skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Pada Bayi Dan Anak Gejala Penyakit Demam Berdarah Ditandai Dengan

Pada Bayi Dan Anak Gejala Penyakit Demam Berdarah Ditandai Dengan

Demam berdarah adalah penyakit tropis yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk. Virus ini dapat menyebabkan demam, sakit kepala, ruam, dan nyeri di seluruh tubuh. Sebagian besar kasus demam berdarah yang ringan sembuh dengan sendirinya setelah sekitar satu minggu. Gejala demam berdarah pada anak dan balita tidak selalu muncul.

Banyak anak-anak dengan demam berdarah tidak menampakkan gejala, beberapa anak memiliki gejala ringan yang muncul kapan saja dari 4 hari sampai 2 minggu setelah digigit oleh nyamuk aedes yang terinfeksi. Gejala Demam Berdarah biasanya berlangsung selama 2 sampai 7 hari.

Setelah anak-anak mengalami sakit demam berdarah, mereka menjadi kebal terhadap jenis virus tertentu (meskipun mereka masih dapat terinfeksi oleh salah satu dari tiga jenis virus dengue lainnya). Dalam kasus yang jarang terjadi, demam berdarah dapat menyebabkan gejala yang serius yakni Dengue Shock Syndrome (DSS), yang dapat menyebabkan shock dan kematian, oleh karena itu memerlukan perawatan medis segera.

Pada bayi dan anak gejala penyakit demam berdarah juga akan ditandai dengan :

-Pada bayi dan anak juga biasanya akan terjadi syndrome trias dengue dimana terjadi peningkatan suhu tubuh secara mendadak serta suhu tubunya sangat tinggi. Anak juga akan mengalami nyeri pada bagian seluruh tubuh. pada anak dan bayi yang belum bisa mengutarakan rasa sakit ini biasanya akan menunjukkan rasa tidak nyaman dengan gelisah atau menangis yang tak kunjung berhenti.

-Adanya pendarahan pada makulapopular yang terlihat bintik-bintik merah di seluruh tubuh. bintik merah ini jika kulit diregangkan juga tidak hilang sehingga lebih mudah dikenali. Jika bayi dan anak sudah mengalami hal ini maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

-Gejala demam berdarah dengue pada bayi dan anak juga bisa ditandai dengan adanya pembesaran pada plasma. Untuk bisa mengetahui hal ini maka perlu dilakukan pemeriksaan tes darah yang lebih akurat karena nantinya akan dilihat berapa nilai hematokrit pada darah. biasanya akan terjadi kenaikan sebesar 20% pada sel darah namun ini akan tergantung pada usia dan jenis kelamin anak dan bayi.

-Anak dan bayi akan mengalami shock yang ditandai dengan adanya penurunan denyut nadi, tekanan darah rendah, demam yang tinggi namun pada telapak tangan dan kaki malah mengeluarkan keringat dingin.

-Jumlah trombosit yang dimiliki anak akan kurang dari 100.000 mm3 hingga membuat anak menjadi lemas dan tidak bertenaga.

Selain hal yang sudah disebutkan di atas juga ditandai dengan adanya hasil pemeriksaan yang seperti uji tourniquet yang positif, jumlah trombosit yang di bawah ambang batas normal, terjadinya kebocoran plasma yang ditandai dengan adanya pendarahan di dalam pembuluh darah.

Jika anda atau anak dan bayi anda mengalami gejala yang sudah disebutkan di atas maka sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut kepada dokter. Hal ini sangatlah penting terutama jika yang mengalami gejala tersebut adalah anak atau bayi anda. Seperti yang telah diketahui bahwa anak dan bayi masih memiliki sistem metabolisme yang belum stabil sehingga pertahanan dirinya belum sempurna seperti yang dimiliki oleh para orang dewasa.

Demikianlah artikel mengenai ciri-ciri gejala demam berdarah. Semoga bermanfaat untuk Anda yang membacanya, dan selalu berhati-hati terhadap nyamuk  aedes aegipty. Sebagai langkah awal untuk mencegah terjadinya berbagai jenis penyakit, maka menjaga lingkungan agar selalu bersih sangatlah penting dan juga sebagai langkah awal dalam pencegahan.

Baca Juga Artikel Lainya Di Autoimuncare.com