6 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Pasien HIV yang Perlu Dicoba

Penderita HIV nantinya secara perlahan akan kehilangan kekebalan alami tubuhnya, namun terdapat sejumlah cara meningkatkan kekebalan tubuh pasien HIV yang sebaiknya dicoba. Infeksi virus HIV memang secara perlahan akan membunuh imunitas tubuh. Hal inilah yang menyebabkan pasien kerap didera berbagai komplikasi dan aneka jenis masalah kesehatan, dari ringan sampai berat.

Meski secara perlahan kekebalan tubuh alami pasien akan berkurang atau melemah, namun pasien bisa memilih memperpanjang harapan hidupnya. Kunci utamanya adalah menjalankan gaya hidup sehat kemudian juga rutin mengkonsumsi obat dari dokter maupun konsumsi herbal.

 

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Pasien HIV dengan Gaya Hidup Sehat

( Baca Juga : Pengobatan Tradisional Untuk Gejala HIV )

Opsional pertama untuk meningkatkan daya tahan tubuh pasien HIV ini adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Apabila sebelum divonis HIV ini terbiasa menjalankan gaya hidup tidak sehat maka sebaiknya segera melakukan perubahan besar. Dianjurkan untuk melakukan beberapa gaya hidup berikut ini:

  1. Menghentikan Kebiasaan Merokok,

Semua orang dijamin tahu jika kebiasaan merokok berdampak negatif bagi kesehatan, sayangnya tidak semua orang mampu mengatasi ketergantungan pada produk tembakau ini. Bagi penderita HIV penting sekali untuk menjauhi kebiasaan merokok. Pasalnya kebiasaan ini bisa membunuh sel darah putih sehingga melemahkan kekebalan alami tubuh.

Awalnya mungkin memang sangat sulit, namun jika menghendaki umur lebih panjang usai divonis HIV oleh dokter. Maka secara otomatis menghentikan kebiasaan ini menjadi wajib. Silahkan dikonsultasikan ke dokter untuk mengetahui bagaimana proses melepas efek adiktif rokok. Kadang dokter akan menganjurkan beberapa makanan untuk dikonsumsi sehingga menekan keinginan merokok. Misalnya mengunyah permen karet atau minum susu secara teratur.

 

  1. Cermat Dalam Mengelola Stress,

Pilihan cara meningkatkan kekebalan tubuh pasien HIV selain menghindari rokok adalah dengan mengelola stress dengan benar. Ketika seseorang mengalami stress maka secara alami tubuh akan menekan sistem kekebalan alaminya. Kondisi ini tentunya berbahaya bagi penderita HIV sebab malah memperpendek harapan hidup.

Usahakan untuk tidak terlalu stress dan cobalah selalu berpikir positif. Tindakan yang bisa dilakukan banyak. Mulai dari mendekati orang-orang yang selalu memberi semangat positif, menjaga pola makan, istirahat yang cukup, bergabung dalam komunitas, dan juga dari menjalankan aktifitas yang disukai. Menekan stress semaksimal mungkin membantu menguatkan imun tubuh sehingga layak untuk dilakukan.

Apabila selama ini sering didera oleh stress akut maka tidak ada salahnya mencoba menjalani terapi. Opsional lainnya adalah mencoba rutin melakukan yoga atau meditasi yang efektif menenangkan pikiran. Asalkan sudah paham bagaimana menekan stress maka penderita HIV tetap bisa menjalankan aktifitasnya dengan nyaman.

 

  1. Tidur dengan Cukup,

Tidur menjadi kebutuhan siapa saja untuk membantu proses pemulihan alami selesai beraktifitas. Ketika dalam kondisi sakit, termasuk pada kasus penderita HIV maka dianjurkan untuk memperbanyak jam istirahat. Hapus kebiasaan begadang selain itu tingkatkan kualitas tidur terutama di malam hari. Tidur secara cukup membantu tubuh merespon stress dengan baik sehingga lebih mudah diredakan secara alami.

Ketika kondisi stress dapat ditekan maka nantinya akan berimbas pada imunitas tubuh yang semakin membaik. Hal ini tentu efektif meningkatkan harapan hidup pasien HIV. Apabila selama ini kesulitan untuk tidur dengan nyenyak, maka bisa melakukan beberapa usaha untuk memperbaiki kualitasnya.

Terdapat sejumlah metode yang bisa dieksekusi untuk bisa tidur dengan nyenyak. Misalnya saja dengan rutin melakukan olahraga ringan, luangkan waktu meski 10 menit untuk tidur siang, dan juga mendengarkan musik menjelang jam tidur. Lakukan aneka metode mandiri yang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur sebab menjadi bagian dari cara meningkatkan kekebalan tubuh pasien HIV.

 

  1. Berusaha Tetap Bersosialisasi,

Sebuah survei membuktikan jika seseorang lebih aktif dalam bersosialisasi maka akan memiliki kesehatan lebih baik. Sekaligus memiliki usia lebih panjang jika dibandingkan dengan seseorang yang menyendiri. Sering bertemu dan mengobrol dengan banyak orang membantu mendapatkan lebih banyak ilmu baru yang membuat hidup semakin berwarna.

Menariknya dengan aktif bersosialisasi pula seseorang nantinya bisa mengenal berbagai komunitas. Nantinya memberi peluang untuk bertemu dengan komunitas yang berisi sesama penderita HIV. Komunitas yang tepat bisa membantu meningkatkan semangat hidup meski sudah terkena vonis menjadi ODHA atau penderita HIV.

Usahakan untuk tidak terlalu malu dan menutup diri, sebab yang namanya penyakit bukanlah aib. Bisa jadi menjadi jembatan untuk lebih bersyukur dan mendekatkan diri dengan Tuhan sehingga hidup lebih bermakna. Malahan dengan tetap aktif di lingkungan sosial nantinya bisa menikmati hal-hal seru dan menyenangkan sekalipun sedang menderita penyakit mematikan.

( Baca Juga : 5 Efek Samping Obat Medis Bagi Penderita hiv Aids )

 

  1. Menerapkan Diet Sehat,

Salah satu kunci dari cara meningkatkan kekebalan tubuh pasien HIV memang tidak bisa dilepaskan dari pola makan. Sebab pola makan yang sehat merupakan bagian penting di dalam gaya hidup sehat. Efeknya bagi penderita HIV sangat besar karena ketika terbiasa menyantap makanan dan minuman yang sehat maka bisa meningkatkan kekebalan alami tubuh. Tentunya bisa memperpanjang harapan hidup.

Diet sehat diperlukan dan dianjurkan untuk penderita HIV sehingga perlu mengenali makanan apa saja yang tepat dan juga yang wajib dihindari. Mulailah memperbanyak mengkonsumsi makanan rumahan dengan mengurangi penggunaan bumbu penyedap. Supaya sensasi rasanya tetap nyaman di lidah maka bisa memperbanyak penggunaan rempah mulai dari bawang merah, bawang putih, maupun cabe.

Dianjurkan pula untuk memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan sebagai penyumbang vitamin dan mineral bagi tubuh. Penderita HIV memerlukan lebih banyak asupan nutrisi untuk membantu meningkatkan kekebalan alami tubuhnya. Namun menariknya penderita HIV memiliki beberapa buah pantang. Misalnya saja buah nangka, durian, dan juga buah nanas.

Hanya saja kembali kepada kondisi tubuh pasien itu sendiri maka detailnya bisa ditanyakan ke dokter yang selama ini menangani penyakit HIV yang diderita.

 

  1. Rutin Melakukan Olahraga,

Berolahraga juga menjadi salah satu cara meningkatkan kekebalan tubuh pasien HIV yang sebaiknya rutin dilakukan. Sebab lewat kegiatan inilah kekebalan tubuh akan mengalami peningkatan yang lumayan sehingga baik untuk penderita HIV. Berhubung kondisi tubuh pasien akan berbeda-beda maka sangat penting dikonsultasikan dulu dengan dokter.

Nantinya dokter akan membantu memilihkan atau memberi referensi olahraga terbaik sesuai kondisi tubuh pasien. Jika belum sempat bertemu dengan dokter maka bisa menikmati olahraga ringan terlebih dahulu. Sebut saja seperti olahraga jalan kaki di dekat rumah, bersepeda santai keliling kompleks, atau berenang. Jenis olahraga ini ramah untuk siapa saja sehingga terbilang aman.

Apabila ingin meningkatkan kualitas olahraga maka bicarakan dulu dengan dokter agar tidak salah dalam menentukan pilihan. Usahakan pula tidak terlalu berlebihan dalam berolahraga untuk mengurangi resiko kelelahan yang berlebihan.

Pasien HIV yang juga dikenal sebagai ODHA memang diperkirakan akan mengalami berbagai masalah kesehatan. Sebab serangan virus HIV ini memang menghancurkan imunitas tubuh orang yang dijangkitinya. Meski begitu meningkatkan harapan hidup agar usia lebih panjang tetap dapat dilakukan, yakni sesuai uraian di atas. Sehingga tidak kesulitan untuk menemukan cara meningkatkan kekebalan tubuh pasien HIV yang tepat.

 

( Baca Juga : Cara Ampuh Sembuhkan HIV )

Related Posts