skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Waspadai Gejala Penyakit Gastritis Pada Anak Berikut Ini!

Waspadai Gejala Penyakit Gastritis Pada Anak Berikut Ini!

Banyak orangtua berpikir penyakit maag hanya bisa diderita oleh orang dewasa. Padahal, anak pun bisa terkena maag. Dalam kebanyakan kasus, anak-anak akan banyak menangis dan akan menjadi gelisah, yang merupakan salah satu gejala dari penyakit.

Ada keluhan nyeri di daerah perut, sehingga anak-anak memegangi perutnya. Pada periode ini, mereka tidak cenderung game dan konsumsi makanan termasuk tidur terganggu. Terhadap latar belakang ini, mereka menjadi lesu dan tidak aktif seperti dalam situasi lain. Balita muncul kulit pucat, bisa membentuk lingkaran warna biru di bawah mata dan membentuk bayangan plak putih dalam bahasa.

Gejala Gastritis Pada Anak

Beberapa gejala gastritis pada anak yaitu:

  1. Berat Badan Turun

Jika sudah tidak nafsu makan, lalu juga selalu terlihat dan terasa lemah ditambah dengan penurunan berat badan selama beberapa hari, Anda perlu segera memeriksakan anak Anda. Apabila benar anak Anda sakit maag, maka membiarkannya justru akan membuat lambungnya semakin parah.

Dalam waktu 2 hari saja jika si kecil tak mau makan dan terlihat lemah disertai tanda-tanda lainnya, bisa dipastikan ia menderita penyakit lambung.

  1. Punggung Terasa Pegal

Bagi anak-anak yang usianya sekitar 5-6 tahun ke atas, hal ini kemungkinan akan dirasakan oleh mereka di mana punggung akan terasa tak nyaman karena pegal-pegal. Kondisi seperti ini akan dialami selama beberapa hari atau bahkan bisa lebih panjang seperti beberapa minggu.

Orang tua perlu memerhatikan apakah buah hatinya mengalami hal seperti ini atau tidak; gejala akan terjadi sekitar 2 sampai 3 jam sehabis makan atau bahkan akan dialami di tengah malam saat perut si kecil kosong.

  1. Lemah

Anak Anda biasanya aktif dan suka bermain tapi akhir-akhir ini ia menjadi mudah lemah dan tidak berkeinginan untuk bermain atau cepat lelah? Anak yang berkurang nafsu makannya bisa menjadi lemah sehingga dalam aktivitas apapun yang ia lakukan, si kecil akan cepat lelah karena kurangnya energi yang didapat dari makanan.

  1. Mual dan Muntah

Seperti yang kebanyakan terjadi pada orang dewasa, anak-anak pun dapat mengalami mual lebih dulu yang kemudian juga disertai dengan kondisi muntah-muntah setelah pada perutnya terasa nyeri dan kembung. Anda perlu makin waspada dan bertindak cepat ketika muntahannya disertai dengan darah yang tampaknya hampir seperti kopi.

Hal ini menandakan bahwa darah tersebut sudah terkena asam lambung diakibatkan lambung yang terluka. Jika sampai kondisi seperti ini dialami anak Anda, tentu tak perlu berpikir 2 kali untuk ke dokter supaya cepat mendapat diagnosis yang tepat.

  1. Tidak Mau Makan

Bila si kecil biasanya memiliki nafsu makan yang besar lalu kemudian tiba-tiba enggan untuk makan padahal Anda sudah menyiapkan makanan kesukaannya, Anda patut mencurigai kondisinya saat itu. Entah itu bayi, balita atau anak-anak yang sudah agak besar, mereka akan menolak makan meski mereka merasa lapar.

Di luar makanan utama, mereka biasanya akan meminta makanan yang ringan selama beberapa hari dan Anda perlu memeriksakannya ke dokter agar jika memang benar sakit maag, kondisi ini bisa ditangani lebih dini sebelum anak mengalami bahaya maag kronis.

Penyebab Anak Terkena Gastritis

Sekitar 5-10 persen Gastritis Pada Anak disebabkan oleh infeksi Helicobacter pylori. Suatu kuman yang dapat ditemukan di seluruh penjuru dunia, terutama di negara berkembang. Infeksi oleh kuman tersebut dapat menular, terutama kepada orang-orang serumah atau akibat sanitasi yang kurang baik.

Benjolan yang ditemukan pada pemeriksaan endoskopi terhadap pasien gastritis bisa dimungkinkan adalah polip yang terjadi karena reaksi terhadap adanya gambaran patologi anatomi dari jaringan tubuh yang diambil.

Umumnya apabila diambil dengan prosedur yang tepat tidak akan membahayakan bagi pasien. Namun apabila biopsi diambil dari jaringan yang dicurigai adalah kanker ganas, maka meskipun terjadi penyebaran hal tersebut bukan disebabkan oleh tindakan biopsi. Namun lebih dikarenakan penyakitnya sendiri.

Beberapa faktor penyebab gastritis pada anak secara umum, adalah:

– Infesi virus.

– Infeksi bakteri Helicobacter Pylori.

– Asam lambung yang sangat berlebihan.

– Pepsin yang tinggi.

– Obat analgetik dan inflamasi.

– Asam Empedu yang berlebihan.

– Bahan korosif asam dan basa kuat.

Apa Itu ElderlyCare?

Elderlycare adalah Produk PT. Autoimun Care Indonesia yang merupakan Formula Organik yang diciptakan khusus untuk membantu menyembuhkan penyakit Maag, membantu mengatasi Gangguan pada Sistem Pencernaan, dan membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Elderlycare ini di Produksi dengan teknologi canggih Nanotechnology yang dapat menjaga kesehatan dan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan tubuh serta membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.