skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Informasi Tentang Penyakit Gastritis!

Informasi Tentang Penyakit Gastritis!

Penyakit gastritis merupakan pembengkakan atau peradangandi lapisan lambung. Gastritis ini bisa berlangsung hanya untuk waktu singkat saja atau bisa juga untuk waktu hingga berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Apabila Anda bingung dengan istilah gastritis, orang awam sering menyebut gastritis dengan sakit maag.

Jenis – Jenis Penyakit Gastritis

Berdasarkan Garis Besarnya

  1. Maag Akut

Disebabkan oleh reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yang menyebabkan panas, bengkak, nyeri , dan gangguan fungsi organ tubuh atau bahasa kedokterannya adalah inflamasi.

  1. Maag Kronis

Disebabkan oleh Inflamasi seperti maag akut tetapi lebih kronis yang menyebabkan adanya gastritis yang berbeda ( Gastritis Kronisa ).

Berdasarkan Tingkatannya

  1. Maag Ringan

Pada tahap ini mulai adanya asam lambung berlebih di bagian dinding lambung ( Sebagian Orang Sudah Pernah Mengalaminya).

  1. Maag Sedang

Pada tahap ini sudah menyebabkan nyeri, sakit dan mual yang menyakitkan ( Pada Tahap Ini Dianjurkan Untuk Konsultasi dengan Dokter ).

  1. Maag Kronis

Pada tahap ini maag yang dialami sudah sangat parah terjadi inflmasi yang menyakitkan. Pada tahap ini saya yakin kebanyakan penderitanya sudah berkonsultasi dengan dokter karena tidak tahan dengan sakitnya maag tersebut.

  1. Kanker Lambung

Pada tahap ini muncul mikroorgnasime yang emrugikasn yaitu Helycobacter pylori yang menyebabkan kanker pada lambung.

Gejala Penyakit Gastritis

Orang yang menderita maag sering tidak memiliki gejala apa pun sampai didiagnosis. Namun, Anda harus waspada jika memiliki gejala-gejala ini:

– Mual dan muntah

– Nyeri di perut bagian atas

– Hilang nafsu makan

– Merasa kenyang meski baru makan sedikit.

Jika mukosa lambung anda mengalami pendarahan, anda mungkin memiliki gejala-gejala ini:

– Feses berwarna hitam

– Muntah darah atau cairan berwarna pekat seperti kopi.

Diagnosis Penyakit Gastritis

Beberapa tes yang dapat anda jalani untuk mendeteksi penyakit gastritis yaitu:

  1. Uji napas urea

Suatu metode diagnostik berdasarkan prinsip bahwa urea diubah oleh urease H. Pyloridalam lambung menjadi amoniak dan karbondioksida (CO2). CO2 cepat diabsorbsi melalui dinding lambung dan dapat terdeteksi dalam udara ekspirasi.

  1. Analisis Lambung

Tes ini untuk mengetahui sekresi asam dan merupakan tekhnik penting untuk menegakkan diagnosis penyakit lambung. Suatu tabung nasogastrik dimasukkan ke dalam lambung dan dilakukan aspirasi isi lambung puasa untuk dianalisis.

Analisis basal mengukur BAO( basal acid output) tanpa perangsangan. Uji ini bermanfaat untuk menegakkan diagnosis sindrom Zolinger- Elison(suatu tumor pankreas yang menyekresi gastrin dalam jumlah besar yang selanjutnya akan menyebabkan asiditas nyata).

  1. Rontgen saluran cerna bagian atas

Tes ini akan melihat adanya tanda-tanda gastritis atau penyakit pencernaan lainnya. Biasanya akan diminta menelan cairan barium terlebih dahulu sebelum dirontgen. Cairan ini akan melapisi saluran cerna dan akan terlihat lebih jelas ketika di rontgen.

  1. Pemeriksaan feces

Tes ini memeriksa apakah terdapat bakteri H. Pylori dalam feses atau tidak. Hasil yang positif dapat mengindikasikan terjadinya infeksi. Pemeriksaan juga dilakukan terhadap adanya darah dalam feses. Hal ini menunjukkan adanya pendarahan dalam lambung.

Pengobatan Penyakit Gastritis

Obat-obat yang biasa digunakan untuk mengobati maag antara lain:

– Antasida. Menetralisir asam lambung dan menghilangkan rasa nyeri.

– Ranitidin. Mengobati tukak lambung.

– Simetidin. Mengobati dyspepsia.Adapun cara pengobatan lainnya yang dapat anda lakukan yaitu:

  1. Tidur yang cukup

Kurang tidur berdampak negatif pada kesehatan, dari melemahnya sistem kekebalan tubuh hingga peningkatan risiko obesitas. Tidur cukup dapat mengurangi stres dan membantu Anda menghadapi insiden tidak diharapkan yang menimbulkan stres.

  1. Olahraga

Olahraga, khususnya latihan aerobika, terbukti secara klinis mengurangi kecemasan dan depresi. Ingat, mulailah dengan perlahan dan jangan berlebihan untuk pertama-tama.

  1. Terapkan teknik relaksasi

Meditasi terbukti dapat meningkatkan kesehatan dan mengurangi stres. Ada banyak teknik meditasi, tetapi sebagian besar memuat empat dasar: tempat tenang dengan gangguan yang sedikit sekali, postur nyaman, fokus perhatian (objek, rangkaian kata, atau sensasi pernapasan), dan pikiran terbuka (membiarkan pikiran datang dan pergi tanpa dinilai).

Apa Itu ElderlyCare?

Elderlycare adalah Produk PT. Autoimun Care Indonesia yang merupakan Formula Organik yang diciptakan khusus untuk membantu menyembuhkan penyakit Maag, membantu mengatasi Gangguan pada Sistem Pencernaan, dan membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Elderlycare ini di Produksi dengan teknologi canggih Nanotechnology yang dapat menjaga kesehatan dan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan tubuh serta membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.