skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Apa Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Penyakit Ginjal Kronis?

Apa Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Penyakit Ginjal Kronis?

Apa Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Penyakit Ginjal Kronis?

Gagal ginjal kronis adalah suatu kondisi di mana ginjal dipecah dan tidak dapat melakukan fungsinya untuk memastikan bahwa tubuh sehat.

Jika penyakit ginjal memburuk, limbah yang tidak diinginkan akan menumpuk di darah Anda dan membuat Anda merasa lelah. Anda dapat mengembangkan komplikasi seperti tekanan darah tinggi, anemia, tulang yang lemah, nutrisi yang buruk dan kerusakan saraf. Selain itu, penyakit ginjal meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Masalah-masalah ini dapat terjadi secara bertahap dalam jangka waktu yang lama.

Penyebab penyakit ginjal kronis mungkin karena diabetes, hipertensi atau gangguan lainnya. Anda dapat mencegah penyakit ginjal progresif dengan mendeteksi dan mengobati penyakit awal. Seiring berkembangnya penyakit ginjal, itu dapat menyebabkan gagal ginjal dan Anda perlu dialisis atau transplantasi ginjal untuk tetap hidup.

Beberapa informasi tentang penyakit ginjal kronis:

  • Deteksi dini dapat membantu mencegah penyakit ginjal berkembang menjadi gagal ginjal;
  • Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian bagi semua orang dengan gagal ginjal kronis;
  • Tingkat filtrasi glomerulus (GFR) adalah estimasi terbaik fungsi ginjal;
  • Hipertensi menyebabkan gagal ginjal kronis dan sebaliknya, gagal ginjal kronis juga menyebabkan hipertensi;
  • Urin Anda mengandung protein untuk waktu yang lama berarti Anda memiliki penyakit ginjal kronis;
  • Orang yang berisiko tinggi untuk penyakit ginjal kronis termasuk orang dengan diabetes, hipertensi dan riwayat keluarga penyakit ginjal;
  • Orang Afrika Amerika, Hispanik, Kepulauan Pasifik, India dan Lansia berada pada peningkatan risiko untuk penyakit ginjal kronis;

Tes sederhana dapat membantu mendeteksi penyakit ginjal kronis, termasuk tekanan darah, albumin urin dan kreatinin dalam darah.

Apa penyebab penyakit ginjal kronis?

Dua penyebab utama penyakit ginjal kronis adalah diabetes dan tekanan darah tinggi, yang mencakup dua pertiga kasus. Diabetes terjadi ketika gula darah Anda terlalu tinggi, menyebabkan kerusakan banyak organ dalam tubuh, termasuk ginjal dan jantung, serta pembuluh darah, saraf, dan mata. Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, terjadi ketika tekanan darah di dinding pembuluh darah meningkat. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol atau tidak terkontrol dapat menjadi penyebab utama serangan jantung, stroke, dan penyakit ginjal kronis. Selain itu, penyakit ginjal kronis juga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

Penyakit lain yang dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis adalah:

  • Glomerulonefritis, sekelompok penyakit yang menyebabkan peradangan dan kerusakan pada unit filtrasi ginjal. Penyakit ini adalah penyebab paling umum ketiga penyakit ginjal kronis.
  • Penyakit genetik, seperti penyakit ginjal polikistik, menyebabkan folikel besar terbentuk di ginjal dan merusak jaringan di sekitarnya;
  • Anomali terjadi ketika bayi tumbuh di dalam rahim ibu. Sebagai contoh, penyempitan saluran kemih dapat menghalangi aliran urin dan menyebabkan urin mengalir kembali ke ginjal. Ini menyebabkan infeksi dan bisa berbahaya bagi ginjal;
  • Lupus dan penyakit lainnya mempengaruhi sistem kekebalan tubuh;
  • Penyakit lain seperti batu ginjal, tumor, kelenjar prostat membesar pada pria;
  • Infeksi saluran kemih berulang.

Apa saja gejala penyakit ginjal kronis?

Kebanyakan orang mungkin tidak memiliki gejala serius sampai penyakit ginjal mereka berlanjut. Namun, Anda mungkin memperhatikan gejala berikut:

  • Merasa lelah dan memiliki lebih sedikit energi;
  • Sulit untuk fokus;
  • Makan tidak enak;
  • Kesulitan tidur;
  • Kram di malam hari;
  • Pergelangan kaki dan pergelangan kaki bengkak;
  • Bengkak, terutama di pagi hari;
  • Kulit kering dan gatal;
  • Buang air kecil lebih sering, terutama pada malam hari.

Setiap orang berisiko terkena penyakit ginjal kronis pada usia berapa pun. Namun, beberapa orang lebih mungkin memiliki penyakit ginjal daripada yang lain. Risiko penyakit ginjal bisa lebih tinggi jika Anda memiliki diabetes atau tekanan darah tinggi, memiliki penyakit ginjal penyakit ginjal. Risiko juga meningkat jika Anda lebih tua atau memiliki insidensi diabetes yang tinggi atau tekanan darah tinggi, seperti orang Amerika Afrika, Amerika Hispanik, orang Asia, Tinggal di Kepulauan Pasifik dan Penduduk Asli Amerika (Penduduk Asli Amerika).

Bagaimana dokter akan mendiagnosa penyakit ginjal kronis?

Dokter Anda akan memeriksa fungsi ginjal Anda untuk membantu Anda merencanakan perawatan Anda. Dokter dapat melakukan hal berikut:

Perhitungan laju filtrasi glomerulus (GFR), ini adalah cara terbaik untuk mengetahui apakah ginjal Anda berfungsi dengan baik. Anda tidak perlu melakukan tes apa pun selain yang disebutkan di atas untuk menentukan GFR. Dokter dapat menghitung angka ini dari tes kreatinin darah, usia, ras, jenis kelamin dan faktor lainnya. GFR Anda memberi tahu dokter Anda tahapan penyakit ginjal dan membantu dokter merencanakan perawatan untuk Anda.

Lakukan ultrasound atau CT scan untuk mendapatkan gambaran tentang ginjal dan saluran kemih. Ini memberitahu dokter ukuran ginjal Anda, apakah Anda memiliki batu atau tumor di ginjal, atau jika struktur ginjal dan saluran kemih Anda adalah sesuatu yang tidak biasa.

Lakukan biopsi ginjal, yang dilakukan dalam beberapa kasus untuk mendiagnosis penyakit ginjal Anda secara akurat, lihat berapa banyak unit ginjal yang terluka, dan bantu dengan rencana perawatan. Untuk biopsi, dokter mengambil potongan kecil jaringan ginjal dan mengamati mereka di bawah mikroskop.

Anda mungkin juga perlu menemui spesialis ginjal untuk mendiskusikan kasus Anda dan bagaimana mengelolanya.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.

Artikel Terkait: