skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Waspadalah Pada Ciri-Ciri Penyakit Batu Empedu Berikut Ini

Waspadalah Pada Ciri-Ciri Penyakit Batu Empedu Berikut Ini

Penyakit Batu empedu merupakan badan kristal terbentuk dalam tubuh dengan pertambahan komponen empedu yang normal atau abnormal.

Batu biasa terbentuk dalam kantung empedu (gallbladder) ataupun saluran-saluran intrahepatik. Batu empedu juga mungkin bergerak atau berpindah dalam empedu dengan ukuran yanga sangat bervariasi dan dapat sekecil butiran pasir.

Berdasarkan isinya batu empedu terdiri dari batu kolesterol dan batu pigmen. Batu empedu yang paling umum adalah batu empedu kolesterol.

Penyebab Terbentuknya batu empedu

Trigliserida darah yang meningkat merupakan salah satu faktor resiko terbentuknya batu empedu kolesterol.

Pembentukan batu empedu bisa terjadi bila empedu mengandung banyak kolesterol, bilirubin, atau kurangnya garam empedu.

Perempuan memiliki risiko lebih tinggi terkena batu empedu karena kadar estrogen yang berlebihan akan menyebabkan kadar kolesterol yang lebih tinggi pada empedu.

Riwayat keluarga, obesitas, dan kondisi kesehatan tertentu bisa dikaitkan dengan batu empedu. Diet tinggi lemak dan diet rendah serat juga turut menjadi faktor terjadinya batu empedu.

Jika batu empedu yang timbul menyumbat salah satu saluran pencernaan maka gejala yang timbul akan berbeda yakni:

– Linglung.

– Kehilangan nafsu makan.

– Mual dan muntah.

– Rasa sakit pada pundak.

– Sakit perut yang terus-menerus atau selalu kembali.

– Demam tinggi.

– Sakit kuning.

– Detak jantung yang cepat.

– Gatal-gatal pada kulit.

– Diare.

Segera temui dan periksakan diri anda ke pusat kesehatan terdekat atau dokter ketika kondisi tersebut anda alam, utamanya jika anda mengalami sakit perut hebat yang berlangsung lebih dari delapan jam, sakit kuning atau demam.

angkah-langkah yang biasanya dilakukan oleh dokter guna mendiagnosa keluhan yang anda derita adalah anda akan menjalani pemeriksaan fisik yakni anda akan diminta menarik napas, kemudian dokter akan menekan bagian kanan atas perut (letak dimana kantung empedu berada).

Jika terasa sakit, kemungkinan terdapat peradangan pada kantong empedu. Selanjutnya untuk mengetahui sejauh mana penyakit yang anda derita maka dokter akan melakukan serangkaian tes medis yakni:

– Tes darah.

– USG.

– MRI scan.

– CT scan.

– Kolangiografi.

Dengan pemeriksaan dan berbagai tes tersebut maka biasanya dokter sudah akan mengetahui sejauh mana penyakit yang diderita serta memilikih langkah pengobatan yang tepat yakni pemberian obat-obatan hingga operasi batu empedu.

Pengobatan

Pengobatan penyakit batu empedu digolongkan atas dua kondisi yaitu pengobatan pada penderita yang mengalami gejala dan yang tidak mengalami gejala sakit.

  1. Pengobatan Batu empedu yang Tidak Menyebabkan Tanda dan Gejala

Penderita batu empedu yang tidak menyebabkan tanda dan gejala, biasanya terdeteksi dengan USG atau CT scan yang dilakukan saat cek up rutin atau untuk penyakit lain, biasanya tidak memerlukan pengobatan.

Namun tetap waspada jika mengalami gejala-gejala seperti diatas. Jika terjadi gejala-gejala batu empedu segeralah periksa ke dokter.

  1. Pengobatan Batu Empedu dengan Tanda dan Gejala

Pilihan pengobatan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu:

– Obat Penghancur batu empedu

Obat penghancur batu empedu berfungsi untuk melarutkan batu empedu. Namun proses penghancuran ini memerlukan waktu yang sangat lama, dapat berbulan-bulan hingga tahunan, bahkan obat ini tidak bekerja secara efektif.

– Pembedahan (operasi)

Operasi dilakukan untuk mengangkat kandung empedu (kolesistektomi). Pengangkatan kandung empedu tidak terlalu berpengaruh, pasien tetap bisa hidup normal. Namun biasanya hanya memberikan efek diare, itupun bersifat sementara.

Pencegahan penyakit batu empedu

– Komsumsi makanan yang kaya akan serat.

– Olah raga secara rutin.

– Menghidari diet secara ketat.

– Batasi makanan yang tinggi akan lemak.

– Konsultasikan dengan dokter mengenai penggunaan terapi sulih hormon, kb oral. Karena obat-obatan tersebut bisa meningkatkan pelepasan kadar kolesterol kedalam empedu

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.