Ternyata Ini Komplikasi Penyakit Maag Jika Tidak Ditindak Lanjuti!

Penyakit maag atau dalam dunia medis disebut dengan gastritis atau dikenal juga dengan sebutan tukak lambung. Penyakit maag merupakan keadaan dimana terjadi peradangan di lambung karena infeksi yang diakibatkan oleh bakteri Helicobacter pylori dan juga diakibatkan oleh kadar asam pada lambung meningkat.

Akan tetapi stress, pola hidup yang tidak sehat, dan pola makan yang tak teratur juga dapat menjadi pemicu gejala penyakit maag. Akibat gejala penyakit maag ini fungsi lambung tidak akan senormal sebelumnya.

Pada dasarnya gejala penyakit maag ini terbagi dalam dua jenis, yakni gejala penyakit maag fungsional. Penyakit maag fungsional merupakaan keadaan dimana saluran pencernaan atas yang belum mengalami kelainan secara anatomis.

Yang kedua yakni gejala penyakit maag organik, yang berarti beberapa organ pencernaan atas seperti lambung dan kerongkongan sudah mengalami luka yang serius. Bahkan bukan hanya lambung dan kerongkongan, namun polip dan usus dua belas jari pun sudah mengalami hal yang sama.

Penyakit maag yang dibiarkan dan tidak diobati dengan segera, maka dapat menimbulkan komplikasi. Berikut adalah komplikasi dari penyakit maag:

  1. Perforasi yang dapat berakibat fatal

Perforasi adalah sobek atau terbelahnya dinding lambung. Komplikasi ini jarang terjadi. Perforasi bisa berkembang menjadi masalah darurat medis yang disebut dengan peritonitis. Peritonitis merupakan radang pada lapisan rongga perut akibat infeksi bakteri.

  1. Kanker lambung

Penyakit maag yang tidak di rawat dengan baik dapat berkembang menjadi kanker lambung yang sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian.

  1. Obstruksi lambung

Penyempitan atau obstruksi lambung merupakan kondisi ketika radang atau luka pada lambung telah membuat laju makanan di dalam sistem pencernaan menjadi terhalang.

  1. Esofagus barrett

Serupa dengan penyempitan esofagus, esofagus barrett disebabkan oleh paparan asam lambung di kerongkongan secara terus-menerus. Namun pada kasus ini, sel-sel yang terdapat di lapisan bagian bawah kerongkongan berubah menjadi sel kanker. Perubahan sel tersebut berisiko mengarah kepada kanker kerongkongan.

  1. Stenosis pilorus

Kondisi ini disebabkan oleh paparan asam lambung pada area pilorus (bagian antara lambung dan usus halus) dalam jangka panjang. Paparan menimbulkan jaringan parut dan mempersempit pilorus. Akibatnya makanan menjadi tidak tercerna dengan baik. Selain itu, muntah-muntah juga bisa dialami oleh penderita stenosis pilorus.

  1. Penyempitan esophagus

Penyempitan atau striktur esofagus bisa saja terjadi pada seseorang yang sering mengalami sakit maag akibat refluks asam. Asam lambung yang naik ke kerongkongan dapat menimbulkan jaringan parut di kerongkongan dan mempersempit saluran tersebut. Gejala yang bisa muncul berupa sulit menelan dan nyeri dada.

  1. Ulkus peptikum

Ulkus peptikum merupakan kondisi dimana terjadi luka dan kerusakan pada lapisan mukosa, submukosa sampai lapisan otot saluran cerna yang disebabkan oleh aktivitas pepsin dan asam lambung yang berlebihan.

Cara Mengatasi Penyakit Maag

Cara mengatasi penyakit maag bisa dengan tanpa menggunakan obat karena jika belum mencapai kronis atau pun akut penyakit maag masih bisa diatasi dengan cepat. Maka dari itu berikut cara mengatasi penyakit maag yang bisa di lakukan:

  1. Makan dengan teratur

Cara mengatasi penyakit maag yang mudah untuk di lakukan salah satu nya dengan makan teratur. Pola makan teratur akan menurunkan resiko naik nya asam lambung yang akan menyebabkan luka di dalam lambung semakin parah.

Oleh karena itu cara mengatasi penyakit maag yang mudah untuk di lakukan dengan menjaga waktu makan dengan baik, dan usahakan tidak melewatkan waktu makan agar tidak menyebabkan penyakit maag kambuh.

  1. Minum air putih

Minum air putih dengan jumlah yang cukup bukan hanya untuk mencegah dehidrasi saja, tetapi juga bisa untuk mengatasi maag. Cara mengatasi maag dengan memperbanyak minum air putih di bandingkan dengan sering minum minuman tidak sehat, seperti kopi, alkohol dan minuman soda tetapi sesekali minum jus buah juga baik di lakukan untuk menutrisi lambung.

  1. Mengatur pola makan

Maag yang anda derita tidak akan hilang jika anda tidak memiliki pola makan yang baik. Usahakanlah ketika jam makan, anda harus makan. Ada juga bisa memberlakukan pola makan sedikit tapi sering. Hal itu akan membantu anda dalam menjaga lambung anda yang terkena maag. Maag akan bisa kambuh jika seseorang lupa makan dan memiliki pola makan yang serampangan.

Oleh sebab itulah anda harus memperbaiki pola makan jika ingin mengobati sakit maag secara tuntas. Semua obat tidak akan manjur jika anda tidak memiliki pola makan yang baik dan teratur.

[vc_cta h2=”Apa Itu ElderlyCare?” add_button=”bottom” btn_title=”Klik untuk Lihat Produk!” btn_style=”flat” btn_shape=”square” btn_color=”warning” btn_size=”lg” btn_align=”center” btn_button_block=”true” btn_link=”url:http%3A%2F%2Fwww.autoimuncare.com%2FElderlyCare%2F|||”]Elderlycare adalah Produk PT. Autoimun Care Indonesia yang merupakan Formula Organik yang diciptakan khusus untuk membantu menyembuhkan penyakit Maag, membantu mengatasi Gangguan pada Sistem Pencernaan, dan membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Elderlycare ini di Produksi dengan teknologi canggih Nanotechnology yang dapat menjaga kesehatan dan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan tubuh serta membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.[/vc_cta]

Related Posts