skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Tingkatan Stadium Penyakit Ginjal Kronik

Tingkatan Stadium Penyakit Ginjal Kronik

Tingkatan Stadium Penyakit Ginjal Kronik – Ginjal adalah salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting. Kita harus selalu menjaga kesehatan ginjal karena jika kesehatan ginjal kita terganggu makan akan terganggu pula kesehatan kita. Namun kebanyakan orang tidak terlalu memperhatikan kesehatan ginjalnya.

Mereka beranggapan bahwa fungsi ginjal tidaklah sepenting organ-organ bagian dalam tubuh manusia lainnya seperti: jantung, hati atau paru-paru. Padahal jika kita memahami dengan benar, jika fungsi ginjal kita terganggu dapat pula menyebabkan kematian.

Penyakit ginjal kronis termasuk kondisi yang merusak ginjal dan menurunkan kemampuan mereka untuk menjaga anda tetap sehat dengan melakukan pekerjaan yang seharusnya. Jika penyakit ginjal memburuk, kotoran dapat menumpuk tinggi dalam darah dan membuat anda sakit.

Anda dapat mengembangkan komplikasi seperti tekanan darah tinggi, anemia, tulang lemah, kesehatan gizi buruk dan kerusakan saraf. Penyakit ginjal juga meningkatkan risiko anda memiliki penyakit jantung dan pembuluh darah. Masalah-masalah ini dapat terjadi secara perlahan dalam jangka waktu yang panjang.

Penyakit ginjal kronis dapat disebabkan oleh diabetes, tekanan darah tinggi, dan gangguan lainnya. Deteksi dan pengobatan dini sering dapat menjaga penyakit ginjal kronis agar tidak semakin buruk. Ketika terjadi penyakit ginjal, mungkin akhirnya nanti bisa menyebabkan gagal ginjal, yang memerlukan dialisis atau transplantasi ginjal agar bisa bertahan hidup.

Tingkatan Penyakit Ginjal Kronik

GFR (Glomerular Filtration Rate) adalah hitungan yang menandai tingkat efisiensi penyaringan bahan ampas dari darah oleh ginjal. Hitungan GFR yang umum membutuhkan suntikan zat pada aliran darah yang kemudian diukur pada pengambilan air seni 24 jam.

Baru-baru ini, para ilmuwan menemukan bahwa GFR dapat dihitung tanpa suntikan atau pengambilan air seni. Hitungan baru ini hanya membutuhkan pengukuran tingkat kreatinin dalam contoh darah.

GFR anda adalah tanda terbaik untuk menunjukkan kesehatan ginjal. Pada 2002, National Kidney Foundation AS menerbitkan pedoman pengobatan yang menetapkan lima stadium CKD kronis (chronic kidney disease) berdasarkan ukuran GFR yang menurun. Pedoman tersebut mengusulkan tindakan yang berbeda untuk masing-masing stadium penyakit ginjal.

Risiko CKD meningkat. GFR 90 atau lebih dianggap normal. Bahkan dengan GFR normal, anda mungkin berisiko lebih tinggi terhadap CKD bila anda diabetes, mempunyai tekanan darah yang tinggi, atau keluarga anda mempunyai riwayat penyakit ginjal.

Semakin tua anda, semakin tinggi risiko. Orang berusia di atas 65 tahun dua kali lipat lebih mungkin mengembangkan CKD dibandingkan orang berusia di antara 45 dan 65 tahun. Orang Amerika keturunan Afrika lebih berisiko mengembangkan CKD.

  • Stadium 1

Kerusakan ginjal dengan GFR normal (90 atau lebih). Kerusakan pada ginjal dapat dideteksi sebelum GFR mulai menurun. Pada stadium pertama penyakit ginjal ini, tujuan pengobatan adalah untuk memperlambat perkembangan CKD dan mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

  • Stadium 2

Kerusakan ginjal dengan penurunan ringan pada GFR (60-89). Saat fungsi ginjal anda mulai menurun, dokter akan memperkirakan perkembangan CKD anda dan meneruskan pengobatan untuk mengurangi risiko masalah kesehatan lain.

  • Stadium 3

Penurunan lanjut pada GFR (30-59). Saat CKD sudah berlanjut pada stadium ini, anemia dan masalah tulang menjadi semakin umum. Anda sebaiknya bekerja dengan dokter untuk mencegah atau mengobati masalah ini.

  • Stadium 4

Penurunan berat pada GFR (15-29). Teruskan pengobatan untuk komplikasi CKD dan belajar semaksimal mungkin mengenai pengobatan untuk kegagalan ginjal. Masing-masing pengobatan membutuhkan persiapan.

Bila anda memilih hemodialisis, anda akan membutuhkan tindakan untuk memperbesar dan memperkuat pembuluh darah dalam lengan agar siap menerima pemasukan jarum secara sering. Untuk dialisis peritonea, sebuah kateter harus ditanam dalam perut anda. Atau mungkin anda ingin minta anggota keluarga atau teman menyumbang satu ginjal untuk dicangkok.

  • Stadium 5

Kegagalan ginjal (GFR di bawah 15). Saat ginjal anda tidak bekerja cukup untuk menahan kehidupan anda, anda akan membutuhkan dialisis atau pencangkokan ginjal.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.