skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Infeksi Virus Miokarditis Yang Berbahaya Bagi Jantung!

Infeksi Virus Miokarditis Yang Berbahaya Bagi Jantung!

Kebanyakan orang berpikir bahwa virus hanya menyebabkan penyakit umum seperti flu, cacar dan yang lainya. Tahukan Anda, bahwa infeksi virus miokarditis juga sangat berbahaya bagi kesehatan terutama bagi jantung.

Myocarditis adalah salah satu penyebab langka kerusakan serius pada jantung. Virus apa yang bisa menyebabkan penyakit ini? Artikel ini akan menjawab pertanyaan Anda ini.

Apa itu myocarditis (penyakit virus pada jantung)?

Penyakit virus pada jantung, juga dikenal sebagai miokarditis, adalah suatu kondisi di mana virus menyerang otot jantung, menyebabkan peradangan dan mengganggu jalur sinyal jantung. Dalam banyak kasus, tubuh akan sembuh sendiri dan Anda mungkin tidak pernah tahu bahwa Anda pernah mengalami masalah ini.

Namun, dalam kasus yang jarang terjadi, infeksi yang menyebabkan peradangan itu sendiri dapat menyakiti, melemahkan jantung dan tubuh tidak dapat menyembuhkan dirinya sendiri. Ini menyebabkan gagal jantung dan irama jantung yang tidak normal.

Virus yang menyebabkan miokarditis

  • Adenovirus

Adenovirus adalah salah satu penyebab paling umum dari miokarditis pada anak-anak dan orang dewasa. Virus ini biasanya menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan, kandung kemih dan usus. Virus menyebar melalui cairan hidung dan tenggorokan orang yang sakit.

  • Cytomegalovirus (CMV)

Kelompok ini termasuk virus Herpes simplex, virus varicella-zoster (virus varicella zoster) dan virus Epstein-Barr (mononukleosis). Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, sekitar 50 hingga 80 dari 100 kasus terinfeksi CMV pada saat mereka berusia 40 tahun. Hingga 90 persen orang dewasa terinfeksi virus Epstein-Barr.

CMV dapat menyebabkan infeksi, termasuk infeksi jantung. Virus menyebar melalui kontak dengan cairan dari tubuh orang yang terinfeksi. Selama kehamilan, virus ini juga memiliki kemampuan untuk mentransmisikan dari ibu ke anak.

  • Coxsackievirus B

Ini adalah virus paling umum yang menyebabkan miokarditis, yang terjadi pada sekitar setengah dari semua kasus miokarditis. Virus itu menyebabkan flu atau serangan jantung, menyebabkan infeksi berlangsung 2-10 hari. Gejala penyakit jantung terjadi dalam dua minggu.

Gejala biasanya termasuk demam, kelelahan dan nyeri dada. Biasanya tidak fatal, tetapi dapat menyebabkan kerusakan jantung permanen, terutama jika penyakit ini kambuh untuk kedua kalinya. Virus ini menyebar melalui tinja, jadi pencegahan terbaik adalah mencuci tangan dan membersihkannya secara menyeluruh.

  • Ectoectomy Virus (ECHO)

Kelompok virus ini biasanya menyebabkan infeksi gastrointestinal dan ruam kulit. Virus juga bisa menyebabkan miokarditis. Anda akan mendapatkan virus ketika kontak dengan kuman pembawa atau dengan menghirup udara yang mengandung virus.

  • Parvovirus B19

Virus ini menyebabkan penyakit yang disebut “penyakit kelima” atau infeksi eritema, lebih sering terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa. Penyakit ini kadang-kadang terkait dengan miokarditis akut. Virus ini menyebar melalui air liur atau lendir hidung. Mencuci tangan dan menutup mulut, hidung saat batuk atau bersin membantu mengurangi penyebaran virus.

  • Rubella

Dikenal sebagai virus campak di Jerman, rubella juga dapat menyebabkan infeksi jantung. Virus ini juga menyebabkan keguguran, lahir mati dan cacat lahir pada janin. Virus menyebabkan miokarditis jika menginfeksi jantung, meskipun ini tidak umum. Ada vaksin melawan rubella.

Gejala miokarditis

Karena banyak infeksi virus tidak menyebabkan gejala yang jelas, jadi sedikit perhatian diberikan. Gejala-gejala yang khas termasuk:

  • Detak jantung tidak teratur
  • Nyeri dada
  • Capek
  • Demam
  • Nyeri otot
  • Sakit tenggorokan
  • Nyeri sendi atau nyeri dan bengkak di kaki
  • Pingsan atau kesulitan bernapas.

Tes darah, electrocardiograms, X-rays dan cardiopulmonary resuscitation akan membantu dokter mengidentifikasi tanda-tanda awal penyakit jantung.

Pengobatan miokarditis

Pengobatan penyakit jantung virus oleh obat-obatan seperti:

  • Obat antiviral untuk mengobati infeksi
  • Obat anti-inflamasi untuk mengurangi pembengkakan di jantung
  • Diuretik untuk menghilangkan kelebihan air dan pembengkakan di kaki.

Dokter juga akan menyarankan pasien untuk mengubah gaya hidup mereka, misalnya, untuk membangun diet rendah garam dan mengurangi aktivitas fisik mereka. Dokter Anda mungkin juga memberi Anda obat-obatan untuk mencegah irama jantung yang tidak normal, atau untuk membantu mengurangi risiko penggumpalan darah jika otot jantung Anda rusak atau melemah.

Perawatan akan bervariasi tergantung pada tingkat keparahan infeksi dan bagaimana hal itu mempengaruhi jantung pasien.

Apa Itu Heartcare?

HeartCare adalah Produk yang diproduksi oleh PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Organik yang diproduksi dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology.

Tim Formulator kami melakukan berbagai penelitian dengan melibatkan berbagai bahan-bahan Alami berkualitas yang memakan waktu panjang untuk mendapatkan hasil terbaik agar dapat menyembuhkan Penyakit jantung.