Makanan Untuk Penyakit Tuberkulosis Paru Yang Dianjurkan!

Tuberkulosis adalah penyakit saluran nafas yang disebabkan oleh mycobacterium, yang berkembang biak di dalam bagian tubuh dimana terdapat banyak aliran darah dan oksigen. Infeksi bakteri ini biasanya menyebar melewati pembuluh darah dan kelenjar getah bening.

Tetapi secara utama menyerang paru-paru. Bakteri TB membunuh jaringan dari organ yang terinfeksi dan membuatnya sebagai kondisi yang mengancam nyawa jika tidak dilakukan terapi.

Gejala Penyakit Tuberkulosis

Saat masa inkubasi TBC, penderita biasanya tidak menunjukkan gejala apapun dan penyakit belum menular. Ketika tuberkulosis sudah berkembang, gejala-gejala pun mulai terlihat.

Tergantung pada organ mana yang diserang, gejala TBC bisa berupa batuk yang berlangsung 2 minggu atau lebih, dahak atau batuk darah, sesak napas, demam atau meriang, berkeringat di malam hari tanpa ada aktivitas fisik, penurunan berat badan, kehilangan nafsu makan, lelah dan lemah.

Gejala TBC seperti di atas bisa jadi disebabkan oleh penyakit lain yang berhubungan dengan paru-paru. Masih ada gejala-gejala lain yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang gejala tertentu, segera konsultasikan pada dokter.

Gejala-gejala TBC paru dimulai secara bertahap selama periode mingguan atau bulanan. Pada awalnya Anda mungkin mengalami satu atau dua gejala ringan yang bahkan membuat tidak sadar bahwa Anda tengah memiliki penyakit TBC.

Lebih lanjut, berikut 7 gejala khas penyakit TBC paru: Batuk yang berlangsung lama, rata-rata di atas 3 minggu. Batuk berdahak tebal, keruh, dan kadang-kadang berdarah. Demam ringan terkadang menggigil. Keringat malam. Kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan. Sesak napas dan nyeri dada. Kelelahan dan kelemahan.

Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter. selain melakukan pemeriksaan fisik dan wawancara medis, dokter juga akan melakukan serangkaian pemeriksaan penunjang apakah Anda benar-benar terkena penyakit TBC.

Makanan yang baik untuk penderita tuberkulosis, diantaranya:

  1. Makanan Protein

Sel sel rusak pada paru yang di alami penderita Tuberkulosis bisa di bantu pemulihan sel sel nya dengan cara memberikan makanan yang tinggi akan protein, anda bisa mendapatkan protein secara alami dari makanan seperti:

– Telur

– Daging sapi

– Ikan tuna

– Daging ayam

– Susu

– Ikan air tawar

– Teripang

– Ikan salmon.

Selain dengan memberikan protein penderita juga sangat di anjurkan untuk di berikan makanan yang berkalori cukup serta juga di imbangi dengan sayuran yang baik.

  1. Madu

Madu sebagai salah satu pertolongan pertama dalam mengatasi penyakit Tuberkulosis,dan hal ini mendorong penelitian mengenai manfaat madu untuk penderita Tuberkulosis dan hasilnya juga menunjukan bahwa madu murni sangat baik untuk penderita Tuberkulosis.

  1. Buah

Buah menjadi salah satu asupan yang wajib untuk penderita Tuberkulosis hal ini karena kandungan buah yang dapat membantu membunuh bakteri penginfeksi paru-paru,buah yang baik untuk penderita Tuberkulosis seperti:

– Buah aprikot

– Buah pepaya

– Buah naga

– Buah delima

– Buah alpukat

– Buah Jeruk

– Buah Apel

– Tomat.

Dan juga pastikan lah makanan yang di berikan pada pasien penderita penyakit Tuberkulosis itu matang sempurna, karena pemberian makanan yang tidak matang di takutkan mengandung bakteri yang dapat memperparah penyakit Tuberkulosis ini.

  1. Sayur

Dan untuk melengkapi kesemua nutrisi penderita Tuberkulosis sangat penting untuk diberikan, Semua jenis sayur sangatlah bagus untuk penderita Tuberkulosis namun untuk membantu pemulihan sekaligus pengobatan penderita Tuberkulosis dapat memberikan sayuran seperti berikut ini:

– Wortel

– Bayam

– Ubi jalar

– Sayuran berdaun hiojau

– Kacang kacangan

– Kubis

– Kol

– Brokoli

– Asparagus.

Pilahlah sayur yang berwana hijau, daun hijau menandakan sayuran tersebut kaya akan antioksidan yang baik untuk paru-paru.

  1. Rempah Rempah

Dan yang selanjutnya adalah rempah rempah yang bagus untuk diberikan pada penderita Tuberkulosis diantaranya:

– Bawang putih

– Bawang merah

– Jahe

– Kunyit

– Licorice

– Daun mint

– Rosemary.

Pilihlah rempah yang memiliki manfaat sebagai anti radang, dimana sifat anti radang nya mampu memberikan manfaat mengatasi peradangan pada paru-paru akibat Tuberkulosis.

[vc_cta h2=”Apa Itu Pulmohealer?” add_button=”bottom” btn_title=”Klik untuk Lihat Produk!” btn_style=”flat” btn_shape=”square” btn_color=”warning” btn_size=”lg” btn_align=”center” btn_button_block=”true” btn_link=”url:http%3A%2F%2Fwww.autoimuncare.com%2FPulmohealer%2F|||”]Pulmohealer adalah produk dari PT. Autoimuncare Indonesia ( PT. AICI ) yang khusus mengatasi berbagai penyakit paru-paru. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama 15 tahun membuat Pulmohealer banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

Pulmohealer bereaksi cepat, dijamin aman, dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya bagi Tubuh Anda.[/vc_cta]

Related Posts