skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Waspada Penyakit Ginjal Dan Berikut Cara Mencegahnya

Waspada Penyakit Ginjal Dan Berikut Cara Mencegahnya

Waspada Penyakit Ginjal Dan Berikut Cara Mencegahnya – Ginjal merupakan suatu organ penting di dalam tubuh yang termasuk ke dalam alat eksresi. Letaknya tepat di sebelah kiri dan kanan ruas tulang belakang pada area rongga perut. Ginjal setiap manusia ada dua, posisi ginjal yang di sebelah kiri lebih tinggi daripada ginjal yang di sebelah kanan.

Ukuran ginjal tidak lebih dari 10 sentimeter, bentuknya menyerupai kacang merah, apabila bagian tengah kacang merah diiris maka rupanya akan tampak seperti sepasang ginjal.

Meskipun berukuran kecil, fungsi ginjal di dalam tubuh sangatlah penting. Setidaknya anda harus mengetahui fungsi utama atau peran utama ginjal, yaitu menyaring darah dari sisa metabolisme baik itu sampah atau limbah yang berpotensi menjadi racun berbahaya bagi tubuh dalam bentuk urin atau air seni.

penyakit ginjal dapat memicu anemia karena otak tidak cukup mendapatkan oksigen, efeknya kepala menjadi pusing dan otak sangat sulit dipakai untuk berpikir. Bahkan, ada yang hilang keseimbangan ketika berjalan saking parahnya anemia yang dialami.

Adapun gangguan dari organ ini yaitu penyakit ginjal. Biasanya, kebanyakan pasien yang menderita Penyakit ginjal telah hidup dengan Penyakit ginjal selama beberapa waktu, sebelum ciri-ciri Penyakit ginjal muncul.

Jenis Penyakit Ginjal

Beberapa jenis dari penyakit ginjal yaitu:

  1. Gagal Ginjal

Penderita gagal ginjal kronis yang sangat disarankan agar secara teratur memeriksa kondsi urine dan darah:

– Penderita yang juga mengalami hipertensi (tekanan darah tinggi).

– Menderita diabetes.

– Memiliki anggota keluarga yang juga pengidap gagal ginjal kronis.

  1. Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal adalah berpindahnya bakteri dari kandung kemih menuju salah satu atau kedua ginjal. Kondisi ini biasanya hasil dari komplikasi infeksi saluran kemih.

  1. Batu Ginjal

Batu ginjal adalah terbentuknya benda di dalam tubuh (bentuknya seperti batu) hasil dari penimbunan mineral dan garam di salah satu atau kedua organ ginjal. Gejala batu ginjal tidak dirasakan jika batu di dalam ginjal masih berukuran sangat kecil.

Gejala batu ginjal baru terasa ketika batu berukuran lebih besar keluar dari ginjal menuju ke ureter, yang mengakibatkan terjadinya gesekan dengan dinding ureter. Akibat gesekan ini, dinding ureter mengalami iritasi, yang bisa menyebabkan urine bisa bercampur darah.

  1. Penyakit Ginjal Akut

Penyakit ginjal akut disebabkan oleh beberapa hal:

– Volume darah di dalam tubuh berkurang. Penyebabnya seperti karena perdarahan, diare, muntah yang disertai dehidrasi parah.

– Terhambatnya pembuluh darah utama yang memasok aliran darah ke ginjal, seperti berupa radang dinding pembuluh darah yang memblokir aliran darah.

– Darah yang dipompa jantung lebih sedikit dari yang normal. Bisa terjadi karena gagal jantung, gagal fungsi hati dll.

– Beberapa jenis obat-obatan yang berdampak kepada pasokan darah menuju ke ginjal, atau bahkan secara langsung bereaksi terhadap organ ginjal.

Penyebab Penyakit Ginjal

Adapun hal yang perlu anda waspadai terkait penyebab penyakit ginjal yaitu:

  1. Pengaruh Obat

Obat memang penting dikonsumsi ketika Anda mengalam suatu gangguan kesehatan, namun, tahukah Anda jika obat-obatan yang Anda konsumsi dalam waktu lama justru akan membuat kerusakan pada sel-sel ginjal.

  1. Makanan dan Minuman Tertentu

Beberapa jenis makanan dapat menyebabkan sakit ginjal kronis terutama makanan dari protein hewani, memiliki kandungan garam tinggi, gula, dan pemanis buatan.

Begitu pula jenis minuman soda dan minuman energi yang mengandung banyak zat kimia berbahaya di dalamnya dapat menyebabkan sakit ginjal terutama jika dikonsumsi terlalu sering.

  1. Tekanan darah tinggi (hipertensi)

Tekanan darah tinggi juga akan menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah yang tidak terkontrol, yang dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah ginjal juga. Tekanan darah juga sering meningkat akibat Penyakit ginjal kronis, dan tekanan darah yang sangat tinggi dapat merusak fungsi ginjal, sehingga tekanan darah tinggi dan kerusakan ginjal saling membuat hubungan sebab-akibat.

  1. Prostatitis

Yaitu infeksi yang terjadi pada kelenjar prostat dan bisa menyebar hingga ke organ ginjal.

Mencegah Penyakit Ginjal

Tentunya setelah mengetahui tentang penyakit ginjal ini pastilah kita harus mencegahnya. Dibawah ini beberapa cara untuk pencegahan sakit ginjal:

Makanan yang sehat

  1. Olahraga

Olahraga akan melancarkan metabolisme tubuh, dan olahraga pula bisa menjadi langkah baik untuk pencegahan sakit ginjal. sebab ketika olahraga semua tubuh bergerak, dan juga darah mengalir dengan lancar tidak terlalu rendah atau pun tinggi, lakukan cara ini secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh.

  1. Banyak minum air mineral

Memenuhi kebutuhan cairan tidak hanya untuk mencegah dehidrasi saja, tetapi juga upaya pencegahan sakit ginjal. air mineral yang di minum sebanyak 8 gelas dalam satu hari minimalnya baik untuk kesehatan tubuh.

  1. Menjaga tekanan darah

Sakit ginjal sampai kerusakan ginjal bisa disebabkan oleh tekanan darah yang tidak terkontrol. Karena itu pencegahan sakit ginjal yang baik salah satunya dengan menjaga tekanan darah tetap normal.

  1. Pencegahan sakit ginjal yang baik ialah dengan makan makanan yang sehat

Makanan yang sehat sangat baik untuk seluruh tubuh, dan semua orang pun tahu tentang hal tersebut tetapi masih belum banyak yang menjalaninya. Karena itu mulai lah makan makanan yang sehat, minimal lebih sering membuat makanan dirumah, dan mengurangi makanan yang instan atau pun cepat saji.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.