Bagaimana Cara Mengatasi Penyakit Maag Yang Kambuh?

Pengertian penyakit maag adalah kata lain dari penyakit luka pada lambung. Ini disebabkan karena produksi asam lambung yang meningkat.

Pada saat saat tertentu lambung menghasilkan zat asam yang secara khusus diperlukan untuk membantu proses pencernaan pada lambung tersebut,namun bila asupan zat makanan yang masuk ke lambung tidak sesuai atau tidak teratur maka zat asam ini akan mengendap pada dinding lambung hingga menyebabkan radang dan itulah yang menyebabkan proses terjadinya penyakit maag.

Produksi asam lambung yang terus menerus tanpa adanya zat yang dicerna akan membuat proses peradangan kian akut. Adakalanya seorang penderita maag akan merasakan mual bahkan muntah. Ini sebagai reaksi dari peningkatan zat asam pada lambung.

Penyebab Penyakit Maag

Penyebab penyakit maag, biasanya terjadi karena penderita makannya tidak teratur, terdapat mikroorganisme yang merugikan, mengonsumsi obat-obatan tertentu,atau sebab-sebab lainnya seperti mengonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan stress.

Maag juga bisa terjadi apabila si penderita telat makan, kemudian sewaktu makan si penderita maag makan dengan porsi yang terlalu banyak. Bagi penderita maag yang sudah parah, penyakit maag tersebut sangat berbahaya sekali dan dapat menyebabkan kematian.

Selain karena penyebab diatas penyakit maag juga bisa disebabkan karena ada peran organisme renik yaitu bakteri Helicobacter pylori sebagai penyebab lain dari sakit maag, bakteri ini mempunyai sifat luar biasa.

Jika bakteri lain mati pada suasana asam dalam lambung, Helicobacter pylori mampu bertahan hidup bahkan berkembang biak, Kuman Helicobacter pylori dapat mengiritasi dinding lambung, sehingga menimbulkan peradangan dan luka (ulkus). Akibat dinding lambung mengalami perlukaan, penderita akan merasakan perih di bagian ulu hati.

Gejala Penyakit Maag

Inilah gejala penyakit maag yang sering keluar, antara lain:

  • Perasaan Sakit di Perut dan Dada (sama seperti GERD)
  • Muncul terasa nyeri setelah makan (disebabkan oleh kurang maksimalnya kerja lambung)
  • Penurunan Nafsu Makan (dapat menyebabkan, wajah pucat, sering pusing, dan keringat dingin)
  • Perut Kembung (disebabkan oleh banyaknya gas yang ada dalam lambung atau perut)
  • Mual dan Muntah (salah satu ciri yang paling khas oleh penderita penyakit penyakit yang berhubungan dengan asam lambung)
  • Sering Bersendawa (disebabkanoleh gas asam lambung yang berlebih dalam perut).

Mengatasi Penyakit Maag Yang Kambuh

Sekali anda terkena sakit maag, kemungkinan untuk terserang lagi sangat besar. Oleh karena itu, anda perlu melakukan upaya-upaya pencegahan sakit maag yang meliputi:

  1. Makan lebih sering dalam porsi kecil

Orang yang memiliki kecenderungan sakit maag dianjurkan untuk makan sedikit-sedikit dalam porsi kecil tetapi dalam frekuensi yang cukup sering yaitu 2-3 jam sekali. Hal ini bertujuan agar asam lambung yang dikeluarkan tidak langsung dalam jumlah yang besar.

Anda dapat makan roti atau snack di sela-sela jam makan pagi dan jam makan siang anda, begitu juga di sela-sela antara makan siang dengan makan malam.

Tidak dianjurkan untuk makan dalam porsi besar untuk sekali makan karena hal tersebut dapat menyebabkan asam lambung juga diproduksi dalam jumah besar sehingga dapat mengiritasi lambung.

  1. Menjaga kebersihan makanan

Selalu mencuci tangan sebelum makan dan memastikan kebersihan makanan dapat mengurangi risiko terkena penyakit maag akibat infeksi bakteri. Pastikan juga bahwa makanan yang anda santap dalam kondisi matang.

  1. Membatasi makan makanan yang terlalu pedas dan asam

Membatasi makan pedas dan asam dapat meredam peningkatan asam lambung yang berlebihan. Hal ini dapat mencegah asam lambung merusak lapisan dinding lambung dan tukak lambung.

  1. Menjaga kesehatan psikis

Kesehatan psikis atau pikiran dan perasaan juga sangat penting untuk dijaga. Hal ini perlu diperhatikan agar kondisi stress yang buruk tidak memicu kenaikan asam lambung.

  1. Segera periksakan diri ke dokter jika mengalami satu atau lebih gejala sakit maag untuk penanganan lebih lanjut yang tepat

Penyebab sakit maag harus diketahui secara pasti agar penanganan sakit maag dapat dilakukan dengan tepat. Dokter mungkin menyarankan anda untuk melakukan endokospi agar dapat mengetahui kondisi dinding lambung anda. Endoskopi adalah pemeriksaan lambung dengan cara memasukkan alat dengan kamera kecil ke dalam lambung melalui mulut.

Anda dapat melihat langsung kondisi di dalam lambung anda melalui layar monitor yang tersambung. Hal ini sekaligus dilakukan untuk mengambil spesimen lambung anda untuk diperiksa apakah ada infeksi yang menyertai sakit maag yang anda rasakan.

[vc_cta h2=”Apa Itu ElderlyCare?” add_button=”bottom” btn_title=”Klik untuk Lihat Produk!” btn_style=”flat” btn_shape=”square” btn_color=”warning” btn_size=”lg” btn_align=”center” btn_button_block=”true” btn_link=”url:http%3A%2F%2Fwww.autoimuncare.com%2FElderlyCare%2F|||”]Elderlycare adalah Produk PT. Autoimun Care Indonesia yang merupakan Formula Organik yang diciptakan khusus untuk membantu menyembuhkan penyakit Maag, membantu mengatasi Gangguan pada Sistem Pencernaan, dan membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Elderlycare ini di Produksi dengan teknologi canggih Nanotechnology yang dapat menjaga kesehatan dan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan tubuh serta membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.[/vc_cta]

Related Posts