skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Bahaya Penyakit Sinusitis

Bahaya Penyakit Sinusitis

Adanya mukosa atau lendir berwarna kuning, rasa nyeri di sekitar dagu, mata, dan dahi, demam serta sakit gigi merupakan gejala yang awam dirasakan oleh kebanyakan penderita penyakit sinusitis. Selain mengetahui beberapa gejala dari penyakit sinusitis itu sendiri, Anda juga perlu mengetahui ” seberapa bahayakah penyakit sinusitis dan apa sajakah komplikasi dan pengaruh penyakit tersebut terhadap tubuh? “

Dalam dunia kedokteran penyakit sinusitis atau dikenal dengan radang selaput lendir hidung merupakan peradangan yang terjadi pada organ sinus. Peradangan pada sinus ini dapat menyebabkan penimbunan lendir pada rongga sinus dan menjadi media bagi pertumbuhan bakteri.

Jenis penyakit sinusitis berbeda-beda, dari mulai kronis, akut dan kambuhan :

  1. Penyakit Sinusitis Akut

Peradangan sinusitis akut merupakan tipe yang paling umum dijumpai pada orang dewas dan orang tua terutama pada anak. Sementara itu gejala yang ditimbulkan hampir mirip dengan gejala saat terjadi flu yakni batuk, hidung tersumbat, keluarnya ingus hanya saja ingus atau lendir ini tidak disertai dengan demam dan lendir ingus yang keluar berwarna hijau.

  1. Penyakit Sinusitis Kronis

Sinusitis kronis dapat berlangsung selama hampir tiga bulan dan yang kemudian diperparah dengan munculnya rasa nyeri dibagian kepala. Disamping itu pada sinusitis jenis ini sudah terjadi penebalan lapisan sinus dan timbulnya jaringan yang bersifat menghambat dan menghalangi yang dikenal dengan sebutan polip.

  1. Penyakit Sinusitis Kambuhan

Sinusitis jenis ini gejalanya serupa dengan sinusitis akut, hanya saja sinusitis ini sering kambuh. Biasanya dalam waktu satu tahun anak dapat kembali terjangkit lebih dari empat kali. Dan setiap kali sinusitis ini kabuh masa berlangsungnya bisa mencapai sepuluh hari.

Nah, setelah Anda mengetahui jenis sinusitis apa yang sedang Anda alami, penting sekali bagi penderita penyakit sinusitis mengenal dan mewaspadai bahaya, komplikasi dan dampak sinusitis terhadap tubuh jika dibiarkan begitu saja tanpa pengobatan ( tidak diobati dengan benar ).

Dalam kasus yang jarang terjadi, infeksi sinus dapat menyebabkan komplikasi berbahaya jika tidak ditangani dengan baik. Infeksi sinus menyebabkan rongga sinus membengkak dan meradang, yang kemudian dapat menyebabkan gangguan parah dan kesulitan bernapas akibat pilek atau alergi.

Orang yang menderita sinusitis kronis (infeksi sinus yang berlangsung lebih dari delapan minggu) berada pada risiko yang lebih tinggi terkena komplikasi berbahaya, menurut Mayo Clinic. Beberapa bahaya infeksi sinus adalah osteomyelitis, infeksi mata socket dan meningitis.

  1. Osteomielitis ( Infeksi Tulang )

Osteomielitis adalah infeksi tulang yang disebabkan oleh bakteri atau jamur. Laki-laki muda berada pada risiko tertinggi untuk menderita penyakit osteomyelitis sebagai akibat dari infeksi sinus. Dalam kasus yang jarang terjadi, infeksi di rongga sinus dapat mempengaruhi tulang sekitar sinus seperti tulang pipi dan tulang dahi.

Gejala umum untuk osteomielitis mungkin tidak diketahui karena gejalanya hampir mirip dengan gejala sinusitis, termasuk demam, sakit kepala menyakitkan dan bengkak di dahi.

  1. Infeksi Mata

Hampir semua infeksi sinus akan mempengaruhi mata dengan nyeri ringan, sensitivitas dan sensasi berdenyut akibat tekanan di belakang mata. Dalam kasus yang jarang terjadi, infeksi sinus dapat menyebar ke rongga mata, yang juga disebut infeksi orbital.

Infeksi orbital adalah kondisi serius yang jika tidak diobati dapat menyebabkan kerusakan permanen. Infeksi orbital dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

  1. Radang Selaput Otak ( Meningitis )

Kondisi paling berbahaya yang dapat diakibatkan oleh infeksi sinus adalah meningitis ( radang selaput otak ), infeksi di sekitar otak yang menyebabkan pembengkakan dan tekanan pada otak dan sumsum tulang belakang. Ini diakibatkan dari penyebaran infeksi oleh bakteri anaerob ke otak, baik melalui tulang atau pembuluh darah.

Meningitis adalah suatu kondisi serius yang dapat mengakibatkan kematian. Bakterial penyebab meningitis merupakan jenis bakteri yang lebih parah dan bisa datang tiba-tiba dan lebih sulit untuk diobati. Sementara itu, nyeri, kelelahan, dan gejala lain dari sinusitis kronis dapat memiliki efek yang signifikan pada penurunan kualitas hidup.

Jika kondisi tidak membaik selama seminggu, misalnya sinusitis memburuk atau sinusitis terus-menerus kembali, segera temui dokter. Namun sekitar 60% penderitas sinusitis tidak perlu menemui dokter. Kebanyakan kasus yang disebabkan oleh infeksi virus akan hilang dengan pemberian obat sinusitis yang memiliki manfaat khusus untuk mengobati sinusitis.