Bahaya Merokok Pada Pasien Gagal Ginjal Kronis?

Anda harus tahu bahwa merokok berbahaya bagi kesehatan Anda, terutama efek merokok pada pasien dengan gagal ginjal kronis bahkan lebih serius. Merokok dapat membahayakan paru-paru, jantung dan banyak organ lain di dalam tubuh. Efek tembakau pada gagal ginjal terutama dimediasi oleh penyakit kardiovaskular. Belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa merokok adalah penyebab langsung dari gagal ginjal. Namun, satu studi menemukan bahwa perokok 3 kali lebih mungkin mengembangkan disfungsi ginjal dibandingkan mereka yang tidak merokok dan merokok lebih dari satu bungkus setiap hari, meningkatkan risiko gagal ginjal kronis sebesar 51%. Selain itu, menurut percobaan Multifactorial Risk Factor (MRFIT), merokok adalah salah satu faktor risiko utama untuk penyakit ginjal stadium akhir (ESRD).

Bagaimana cara merokok mempengaruhi penyakit ginjal?

Beberapa efek berbahaya dari merokok meliputi:

  • Tekanan darah tinggi dan denyut jantung;
  • Mengurangi aliran darah di ginjal;
  • Peningkatan produksi angiotensin II (hormon yang diproduksi di ginjal);
  • Mempersempit pembuluh darah di ginjal;
  • Cedera arteriol (cabang-cabang arteri);
  • Pembentukan arteriosklerosis;
  • Percepat gagal ginjal.

Selain itu, merokok membawa racun lain ke dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa merokok menyebabkan kerusakan ginjal, yang dapat memperburuk penyakit ginjal dan meningkatkan risiko gejala kencing atau kencing. Juga dikenal sebagai proteinuria (kelebihan status protein urin).

Hubungan antara diabetes, tekanan darah tinggi dan gagal ginjal kronis

Diabetes dan hipertensi adalah dua penyebab utama gagal ginjal kronis. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan diabetes dengan atau tanpa hipertensi yang merokok memiliki peningkatan risiko gagal ginjal kronis. Merokok meningkatkan risiko penyakit ginjal pada kedua kelompok. Penelitian menunjukkan bahwa berhenti merokok membantu menjaga fungsi ginjal.

Penyakit jantung dan merokok

Pasien dengan penyakit ginjal yang merokok harus segera berhenti untuk memperlambat perkembangan gagal ginjal dan gagal jantung.

Kemungkinan selamat dari transplantasi ginjal yang masih merokok akan sangat berkurang oleh risiko masalah kardiovaskular. Cara terbaik untuk memastikan transplantasi ginjal yang berhasil adalah berhenti merokok.

Merokok menyebabkan kerusakan ginjal

Menurut MRFIT, pria yang tidak memiliki penyakit ginjal berisiko lebih tinggi terkena penyakit terminal jika mereka merokok. Mereka yang merokok juga memiliki risiko lebih tinggi dari banyak penyakit. Merokok merupakan faktor risiko penyakit ginjal yang dapat dicegah dan dikendalikan. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa selain penyakit kardiovaskular, kanker dan penyakit lainnya, merokok juga menyebabkan gagal ginjal pada orang yang belum pernah memiliki penyakit ginjal sebelumnya.

Kiat untuk membantu Anda berhenti merokok

Semakin banyak Anda merokok, semakin besar kemungkinan Anda mengalami gagal ginjal.Anda harus mengurangi jumlah rokok yang dihisap setiap hari untuk mencegahnya dan mencegahnya menjadi lebih buruk. Yang terbaik adalah berhenti merokok sepenuhnya. Sulit untuk berhenti merokok karena kecanduan nikotin, mengidam dan kebanyakan orang tidak dapat mengendalikan ketika orang lain merokok di sekitar mereka. Biasanya Anda harus berhenti beberapa kali untuk berhasil, tetapi itu benar-benar sepadan dengan hasil yang dibawanya.

Dokter Anda akan membantu Anda menemukan obat pengganti nikotin seperti mengunyah permen karet, menggunakan tempelan, atau menggunakan obat seperti Zyban untuk membantu Anda berhenti merokok.

Agar lebih jelas, tetapkan tanggal tertentu dari mana Anda harus berhenti sepenuhnya dan membuang semua bungkus rokok atau apapun yang berhubungan dengan rokok.

Berikut beberapa kiat untuk membantu Anda mengatasi keinginan Anda:

  • Kunyah permen karet, menyedot permen keras, menyesap camilan rendah kalori sepanjang hari atau membagi makanan;
  • Akses berhenti di situs konseling merokok atau curhat kepada teman dan keluarga untuk mendapatkan dukungan;
  • Cobalah bernapas dalam-dalam atau meditasi setiap kali Anda menginginkan obat;
  • Ambil program atau kursus untuk membantu berhenti merokok;
  • Teruslah mencoba sampai Anda dapat sepenuhnya berhenti merokok.

Merokok tidak secara langsung menyebabkan gagal ginjal tetapi rokok adalah penyebab utama penyakit ginjal. Tidak hanya pasien dengan gagal ginjal tetapi semua orang harus berhenti untuk memastikan kesehatan diri mereka dan orang yang mereka cintai.

Semoga informasi yang kami berikan diatas tentang  Bahaya Merokok Pada Pasien Gagal Ginjal Kronis, akan membantu Anda lebih baik melindungi ginjal Anda. Mulailah sekarang Anda juga sudah bisa memahami Ginjal Anda dan apa hubungannya dengan penyakit yang Anda miliki.

[vc_cta h2=”Apa Itu RENALCARE?” add_button=”bottom” btn_title=”Klik untuk Lihat Produk!” btn_style=”flat” btn_shape=”square” btn_color=”warning” btn_size=”lg” btn_align=”center” btn_button_block=”true” btn_link=”url:http%3A%2F%2Fwww.autoimuncare.com%2FRenalCare%2F|||”]Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.[/vc_cta]