skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Bronkitis Pada Wanita?

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Bronkitis Pada Wanita?

Penyakit Bronkitis adalah radang pada lapisan saluran bronkial karena infeksi. Bronkus adalah saluran yang membiarkan udara masuk ke dalam dan keluar dari paru-paru. Pengidap bronkitis sering mengalami batuk lendir yang menebal, yang bisa berubah warna.

Ada dua jenis penyakit bronkitis:

  • Bronkitis akut adalah infeksi jangka pendek yang menyebabkan saluran udara di dalam paru-paru membengkak dan terisi dengan lendir. Jenis akut sering berlangsung selama beberapa minggu.
  • Bronkitis kronis adalah iritasi terus-menerus di saluran bronkial, sering karena merokok. Bronkitis kronis bisa berlangsung selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Bronkitis kronis jauh lebih parah daripada bronkitis akut.

Penyebab Penyakit Bronkitis

Penyakit Bronkitis dapat disebabkan oleh infeksi dan iritasi pada saluran napas. Secara umum penyebab bronkitis yaitu:

  • Infeksi saluran napas oleh virus, yang paling umum oleh virus influenza A dan influenza B, RSV, parainfluenza, rhinovirus, adenovirus maupun coronavirus
  • Infeksi saluran napas oleh bakteri, yang paling umum oleh Streptococcus pneumoniae, Chlamydia pneumoniae, Moraxella catarrhalis, dan Haemophilus influenzae
  • Kebiasaan merokok dan asap rokok, merupakan penyebab yang terpenting untuk menimbulkan bronkitis kronik
  • Paparan terhadap polusi udara di lingkungan dan tempat kerja, seperti asap kendaraan, asap pabrik, bahan kimia, asap tembakau dan asam kebakaran hutan.

Gejala Penyakit Bronkitis

Beberapa gejala penyakit bronkitis yang dapat dirasakan penderita antara lain:

  • Batuk: selama 2 – 3 minggu, pada awalnya tidak berdahak, dalam satu hingga dua hari kemudian akan keluar dahak yang berwarna putih atau bewarna kuning, kemudian dahak akan bertambah banyak, dan akan berubah warna menjadi hijau
  • Demam: selama 3 -5 hari biasanya ringan
  • Sesak napas dan rasa berat di dada: terjadi apabila terdapat penyumbatan pada saluran napas. Sesak dapat diserti bunyi mengi atau “ngik”, terutama setelah batuk
  • Batuk darah: kadang – kadang dapat terjadi akibat iritasi saluran napas.

Cara Mencegah Penyakit Bronkitis

  1. Minum air putih yang banyak

Minum air mineral yang banyak dapat menjadi obat alami bronkitis akut. Tubuh yang terhidrasi akan membantu menipiskan lendir pada saluran bronkial. Biasanya, gejala demam juga menyertai penderita bronkitis.

Nah, minum air yang banyak bisa menggantikan cairan yang hilang dalam tubuh selama masa peradangan tersebut. Hindari minum minuman beralkohol dan mengandung kafein selama batuk dan demam berlangsung.

  1. Minum campuran madu dan lemon

Madu yang telah lama dijadikan bahan racikan obat sejak zaman dahulu, nyatanya memiliki kandungan sifat antibakteri di dalamnya. Jika dikombinasikan dengan perasan lemon segar, yang mana bertindak sebagai pembasmi zat-zat asing di dalam tubuh, ia akan ampuh menjadi obat bronkitis alami.

Perlu diingat, jangan memberikan madu pada anak usia 1 hingga 3 tahun, karena akan menimbulkan gejala botulisme (keracunan) yang bisa menyebabkan kelumpuhan otot.

  1. Penguapan

Menghirup uap hangat, sangat direkomendasikan untuk mengurangi lendir dan mengi pada para pederita bronkitis. Penguapan ini bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan murah. Anda hanya memerlukan baskom, air panas, dan handuk yang lebar.

Tuang air dalam baskom, kemudian Anda juga bisa menambahkan minyak esensial, seperti minyak eukaliptus atau kayu putih.

Setelah itu, lapisi kepala dan baskom Anda dengan handuk besar, sambil membungkuk menghirup uap panas dari baskom. Anda bisa mengurangi lendir pada saluran bronkial dengan melakukan kegiatan ini secara rutin.

  1. Makan buah nanas dan minum teh jahe

Ada beberapa tumbuhan yang baik untuk obat bronkitis alami, salah satunya buah nanas dan jahe. Kedua tanaman tersebut memiliki efek obat yang bisa menenangkan selaput lendir meradang di saluran pernapasan.

  • Buah nanas. Di dalam kandungan buah nanas terdapat kandungan bromelain. Nah, zat enzim bromelain ini, telah terbukti efektif mengurangi peradangan dalam tubuh. Buah nanas juga didapuk bisa meredakan gejala batuk berdahak.
  • Seperti yang banyak diketahui, jahe memiliki efek menenangkan di tubuh. Jahe baik untuk menenangkan saluran pernapasan yang meradang, dan bertindak sebagai ekspektoran (mengeluarkan zat asing dalam tubuh). Dr Amy Rothenberg menyarankan untuk meminum 2 cangkir gelas air rebusan jahe hangat setiap hari sebagai obat bronkitis alami.
  1. Berkumur dengan air garam

Sebetulnya kumur dengan air garam tidak mengobati virus atau bukan berperan sebagai antimikroba yang mengobati virus batuk pada bronkitis. Tetapi, ia bisa digunakan untuk meredakan gejala dari bronkitis.

Para peneliti di Jepang melakukan penelitian pada 400 relawan yang sukarela berkumur dengan air putih dan dilarutkan dengan antiseptik. Hasilnya, 36% orang yang berkumur 3 kali sehari, lebih rendah gejala infeksi saluran pernapasannya, daripada yang jarang berkumur. Maka, disarankan bagi penderita infeksi saluran bronkial, untuk berkumur dengan air garam secara rutin demi mengurangi gejala infeksi.

Apa Itu Pulmohealer?

Obat Penyakit Paru-Paru Pulmohealer adalah produk dari PT. Autoimuncare Indonesia ( PT. AICI ) yang khusus mengatasi berbagai penyakit paru-paru. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama 15 tahun membuat Pulmohealer banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

Pulmohealer bereaksi cepat, dijamin aman, dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya bagi Tubuh Anda.