar yang akan dialami oleh penderita penyakit vertigo. Siapa saja dapat menderita penyakit vertigo, namun biasanya dialami oleh orang dewasa.

Baik wanita dan laki-laki bisa menderita penyakit vertigo namun yang lebih sering menderita penyakit vertigo cenderung pada wanita di bandingkan laki laki, karena ada beberapa faktor yang membuat wanita lebih berisiko untuk menderita penyakit vertigo.

Gangguan keseimbangan dan koordinasi bagian syaraf tubuh di bagian otak dan juga telinga yang bisa menyebabkan sakit vertigo dialami oleh penderitanya. Karena itu sakit vertigo mengakibatkan bagian kepala terasa berputar putar.

Penyebab Penyakit Vertigo

Perlu di ketahui bahwa vertigo tidak terbawa dalam genetik atau bukan penyakit keturunan. Vertigo lebih disebabkan oleh faktor-faktor seperti di bawah ini:

  1. Faktor eksternal lain vertigo

Faktor eksternal penyebab vertigo salah satunya adalah alkohol, perasaan cemas dengan detak jantung melebihi normal akan memunculkan perasaan berputar yang dapat memicu terjadinya vertigo.

  1. Posisi tidur yang salah

Posisi tidur dan bantal yang salah dapat menyebabkan vertigo, seperti bantal terlalu rendah ataupun terlalu tinggi ketika kita tidur, terutama akan terasa ketika kita terbangun dari tidur secara tiba-tiba dan merasa pusing.

  1. Gangguan sistem saraf penyebab vertigo

Sistem saraf pusat yang terganggu akan menyebabkan banyak penyakit seperti diantaranya adalah Sklerosis, kerusakan leher, tumor, stroke dan penyakit di sekitar tulang belakang dan kepala yang menyebabkan munculnya vertigo.

  1. Gangguan penglihatan penyebab vertigo

Mata adalah organ penting dan terhubung langsung dengan saraf di otak, mata juga salah satu organ yang berperan penting dalam proses keseimbangan tubuh. Masalah yang terjadi pada organ penglihatan akan menyebabkan gangguan keseimbangan tubuh dan mungkin akan memicu terjadinya penyakit vertigo.

Tanda Penyakit Vertigo

Berikut beberapa tanda-tanda vertigo yang harus di antisipasi:

  1. Telinga berdenging

Tanda-tanda sakit vertigo juga bisa menyebabkan telinga akan berdenging akibat dari gangguan di dalam telinga yang merupakan penyebab sakit vertigo.

  1. Gangguan penglihatan

Penglihatan yang kabur atau buram bisa dialami ketika menderita vertigo karena gangguan penglihatan juga salah satu tanda-tanda sakit vertigo juga. Mata juga akan lebih sensitif pada cahaya yang terlalu mencolok atau terlalu terang.

  1. Demam

Sakit vertigo bisa bertahan lama atau pun sebentar, dan apabila bertahan lama tanda-tanda sakit vertigo yang akan dialami juga berupa demam yang lumayan tinggi.

  1. Kepala berputar putar

Tanda-tanda sakit vertigo yang dapat dialami salah satunya akan menyebabkan kepala seperti berputar putar. Sensasi berputar memang tanda khas gejala vertigo yang akan dialami dan yang membedakan pusing kepala biasa dengan sakit vertigo juga dengan rasa berputar ini. Semua yang di lihat seperti berputar putar apabila sakit vertigo menyerang.

  1. Sakit telinga

Tidak hanya akan merasakan sensasi berputar putar saja, tetapi tanda-tanda sakit vertigo juga bisa menyebabkan sakit pada bagian telinga karena kondisi tersebut di dukung oleh bagian dalam telinga yang terdapat bagian syaraf yang terganggu sehingga penyakit vertigo akan dialami.

  1. Mual dan muntah

Ketika serangan sakit vertigo maka akan menyebabkan mual dan muntah. Karena mual dan muntah juga salah satu tanda-tanda sakit vertigo yang akan dialami juga. Mual dan muntah akan dialami akibat seperti berputar di dalam kendaraan atau seperti mabuk kendaraan.

  1. Kehilangan keseimbangan

Akibat dari kepala yang berputar putar ketika melihat apa pun, maka dari itu bukan hanya mual dan muntah saja yang akan di rasakan tetapi juga akan mengalami kehilangan keseimbangan juga pada tanda-tanda sakit vertigo sehingga tidak dapat berjalan atau bahkan berdiri dengan baik juga. Oleh karena itu di butuhkan bantuan dari orang lain apabila sedang menderita sakit vertigo.