skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Cara Mengatasi Kelelahan Akibat Kanker Paru-Paru!

Cara Mengatasi Kelelahan Akibat Kanker Paru-Paru!

pengobatan kanker serta sifat dari penyakit akan membuat tubuh merasa lelah. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi kelelahan yang disebabkan oleh kanker paru-paru:

Cara mengatasi kelelahan akibat kanker paru-paru

Melawan kelelahan karena kanker paru-paru dengan menghemat energi

Kelelahan ditandai oleh kurangnya energi. Solusi yang paling logis adalah menghemat energi. Ambil kekuatan Anda untuk melakukan hal-hal penting hari ini. Anda dapat daftar apa yang perlu Anda lakukan dan kemudian memprioritaskan tugas yang paling penting. Ini bisa termasuk: membersihkan rumah, membeli bahan makanan, memasak atau bahkan mengambil kelas seni. Anda dapat meminta keluarga dan teman-teman Anda untuk membantu Anda melakukan hal-hal ini dan menghindari pengerahan tenaga. Hemat energi untuk melakukan hal-hal yang penting bagi Anda. Sebaiknya berolahraga secara teratur, aktif tinggal di banyak area hijau, hindari pencemaran lingkungan.

Akan ada hari-hari ketika Anda merasa lelah daripada hari-hari lainnya. Tidur hanya 30 menit hingga 1 jam juga dapat memberi Anda semua energi yang Anda butuhkan. Anda dapat menulis buku harian tentang betapa lelahnya Anda dengan apa yang Anda lakukan hari itu. Buku harian itu dapat memberi tahu Anda betapa lelahnya Anda dan berapa banyak waktu yang Anda perlukan untuk tidur siang.

Mengalami kanker tidak berarti Anda tidak diperbolehkan keluar dan bersenang-senang. Namun, ketahuilah batas-batas aktivitas Anda. Anda mungkin tidak dapat memainkan permainan sensasi tetapi dapat berpartisipasi dalam kegiatan sederhana seperti bermain di danau, berkebun atau berpiknik di taman.

Lawan kembali kelelahan dengan menambahkan nutrisi yang cukup

Perawatan kanker terkadang dapat mencegah Anda makan, yang menyebabkan penurunan berat badan. Penting untuk menambahkan nutrisi penting dari buah-buahan, sayuran dan protein. Menambah jumlah kalori yang tepat dari makanan sehat dapat memberi Anda energi yang Anda butuhkan. Jika diperlukan, Anda mungkin ingin mencari ahli gizi untuk petunjuk rinci tentang cara meningkatkan atau mempertahankan berat badan Anda. Ada banyak cara untuk menambah asupan kalori Anda dengan jenis nutrisi dan vitamin yang tepat. Mendapatkan dan mempertahankan diet yang sehat tidak hanya akan membantu Anda melawan kelelahan, tetapi juga akan membuat Anda merasa lebih sehat.

Melawan kelelahan dari kanker dengan berolahraga secara teratur

Ketika Anda tidak memiliki energi yang cukup, biasanya Anda tidak ingin berolahraga. Namun, berolahraga dapat memberi Anda lebih banyak energi. Ini tidak berarti Anda harus pergi ke gym atau menggunakan peralatan olahraga yang mahal. Anda harus berpartisipasi dalam kegiatan di luar ruangan, udara segar. Untuk mengatasi kelelahan, Anda hanya perlu melakukan latihan Anda dapat dengan mudah berlatih sehari-hari dengan intensitas sedang. Kegiatan olahraga yang dapat Anda latih setiap hari adalah berenang, berjalan di sekitar rumah atau melakukan yoga. Sebelum memulai segala bentuk latihan, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda. Pastikan Anda tidak berolahraga terlalu banyak. Olahraga yang terlalu agresif atau terlalu aktif hanya akan membuat Anda merasa sakit, kaku atau bahkan kelelahan.

Lawan kembali kelelahan dengan meningkatkan kesehatan mental

Kesehatan mental secara langsung berkaitan dengan tingkat energi Anda. Pasien kanker paru mengalami stres, kecemasan dan depresi. Semua emosi ini bisa membuat Anda merasa lelah. Namun, ada banyak cara Anda dapat mengendalikan emosi Anda. Anda dapat pergi ke layanan konseling, bergabung dengan komunitas komunitas yang memiliki situasi yang sama dengan Anda, atau berbicara dengan teman dan keluarga Anda. Stres dan kecemasan dapat ditekan jika Anda tidak dapat mengungkapkan atau membicarakannya untuk meringankannya. Penelitian telah menunjukkan bahwa ada hubungan antara stres dan kelelahan serta kesehatan yang buruk. Dengan mengendalikan stres, Anda dapat meningkatkan tingkat energi Anda.

Anda mungkin berpikir bahwa tidak perlu berbicara dengan dokter Anda tentang kelelahan Anda. Tapi pikirkan lagi. Kelelahan adalah efek samping yang umum dari kanker paru-paru. Anda perlu memberikan semua informasi yang Anda butuhkan termasuk kelelahan Anda sehingga dokter baru Anda dapat memahami kondisi Anda dan memandu Anda untuk pemulihan penuh.