Agar Tidak Kambuh, Ini Cara Menyembuhkan TBC

Penderita TBC paru-paru sebaiknya tidak hanya paham cara menyembuhkan TBC tersebut. Akan tetapi juga paham bagaimana mencegah penyakit TBC ini kambuh kembali. Virus Mycobacterium tubercolosis yang menyerang imunitas tubuh menjadi penyebab penyakit TBC. Bakteri TBC ini memang tidak hanya menyerang paru-paru saja, namun bisa menyerang kelenjar maupun tulang. Hanya saja kasus infeksi virus ini paling sering dijumpai pada paru-paru.

Ketika dokter sudah memvonis menderita TBC paru maka biasanya akan mengikuti program pengobatan minimal selama enam bulan. Beberapa kasus pasien serupa bisa menjalani pengobatan dengan jangka waktu lebih panjang, sesuai kondisi tubuhnya. Proses pengobatan ini bertujuan untuk membersihkan semua bakteri TBC yang sudah masuk ke tubuh, sehingga tidak mudah kumat.

Mengenal Penyebab TBC Bisa Kambuh Kembali

( Baca Juga : Ciri Penyakit Tuberkulosis )

Sayangnya kasus penderita TBC pasca menjalani pengobatan panjang tersebut dan berakhir kumat cukup banyak. Penyebabnya sendiri ternyata cukup kompleks, sebut saja seperti:

 

  • Masih ada sisa virus TBC di dalam tubuh pasien dan terlambat untuk diketahui.
  • Karena satu dan lain hal pengobatan TBC tersendat, bisa karena terlupa padahal konsumsi obatnya tidak boleh terputus.
  • Mengalami penurunan kondisi tubuh sehingga mudah kembali terkena virus TBC.
  • Tidak melakukan pencegahan TBC sehingga mudah terserang virus TBC kembali.

Kunci dari cara menyembuhkan TBC sebenarnya ada pada konsumsi obat secara rutin dan disiplin. Minum obat TBC yang benar memang tidak boleh terputus, ketika program ini berjalan enam bulan maka setiap harinya perlu mengkonsumsi obat tersebut.

Jika memang sering terlupa ada baiknya menyiapkan catatan khusus atau membuat alarm di handphone sebagai pengingat.

Pasalnya ketika konsumsi obat TBC ini tersendat meski hanya sehari, misal karena lupa. Pada akhirnya pasien musti memulai pengobatan tersebut sejak awal lagi. Padahal ada resiko pasien mengalami resisten TB, yakni virus TBC sudah kebal terhadap obat yang dikonsumsi. Kondisi ini membuat TBC mudah kambuh dan malah semakin sulit diobati karena sudah resisten atau kebal.

 

Kiat Mencegah TBC Paru untuk Kambuh

Semua orang yang divonis menderita penyakit apapun dijamin bahagia mendengar kabar kesembuhan yang disampaikan dokter. Termasuk pula pada pasien TBC yang memang perlu menjalani pengobatan sampai beberapa bulan. Ditambah ada resiko terjadinya penularan penyakit ini kepada orang sekitar, khusus untuk penyakit TBC paru. Sebab hanya TBC paru yang sifatnya mudah menular sedangkan untuk TBC tulang dan kelenjar tidak.

Meskipun sudah dinyatakan sembuh dan pengobatan sudah dijalani secara disiplin. Aktualnya masih dijumpai kasus penderita TBC ini kambuh kembali. Kambuhnya TBC bisa disebabkan banyak faktor sesuai penjelasan di atas, dan bisa kambuh dalam jangka waktu tertentu. Bisa hanya selang 3 bulan usai pengobatan selesai ternyata menjumpai kembali gejala TBC Paru.

 

Diharapkan pasca menjalani berbagai cara menyembuhkan TBC usahakan melakukan beberapa kiat berikut untuk menekan resiko kumat kembali:

( Baca Juga : Pengobatan Penyakit Tuberkulosis )

  1. Berobat Secara Tuntas,

Pengobatan untuk penyakit TBC memang berjalan cukup lama, minimal sekitar enam bulan dan bisa lebih. Kadang kala ada pasien yang merasa berat untuk mengikuti program ini sehingga berhenti di tengah jalan. Padahal meski kondisi pasien sudah sehat dan tidak ada gejala TBC Paru lagi, tetap saja pengobatan wajib diteruskan. Ketika hal ini terjadi maka resiko TBC kambuh di kemudian hari semakin besar, maka wajib dihindari.

 

  1. Menjalani Olahraga Secara Teratur,

TBC bisa kembali menyerang bisa karena kekebalan alami tubuh terganggu. Maka penting sekali bagi pasien dengan riwayat TBC untuk menjaga kekebalan tubuhnya. Salah satu upayanya adalah dengan rajin berolahraga, dan bisa dimulai dari olahraga ringan sekaligus mudah dikerjakan. Asalkan rutin maka akan memperbaiki imunitas tubuh.

 

  1. Konsumsi Menu Makanan yang Sehat,

Membiasakan diri mengkonsumsi makanan yang sehat dan segar membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Selain itu penting pula untuk mengolahnya secara sehat, misalnya saja dengan cara direbus atau dikukus. Hindari mengolah bahan makanan sehat dengan cara tidak sehat seperti digoreng secara deep fry.

 

Jika bahan makanan diolah dengan benar maka memperkecil resiko terkena bakteri dan ikut masuk ke tubuh ketika disantap. Maka pasien yang sempat menderita TBC bisa mencegah resiko kambuh asalkan menikmati makanan yang bersih dan diolah dengan benar. Hindari dulu makanan yang diolah setengah matang khususnya untuk jenis daging.

 

  1. Menjaga Kesehatan Organ Paru-Paru,

Pasien yang sempat terserang TBC tentu gencar mencari cara menyembuhkan TBC tersebut. Selain itu juga akan berusaha agar tidak mengalami masalah kesehatan serupa. Maka mencegah TBC ini kambuh kembali wajib untuk memperhatikan atau menjaga kesehatan paru-paru. Adapun usaha yang bisa dilakukan untuk mencapainya ada banyak.

Bisa dimulai dengan menghentikan kebiasaan merokok, apabila selama ini tinggal di lingkungan perokok. Sehingga otomatis menjadi perokok pasif tidak ada salahnya melindungi paru-paru dengan memakai masker. Tindakan paling tepat sebenarnya menghindari asap rokok tersebut secara maksimal. Selain itu juga perlu menghindari konsumsi alkohol karena bisa merusak paru-paru sebagaimana efek dari asap rokok.

 

  1. Memelihara Kualitas Udara di Rumah Agar Tetap Baik,

Menjadikan rumah yang ditempati memiliki kualitas udara yang baik sangat penting untuk pencegahan TBC sehingga tidak kambuh. Cobalah untuk menyediakan berbagai jenis tanaman di rumah yang berperan penting dalam menyaring udara dan mensuplai oksigen. Kemudian bisa pula mencoba berlibur sesekali ke daerah yang udaranya bagus, misalnya liburan ke daerah pegunungan yang sejuk.

 

  1. Gunakan Masker Saat Bepergian,

Melindungi kesehatan paru-paru agar tidak lagi terkena virus TBC juga bisa dengan selalu memakai masker. Yakni setiap kali keluar rumah, sebab virus TBC mudah sekali menular karena bisa menggunakan perantara udara. Kambuhnya TBC bisa jadi karena masuknya virus TBC dari luar, maka memakai masker sangat disarankan untuk mencegah resiko tersebut.

 

  1. Hindari Minum Es dan Minuman Bersoda,

Adanya riwayat dengan TBC paru menjadi perhatian bagi pelakunya untuk terus memantau kesehatan tubuh. Terdapat sejumlah makanan dan minuman yang memiliki efek meningkatkan resiko berkembangnya virus TBC di dalam tubuh. Padahal sempat mati karena menjalani program pengobatan selama beberapa bulan.

Adapun jensi makanan yang memiliki efek buruk tersebut adalah minuman dingin atau minuman yang dicampur dengan es. Jadi usahakan menghindari semua jenis minuman yang didinginkan sebab berpotensi membuat TBC Paru kambuh kembali. Selain minuman dingin juga dianjurkan menghindari yang namanya minuman bersoda, sebab memiliki efek serupa.

Kunci utama untuk menghindari resiko TBC paru kembali kambuh adalah dengan menjaga kekebalan tubuh tetap dalam kondisi baik. Maka wajib menjalankan gaya hidup sehat, detailnya seperti yang diuraikan di atas. Maka ketika kontrol ke dokter saat menjalankan pengobatan TBC Paru, usahakan untuk proaktif dengan banyak bertanya. Tujuannya adalah tidak sekedar paham cara menyembuhkan TBC namun juga pencegahan penyakit TBC ini kambuh kembali.

( Baca Juga : Ini Dia Cara Cara Ampuh Atasi TBC )

Related Posts