Mengatasi Nyeri Batu Ginjal

Penderita batu ginjal tentunya akan didera rasa nyeri secara berulang maka perlu mengatasi nyeri batu ginjal terebut dengan benar. Batu ginjal ternyata tidak hanya mengganggu kenyamanan penderitanya untuk berkemih. Sebab pasien penyakit ini kerap sekali mengeluhkan rasa nyeri yang mendadak hilang timbul secara berulang.

 

Rasa nyeri ini tentunya bisa mengganggu kenyamanan pasien sehingga tidak bisa menjalankan aktifitasnya dengan baik. Meskipun rasa nyeri ini normal dialami, yakni muncul di area panggul namun usahakan tidak didiamkan begitu saja. Bisa jadi rasa nyeri semakin parah karena menunjukan kondisi batu ginjal yang mengalami peningkatan kondisi ke kronis.

( Baca Juga : Makanan Untuk Penyakit Ginjal )

Tips Meredakan Atau Mengatasi Nyeri Batu Ginjal

 

Apabila rasa nyeri ini dialami berulang maka bisa mencoba beberapa cara mengatasi nyeri batu ginjal secara mandiri. Asalkan baru dirasakan selama sehari atau beberapa hari maka penanganan mandiri di bawah ini bisa dilakukan:

 

  1. Meningkatkan konsumsi air putih,

Rasa nyeri yang dialami oleh penderita batu ginjal memang akan muncul mendadak, kadang tidak tertahankan. Pada saat nyeri semacam ini menyerang maka usahakan untuk rileks misalnya dengan duduk dulu atau tiduran. Hentikan dulu aktifitas yang dilakukan untuk membantu meredakan rasa nyeri tersebut. Tunggu selama beberapa detik atau sekitar 10 menit.

 

Namun dengan memilih beristirahat sejenak tidak juga menghentikan rasa nyeri yang dialami. Maka dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih dulu, mengapa? Sebab penderita batu ginjal kerap didera rasa nyeri karena tubuhnya mengalami kondisi dehidrasi baik ringan maupun yang berat. Maka dianjurkan untuk minum air putih terlebih dahulu, gunakan gelas kecil.

 

Tunggu beberapa saat baru kemudian minum lagi, dan ditunggu lagi sampai beberaap detik. Sebab besar kemungkinan ketika air sudah masuk ke dalam tubuh maka nyeri yang tadinya dialami akan reda. Pertimbangkan untuk segera beristirahat, sehingga membantu mengurangi rasa nyeri tersebut dengan lebih optimal.

 

  1. Dikompres dulu dengan air hangat,

Memberikan kompres hangat pada area tubuh yang terasa sakit juga menjadi bagian penting dalam mengatasi nyeri batu ginjal. Maka bisa dicoba, jika di rumah memiliki bantalan hangat maka bisa diisi air panas. Kemudian dikompreskan ke area tubuh yang nyeri tadi, kompres selama beberapa detik, angkat sebentar, lalu kompres lagi secara berulang-ulang.

 

Memberi sentuhan hangat atau panas di tubuh membantu mengalihkan perhatian tubuh itu sendiri. Sehingga terbilang meredakan nyeri batu ginjal dengan cepat, sebab tubuh mendapatkan stimulus pengalih perhatian dari panas tadi. Selain itu tindakan mengompres area yang nyeri dengan air hangat juga membantu melemaskan otot yang nyeri.

 

Otot yang mulai melemas karena tegang saat didera rasa nyeri nantinya secara perlahan akan mengendur. Sensasi nyeri yang menyerang secara tiba-tiba dan tidak tertahankan bisa diatasi dengan mudah melalui tindakan sederhana ini. Apabila tidak memiliki bantalan hangat maka bisa diganti dengan mengisi botol wadah air dengan air panas lalu dipakai mengompres.

 

  1. Minta bantuan orang terdekat untuk memijat punggung,

Sakit yang diderita tentu akan lebih terasa ringan manakala meminta bantuan dari orang terkasih, missal pasangan atau keluarga sendiri. Ketika diserang oleh rasa nyeri akibat batu ginjal yang diderita maka bisa meminta orang terkasih untuk memijat area punggung. Opsional lainnya adalah meminta untuk menekankan telapak tangan atau jari jempol ke area yang terasa nyeri.

 

Pijatan dan tekanan di satu titik mampu menetralisis rasa nyeri sehingga menjadi solusi mengatasi nyeri batu ginjal yang menarik untuk dicoba. Mintalah untuk memberikan pijatan yang ringan supaya tidak berdampak buruk pada kesehatan penderita batu ginjal. Lewat tindakan ini pula orang terkasih akan merasa berguna bagi penderita batu ginjal, hubungan pun semakin membaik.

 

  1. Tunjukan rasa nyeri yang dialami dengan berteriak,

Rupanya dengan mengekspresikan rasa sakit yang dialami terbukti efektif meredakan sakit tersebut meski hanya sesaat. Ekspresi yang dimaksudkan disini adalah dengan memilih berteriak atau mungkin menangis. Pasalnya nyeri yang dialami penderita batu ginjal memang terasa menyakitkan.

 

Tidak sedikit pria yang menderita penyakit ini mengatakan nyeri yang dialami adalah rasa nyeri terparah disbanding nyeri yang disebabkan oleh hal lain. Sedangkan pada wanita yang sempat menderita batu ginjal malahan bertutur rasa nyeri yang dialami mengalahkan sakit sewaktu proses persalinan. Tentu dapat dibayangkan bagaimana rasa sakitnya ketika nyeri batu ginjal mendera.

 

Membantu mengurangi atau mengatasi nyeri batu ginjal tersebut maka bisa melakukan beberapa tindakan sederhana. Salah satunya adalah dengan menjerit atau menangis, tidak perlu merasa malu sebab rasa sakitnya memang tidak tertahankan. Bahkan menjadi hal normal ketika merasa sakit lalu mengekspresikannya.

 

  1. Konsumsi obat yang memiliki efek meredakan inflamasi,

Penderita batu ginjal tentunya akan dibekali resep beberapa jenis obat oleh dokter, dan biasanya mengandung ibuprofen. Kandungan ini memiliki efek meredakan inflamasi sehingga baik untuk meredakan rasa nyeri yang muncul mendadak pada penderita batu ginjal. Jadi saat menerima resep dokter ketahui obat mana saja yang sebaiknya diminum saat mengalami rasa nyeri.

 

Sebenarnya di berbagai apotek juga tersedia beberapa merek obat dengan kandungan ibuprofen sehingga bisa dibeli secara mandiri. Hanya saja dosis konsumsinya perlu memperhatikan aturan pakai dalam kemasan obat tersebut. Mengingat obat anti inflamasi semacam ini tidak baik untu dikonsumsi jangka Panjang sekaligus tidak dianjurkan untuk wanita hamil.

 

Jadi konsumsi obat dari apotek sebagai tindakan akhir, dan dahulukan untuk mengkonsumsi obat yang dibekalkan oleh dokter pribadi. Tujuannya untuk menghindari berbagai efek negative yang  tidak diinginkan seperti komplikasi. Sekaligus mencegah ketergantungan sehingga nyeri sesaat hilang namun terus berulang karena tidak mendapat penanganan yang sesuai.

 

Rasa nyeri yang menyerang pasien batu ginjal memang bisa dating mendadak, durasinya bisa hanya beberapa menit namun bisa pula bertahan berjam-jam. Rasa sakit ini sebaiknya segera ditanggulangi, bisa dengan melakukan beberapa perawatan pribadi di atas. Apabila rasa nyerinya tidak kunjung reda dan intensitasnya terus meningkat sebaiknya segera bertemu dokter.

( Baca Juga : Cara Mencegah Penyakit Ginjal )

Meminimalkan Serangan Nyeri Batu Ginjal

 

Tindakan yang dijelaskan di atas mengarah pada proses mengatasi nyeri batu ginjal yang bisa datang kapan saja. Selain memahami tata cara meredakan rasa nyeri tersebut, pasien yang menderita batu ginjal sebaiknya juga paham kiat meminimalisir datangnya nyeri ini. Diantaranya adalah:

 

  • Usahakan rutin minum air lebih banyak untuk meningkatkan intensitas berkemih sebab batu ginjal akan ikut keluar perlahan Bersama cairan urin.
  • Ikuti semua anjuran maupun larangan dari dokter sehingga membantu proses penyembuhan batu ginjal dengan maksimal.
  • Tetap rutin mengkonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter.
  • Mengenal dan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang baik untuk penderita batu ginjal.

 

Batu ginjal termasuk jenis penyakit yang bisa disembuhkan, sehingga rasa sakit yang dialami nantinya bisa reda. Namun untuk hasil ini pastikan menjalankan gaya hidup sehat, ketika nyeri menyerang lakukan beberapa tindakan di atas sebagai solusi mengatasi nyeri batu ginjal yang dialami.

 

( Baca Juga : Pantangan Makanan Penyakit Ginjal )

Related Posts