Apakah Anda Tahu Tentang Penyakit Thalasemia?

Apakah Anda Tahu Tentang Penyakit Thalasemia

Thalasemia adalah kelainan darah genetik (yaitu, dari orangtua ke anak melalui gen) yang terjadi ketika tubuh tidak menghasilkan protein hemoglobin yang cukup, bagian penting dari sel darah merah. Ketika tidak ada cukup hemoglobin, eritrosit tidak efektif dan hanya hidup untuk waktu yang singkat, sehingga sangat sedikit sel darah merah yang sehat memasuki aliran darah.

Sel darah merah membawa oksigen ke semua sel-sel tubuh. Oksigen adalah jenis makanan seluler yang digunakan untuk bekerja. Ketika tidak ada cukup sel darah merah yang sehat, oksigen yang cukup tidak tersedia untuk semua sel lain dari tubuh, yang menyebabkan tubuh menjadi lelah, melemah, atau sesak napas. Ini disebut anemia. Orang dengan thalassemia mungkin mengalami anemia ringan atau berat. Anemia berat dapat menyebabkan kerusakan organ dan menyebabkan kematian.

Apa saja jenis thalassemia?

Thalassemia dibagi menjadi dua masalah utama. Pertama, penyakit dibagi oleh bagian mana dari hemoglobin yang terkena (biasanya “alfa” atau “beta”). Yang kedua diklasifikasikan menurut tingkat keparahan anemia dengan kata-kata yang biasa digunakan untuk mengklasifikasikan tingkat keparahan penyakit sebagai pembawa penyakit yang sehat, ringan, sedang, berat.

Hemoglobin membawa oksigen ke semua sel dalam tubuh, terdiri dari dua bagian yang berbeda, yang disebut alfa dan beta. Ketika thalassemia disebut “alpha” atau “beta”, bagian dari hemoglobin tidak diproduksi. Jika alfa atau beta tidak diproduksi, tidak ada cukup bahan untuk menghasilkan hemoglobin normal. Alfa yang hilang disebut alpha thalassemia. Hilang beta disebut beta thalassemia.

Kata-kata yang sering digunakan untuk mengklasifikasikan tingkat parah penyakit adalah pembawa penyakit yang sehat, ringan, sedang, berat. Pasien dengan thalassemia mungkin tidak memiliki gejala atau hanya anemia ringan, sementara pasien anemia mungkin memiliki gejala berat dan membutuhkan transfusi darah secara teratur.

Sama seperti warna rambut dan struktur tubuh yang diturunkan dari orang tua ke anak, talasemia juga diturunkan dari orang tua ke anak. Thalassemia tergantung pada jumlah gen yang sakit dan jenis penyakit yang ditularkan orang tua kepada mereka. Sebagai contoh, jika gen beta-thalassemia transgender diambil dari kedua orang tua, mereka akan memiliki beta thalassemia mayor. Jika seseorang menerima gen yang menyebabkan alpha thalassemia ringan dari ibu dan gen alpha normal dari ayah, orang itu akan menjadi pembawa penyakit yang sehat. Pembawa penyakit yang baik berarti Anda tidak akan memiliki gejala apa pun, tetapi Anda dapat menanamkan bersama bayi Anda dan meningkatkan risiko thalassemia untuk bayi Anda.

Kadang-kadang, talasemia disebut lain sebagai anemia Cooley. Nama-nama ini khusus untuk masing-masing jenis thalassemia. Misalnya, Cooley anemia adalah nama lain untuk beta-thalassemia mayor.

Apa saja gejala thalassemia?

Orang dengan tingkat talasemia sedang dan berat biasanya akan mengetahui penyakit mereka sejak kecil, karena mereka memiliki gejala anemia berat saat lahir. Orang yang ringan hanya dapat menemukan penyakit ketika mereka tumbuh dewasa, mereka dapat mengembangkan gejala anemia, atau mungkin karena diagnosis dokter anemia pada tes darah rutin atau pemeriksaan untuk alasan lain.

Karena thalassemia adalah penyakit genetik, penyakit ini kadang menyebar ke seluruh keluarga. Beberapa orang mengetahui bahwa mereka menderita thalassemia karena mereka memiliki kerabat dengan penyakit yang sama dan telah mengujinya.

Orang dengan anggota keluarga dari belahan dunia lain berisiko lebih tinggi thalassemia. Thalasemia lebih banyak terjadi di negara-negara Mediterania, seperti Yunani dan Turki, dan Asia, Afrika, dan Timur Tengah. Jika Anda menderita anemia dan Anda juga memiliki anggota keluarga dari area ini, dokter akan memeriksa darah Anda lebih dekat untuk melihat apakah Anda memiliki talasemia.

[vc_cta h2=”Apa Itu Staminacare!?” add_button=”bottom” btn_title=”Klik untuk Lihat Produk!” btn_style=”flat” btn_shape=”square” btn_color=”warning” btn_size=”lg” btn_align=”center” btn_button_block=”true” btn_link=”url:http%3A%2F%2Fwww.autoimuncare.com%2FStaminacare %2F|||”] Staminacare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Nanotechnology Organik yang di produksi khusus untuk mengatasi masalah Anda, yaitu Menjaga Stamina tubuh dan Memperkuat atau Meningkatkan Daya Tahan tubuh. Formula Organik Staminacare adalah hasil terbaik dari berbagai penelitian yang Tim Formulator kami lakukan.
Formula Organik Staminacare mengandung asam amino esensial yang berfungsi untuk regenerasi sel. Berbagai protein esensial yang terkandung dalam Formula ini mudah untuk diserap oleh tubuh dan memberikan energi yang cukup untuk proses metabolisme tubuh..[/vc_cta]