skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Inilah 10 Langkah Perawatan Penyakit Ginjal Kronis!

Inilah 10 Langkah Perawatan Penyakit Ginjal Kronis!

Inilah 10 Langkah Perawatan Penyakit Ginjal Kronis

Orang yang memiliki hemodialisis lebih mungkin mengembangkan penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah (juga disebut penyakit kardiovaskular) daripada mereka yang sehat. Disebabkan oleh penyakit ginjal dan masalah kesehatan lainnya seperti diabetes dan hipertensi. Penting untuk mencegah atau mengendalikan masalah jantung dan pembuluh darah untuk pengobatan penyakit ginjal kronis.

10 Langkah Perawatan Penyakit Ginjal  kronis

Rencana perawatan ginjal dengan 10 langkah berikut ini akan membantu Anda atau orang yang Anda cintai merawat penyakit ginjal.

1.Kurangi kolesterol

Tingginya kadar lemak dalam darah (juga disebut lipid), seperti kolesterol, meningkatkan risiko masalah jantung. Anda harus melakukan tes darah untuk memeriksa kadar kolesterol total dan lemak lainnya dalam darah Anda. Jika kadar kolesterol dan lemak Anda terlalu tinggi, Anda mungkin perlu melakukan diet rendah lemak dan olahraga. Beberapa orang mungkin juga memerlukan obat-obatan (seperti statin) untuk membantu menurunkan kolesterol.

2-Ikuti diet sehat

Makan dengan benar akan membuat Anda sehat. Penting bahwa Anda menambahkan cukup protein, kalori, air, vitamin, dan mineral ke tubuh Anda setiap hari. Pakar nutrisi akan membantu Anda menyiapkan rencana makan untuk memastikan gizi seimbang.

Dokter dan ahli gizi juga dapat meminta Anda untuk mengurangi makanan tinggi lemak jenuh dan kolesterol, seperti telur, susu, keju dan sebagian besar makanan yang digoreng. Anda juga perlu membatasi makanan yang tinggi potasium dan fosfor karena kadar potasium dan fosfor yang tinggi dapat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Makanan kaya omega-3 asam lemak sangat bermanfaat bagi jantung. Ini termasuk ikan air dingin seperti salmon, albacore, salmon, sarden, dan makanan lain seperti minyak biji rami, minyak canola, dan walnut. Untuk orang-orang yang harus mengikuti diet tertentu atau harus menyesuaikan jumlah kalium-protein dalam diet, konsultasikan dengan dokter dan ahli diet Anda sebelum membuat perubahan dalam diet Anda. dietnya.

3-Mineral penting seperti kalsium dan fosfor

Tubuh orang dengan penyakit paru obstruktif kronik rentan terhadap gangguan kalsium dan fosfor, yang menyebabkan kehilangan tulang dalam kalsium dan melemah seiring waktu. Kalsium dan fosfor dapat disimpan di bagian lain dari tubuh, seperti jantung dan pembuluh darah yang menyebabkan atherothrombosis (pembuluh darah menjadi kaku dan sempit), sehingga meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Saat ini ada obat untuk mengobati gangguan tulang dan mineral yang terkait dengan gagal ginjal. Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda untuk nasihat tentang obat-obatan yang paling tepat.

4- Memperkuat aktivitas fisik

Dokter atau pelatih yang bereputasi baik dapat memberi Anda saran tentang latihan yang tepat. Olahraga teratur membantu:

Turunkan Kolesterol;

Kendalikan gula darah Anda jika Anda menderita diabetes;

Menurunkan tekanan darah;

Berat badan turun;

Meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru;

Tingkatkan energi;

5-Berhenti merokok

Jika Anda merokok, tanyakan dokter Anda tentang proses untuk membantu Anda berhenti merokok. Merokok meningkatkan risiko kanker, penyakit jantung, dan banyak penyakit lainnya, menyebabkan sesak napas, tekanan darah tinggi. Tembakau adalah faktor risiko utama untuk serangan jantung dan stroke. Merokok dapat mencegah efek obat yang mengobati hipertensi. Hipertensi yang tidak terkontrol atau terkontrol adalah penyebab utama penyakit ginjal. Penghentian merokok aliran darah ke organ vital seperti ginjal dan penyakit ginjal jauh lebih buruk.

Namun, apakah diet sehat dan kebiasaan gaya hidup aktif cukup untuk mengobati penyakit ginjal kronis Anda? Silakan lihat bagian kedua untuk memahami 5 faktor penting lainnya dalam pengobatan penyakit ginjal berat.

Selain tips untuk mengobati penyakit ginjal termasuk kontrol diet dan gaya hidup sehat yang sudah Anda ketahui di atas, Anda perlu memperhatikan untuk mengendalikan penyakit yang dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Penyakit ginjal kronis seperti tekanan darah tinggi, diabetes, anemia. Bahkan mempertahankan semangat optimisme juga sangat berkontribusi dalam mendukung pengobatan penyakit ginjal yang efektif!

6-Tes penyakit ginjal lengkap

Pasien dengan insufisiensi ginjal perlu dialisis (sering disebut hemodialisis) sering. Anda harus melakukan beberapa tes darah, terutama setiap bulan, sehingga dokter Anda akan menentukan apakah jadwal dialisis Anda tepat. Tes pertama adalah Kt / V dan tes kedua adalah tes ureum darah (URR). Jika Anda dialisis, dialisis harus pada 1,2. Jika tes URR, indeks harus mencapai 65% atau lebih.

Jika hasil tes Anda terlalu rendah, penyebabnya mungkin dialisis itu tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jadi, tanyakan dokter atau perawat atau staf Anda untuk melakukan dialisis bagi Anda untuk memeriksa peralatan atau prosedur Anda. Alasan lain mungkin karena Anda memerlukan lebih banyak dialisis untuk membuang limbah.

7-Kontrol tekanan darah

Hipertensi juga bisa menjadi komplikasi penyakit ginjal. Tekanan darah yang tidak terkontrol dapat menyebabkan masalah kardiovaskular, seperti aterosklerosis dan hipertrofi jantung. Anda harus membatasi asupan air dan asupan garam untuk menjaga tekanan darah Anda tetap terkendali.

Tekanan darah standar untuk pasien dialisis di bawah 140/90 dan setelah dialisis kurang dari 130/80.

Dokter atau perawat Anda akan memeriksa apakah tekanan darah Anda pada tingkat standar. Jika Anda memeriksa tekanan darah Anda di rumah, Anda harus mencatat tekanan darah harian Anda dan berbicara dengan dokter Anda setiap kali Anda pergi. Jika indeks tekanan darah Anda tidak standar, tanyakan dokter Anda bagaimana mengontrol tekanan darah Anda.

Beberapa obat antihipertensi biasanya diberikan kepada orang dengan gagal ginjal yang disebut ACE inhibitor atau angiotensin receptor blocker (ARB). Namun, Anda perlu mengikuti saran dokter, minum obat resep, makan dengan benar dan berolahraga. Mempertahankan gaya hidup sehat akan sangat membantu untuk menjaga tekanan darah Anda pada tingkat optimal.

8-Pengobatan anemia

Pengobatan Anemia Kebanyakan orang dengan penyakit ginjal akan mengalami anemia. Ketika Anda memiliki penyakit ginjal, ginjal Anda tidak dapat menghasilkan cukup hormon eritropoietin (EPO). EPO mengontrol tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Dengan tidak adanya EPO, jumlah sel darah merah menurun, menyebabkan anemia.

Anemia dapat membuat seseorang merasa lelah, pucat, anoreksia, sulit tidur, sesak nafas dan jantung berdebar-debar. Seperti hipertensi, anemia juga dapat menyebabkan hipertrofi ventrikel kiri (kondisi otot ventrikel kiri – ruang pompa utama jantung menjadi lebih tebal). Penyebabnya adalah ventrikel kiri yang terlalu banyak bekerja. Pengobatan anemia akan membantu jantung Anda sehat.

Dokter Anda mendiagnosa Anda dengan anemia dengan mengukur konsentrasi hemoglobin Anda. Hemoglobin adalah bagian dari sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Selama perawatan dialisis, dokter Anda akan mengukur kadar hemoglobin Anda secara teratur untuk memeriksa anemia Anda.

Anemia dapat diobati dengan erythropoiesis (ESA). ESA bertindak sebagai hormon EPO alami yang membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Anda juga dapat mengobati anemia dengan mengonsumsi suplemen zat besi. Tubuh Anda membutuhkan zat besi untuk membuat sel darah merah, terutama jika Anda mengambil ESA. Tanpa zat besi yang cukup untuk tubuh, ESA tidak akan berfungsi.

Tujuan cara mengobati anemia adalah menjaga kadar hemoglobin Anda antara 11 dan 12. Anda harus benar-benar menyelidiki kondisi Anda dengan berbicara dengan dokter dan staf Anda tentang dialisis.

9-Kendalikan kadar glukosa darah jika Anda menderita diabetes

Diabetes, juga dikenal sebagai diabetes, terjadi ketika tubuh tidak menghasilkan insulin yang cukup atau tidak dapat menggunakan insulin dengan benar. Insulin adalah hormon yang mengontrol gula darah Anda. Kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan masalah di banyak bagian tubuh Anda. Diabetes adalah penyebab paling umum dari gagal ginjal.

Diabetes menyebabkan pembuluh darah kecil di dalam tubuh menjadi rusak, yang menyebabkan pengerasan arteri, peningkatan risiko serangan jantung dan stroke. Jika pembuluh darah di ginjal rusak, ginjal tidak akan bisa menyaring darah, dan air dan garam akan disimpan di dalam tubuh, yang mengakibatkan kenaikan berat badan dan edema pergelangan kaki. Akibatnya, protein muncul di urin dan limbah terakumulasi dalam darah.

Diabetes juga mempengaruhi sistem saraf, menyebabkan kesulitan dalam mengosongkan kandung kemih karena urine tidak hilang. Tekanan yang dihasilkan oleh kram kandung kemih akan menyebabkan urin untuk refluks ke ginjal dan menyebabkan kerusakan ginjal pada pasien yang belum menerima perawatan dialisis. Diabetes juga dapat mempengaruhi saraf di kaki, menyebabkan mati rasa dan rasa sakit, yang semuanya terkait dengan neuropati.

Periksa dengan dokter Anda secara teratur dan ikuti rencana perawatan diabetes Anda untuk menjaga kadar gula darah Anda terkendali.

10-Jaga semangat optimisme dan buat hidup lebih menyenangkan

Terkadang dalam hidup, Anda mungkin merasa tertekan, marah, atau kesal. Meskipun perasaan ini benar-benar normal, mereka mungkin menyulitkan rencana perawatan Anda. Emosi negatif juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung atau membuatnya lebih buruk. Anggota keluarga dan pasien harus memfasilitasi pasien untuk melakukan hal-hal yang mereka sukai dan merawat diri mereka sendiri dan mengunjungi mereka untuk membuat pasien senang dan optimis. Jika Anda depresi atau memiliki emosi negatif yang sering, Anda mungkin ingin mencari nasihat medis dari dokter Anda atau personel dialisis lainnya untuk saran, berbagi dan melihat jika Anda membutuhkannya. Harus menggunakan obat-obatan psikoaktif atau tidak.

Ini adalah 10 cara paling efektif untuk mengendalikan dan mengobati penyakit ginjal. Namun, tergantung pada kondisi orang dan jalannya pengobatan, penyakitnya bisa berkurang dengan cepat atau lambat. Penyebab utama penyakit ginjal adalah gaya hidup dan pola makan sehingga penting bagi anggota keluarga dan pasien untuk saling mendukung dalam kontrol dan pengobatan dan tetap pada jalurnya. Perawatan dan perawatan rejimen, nutrisi yang tepat.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.