Kiat Menyusun Diet Gagal Ginjal yang Sehat dan Menyenangkan

Apabila menderita penyakit gagal ginjal maka perlu mengetahui informasi mengenai diet gagal ginjal yang sesuai. Menjalankan diet yang tepat bisa membantu menormalkan fungsi ginjal secara alami meskipun perlahan. Diet yang dijalani memang bisa dikatakan cukup ketat sebab ada beberapa makanan yang diketahui bergizi. Namun memberi dampak buruk bagi kesehatan penderita gagal ginjal.

Menyusun Diet Sehat Pada Gagal Ginjal

Penyusunan program diet untuk gagal ginjal memang musti didampingi oleh dokter. Sebab sifat diet ini tidak mutlak, artinya bisa jadi tidak cocok untuk penderita gagal ginjal lain. Namun secara umum diet yang ideal dijalankan akan menjumpai beberapa makanan pantangan dan anjuran. Ketika dipatuhi maka efeknya akan baik bagi kesehatan ginjal.

Berikut merupakan detail informasi untuk menyusun diet gagal ginjal yang danjurkan untuk dilakukan:

 

  1. Mengkonsumsi Makanan yang Tepat

Meski tengah menjalani diet yang terbilang ketat namun bukan berarti semua makanan dipantang. Sebab dalam kondisi sakit sudah tentu tetap memerlukan asupan nutrisi yang mutlak berasal dari makanan. Bagi penderita gagal ginjal akan memperoleh beberapa jenis makanan yang dianjurkan, berikut detailnya.

 

  • Konsumsi Sayuran yang Tepat

Sayuran dikenal sebagai sumber makanan yang sehat namun terdapat sejumlah sayuran yang malah perlu dijauhi penderita gagal ginjal. Yakni sayuran yang mengandung potasium tinggi. Potasium ini akan memperberat kinerja ginjal dan bahkan bisa menumpuk sehingga berbahaya bagi penderita gagal ginjal.

Sayuran yang baik untuk dikonsumsi mulai dari brokoli, kembang kol, kubis, terong, wortel, selada, seledri, mentimun, bawang bombai, lada, lobak, dan zukini. Sedangkan untuk sayuran yang perlu dihindari adalah kentang, labu, alpukat, asparagus, dan tomat.

 

  • Mengkonsumsi Buah yang Tepat

Buah menjadi makanan penting dalam diet gagal ginjal namun perlu dipilih dengan cermat. Sebab beberapa buah mengandung potasium yang tinggi sehingga musti dihindari. Utamakan untuk mengkonsumsi buah dengan kadar potasium yang rendah dan pilihannya cukup beragam.

Dimulai dari buah berry, anggur, ceri, nanas, jeruk mandarin, dan juga buah semangka. Namun hati-hati dalam memilih jeruk dan usahakan lebih memilih jeruk mandarin atau menjauhi semua jeruk sama sekali. Hindari olahan berbahan jeruk karena bisa jadi mengandung bahan tambahan yang efeknya buruk bagi ginjal.

Buah yang kandungan potasiumnya tinggi pun baiknya dihindari dimulai dari kiwi, blewah, melon, kismis, dan juga aneka jenis buah yang dikeringkan.

  • Konsultasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Protein

Dokter biasanya akan menyarankan diet rendah protein pada pasien gagal ginjal, sebab asupan protein bisa meningkatkan tekanan pada ginjal. Namun pada beberapa kasus khususnya pasien yang menjalani cuci darah. Biasanya akan memerlukan asupan protein dalam jumlah lebih banyak, maka perlu dibicarakan dulu dengan dokter.

Bicarakan secara mendalam mengenai batasan jumlah protein yang baiknya dikonsumsi. Sehingga bisa menghitung porsi sumber protein dalam konsumsi harian.

 

  • Mengolah Makanan Secara Sehat

Menjalani diet yang sehat tidak hanya sebatas pada pemilihan bahan makanan yang sehat dan segar. Akan tetapi juga mencakup ke proses pengolahannya, jangan sampai diolah dengan keliru sehingga menjadi tidak sehat saat disantap. Misalnya menghilangkan lapisan lemak pada daging sebelum diolah.

Kemudian menggunakan wajan anti lengket saat memasak untuk mengurangi penggunaan minyak ataupun mentega. Pilihan sehat lainnya adalah mengganti minyak atau mentega dengan minya zaitun yang lebih sehat. Bisa pula mengurangi makanan yang diolah dengan digoreng, dan beralih ke makanan yang direbus, dikukus, atau dipanggang.

  1. Menghindari Daftar Makanan yang Dipantang

Daftar makanan yang dipantang memang tidak bisa dihindari dalam program diet gagal ginjal untuk membantu menjaga kesehatan. Detail makanan yang baiknya dihindari atau dijauhi sama sekali adalah sebagai berikut.

  • Mengatur Asupan Sodium

Sodium sering dikenal masyarakat sebagai garam, dan memang menjadi pantangan bagi penderita gagal ginjal. Dianjurkan untuk setiap kali memasak tidak menambahkan garam, awalnya memang terasa hambar. Namun perlahan lidah akan terbiasa dan dianjurkan memperbanyak jumlah rempah yang dipakai memasak.

 

Saat membeli makanan dalam kemasan utamakan makanan yang berlabel “bebas sodium”, “rendah garam”, maupun “tanpa garam tambahan”. Masih aman pula untuk mengkonsumsi makanan yang kandungan sodiumnya di bawah 100 mg per saji. Jauhi betul makanan yang diasinkan seperti keripik, biskuit asin, popcorn, dan lain-lain.

 

  • Membatasi Asupan Fosfor

Idealnya kadar fosfor di dalam darah tetap rendah ketika menderita penyakit gagal ginjal. Maka penting untuk membatasi asupan fosfor guna menunjang kinerja organ ginjal. Fosfor biasanya terdapat pada susu maupun olahannya maka penting untuk dihindari.

Namun di pasaran sudah tersedia produk olahan susu yang kadar fosfornya rendah, maka perlu membaca label kemasan secara teliti. Selain susu penderita gagal ginjal juga perlu menjauhi kacang-kacangan, biji-bijian, selai dari kacang-kacangan, sosis, sarden, jeroan, dan minuman ringan tinggi fosfor.

Konsultasikan dengan dokter mengenai perlu tidaknya mengkonsumsi suplemen fosfor. Sebab tubuh tetap memerlukan fosfor untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah masalah kesehatan pada tulang.

  • Menjauhi Makanan Tinggi Lemak

Makanan tinggi lemak pun perlu dijauhi ketika menjalankan diet gagal ginjal karena memperberat kinerja organ ginjal. Makanan tinggi lemak terdapat pada makanan yang digoreng dengan cara deep fry yakni digoreng sampai terendam minyak. Maka hindari masakan yang digoreng dan bisa memilih masakan yang ditumis, direbus, maupun dipanggang.

  1. Mengatur Asupan Cairan dengan Cermat

Penderita gagal ginjal tentunya juga perlu mencermati asupan cairan di dalam tubuh. Pasalnya ketika asupan cairan ini berlebihan malah memperberat kinerja ginjal. Efeknya pun bisa berbahaya, namun asupan cairan tetap penting untuk menunjang sistem di dalam tubuh itu sendiri. Berikut panduan diet cairan yang bisa diaplikasikan.

  • Solusi Mengatasi Rasa Haus

Pasien gagal ginjal memang dianjurkan untuk membatasi asupan cairan maka tidak dianjurkan minum terlalu sering. Lantas muncul pertanyaan, bagaimana mengatasi rasa haus? Terutama untuk pasien yang menjalani cuci darah karena kerap didera haus yang lebih parah.

Solusinya tentu saja menanyakan jumlah maksimal air minum yang bisa diminum per hari. Opsional lain adalah dengan membekukan jus buah agar bisa diminum perlahan sembari mengusir rasa haus lebih lama. Memastikan berada di tempat yang udaranya sejuk juga bisa menekan munculnya rasa haus.

  • Aman Tidaknya Minum Soda dan Alkohol

Minuman tertentu juga wajib dihindari, yakni minuman mengandung alkohol dan minuman bersoda. Soda mengandung sodium dan fosfor yang tinggi maka wajib untuk dihindari. Sedangkan pada minuman beralkohol berpotensi untuk merusak fungsi ginjal maka perlu menjauhinya sama sekali. Atau bisa pula dikonsultasikan dulu dengan dokter.

  • Asupan Cairan dari Jus Jeruk

Buah jeruk menjadi salah satu jenis buah dengan kadar potasium yang tinggi maka musti dihindari. Jika ingin meminumnya bisa menggunakan jeruk mandarin, dan dibuat sendiri untuk memastikan tidak ada bahan tambahan. Opsional lainnya adalah mengganti jus jeruk dengan jus buah lain, misal strawberry, anggur, dan apel.

 

  1. Mengkonsumsi Formula RenalCare Secara Rutin

Diet sehat untuk penderita gagal ginjal juga bisa dengan mengkonsumsi formula RenalCare. Yakni salah satu formula herbal yang menunjang program diet gagal ginjal yang dijalankan. Konsumsi secara rutin membantu menurunkan kadar kreatinin dan juga ureum sehingga membantu menormalkan fungsi ginjal.

Bahan herbal yang terkandung di dalamnya memberi hasil maksimal tanpa efek samping. Kinerjanya adalah memperbaiki sel rusak di organ ginjal supaya fungsinya kembali normal. Sehingga efektif mendampingi proses pemulihan gagal ginjal yang dialami. pemesanan maupun informasi lebih detail mengenai formula RenalCare bisa menghubungi kontak Customercare kami.

Bisa pula berkonsultasi dulu dengan konsultan kami baik untuk program diet maupun info produk. Yakni dengan menghubungi nomor 082320000832, layanan konsultasi online yang disediakan gratis dan bisa diakses 24 jam penuh. Maksimalkan program diet gagal ginjal yang dijalankan dengan asupan formula RenalCare untuk mempercepat pemulihan.

Hidup berkualitas meski menderita gagal ginjak sangatlah mungkin untuk dilakukan. Memperbesar kemungkinan tersebut bisa dengan menjalankan diet secara sehat dan seimbang. Panduan dan dampingan dari dokter maupun konsultan kesehatan sangat penting. Sehingga memaksimalkan proses diet gagal ginjal untuk meningkatkan kualitas hidup dan memperpanjang harapan hidup.

Related Posts