Pengertian Penyakit Maag

Dalam bahasa ilmiah maag disebut juga dengan Gasitris yaitu suatu penyakit yang menimpa lambung dan memberikan efek kurang berfungsinya lambung secara maksimal dalam melakukan tuganya mencerna makanan.

Jika penyakit maag menimpa seseorang maka penderita sakit maag akan merasakan sakit pada bagian perut, perih dan juga perasaan mulas, sakit ini dikarenakan pada area sekitar lambung mengalami peradangan dan terjadinya luka.

Sebagian besar penderita penyakit maag baik maag kronis ataupun maag akut saat ini disebabkan oleh adanya faktor psikis seperti stress, merasakan cemas berlebihan atau pola makan yang kurang sehat dan tidak teratur, mengkonsumsi makanan pedas atau bahkan merokok.

Jika penyakit maag menyerang tubuh maka penderita harus memeriksakan diri ke dokter atau puskesmas terdekat untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut.

Penyebab Penyakit Maag

Berikut ini adalah faktor penyebab terjadinya maag, antara lain:

  1. Efek samping obat obatan

Yang dapat juga bisa menjadi faktor penyebab penyakit maag yaitu karena efek samping obat kimia. Sebenarnya menggunakan obat kimia tidak terlalu baik untuk tubuh tetapi karena kelebihannya bisa cepat mengatasi gangguan kesehatan atau pun penyakit sehingga obat kimia ini sering di gunakan.

Tetapi apabila penyakit ringan saja sebaiknya gunakan obat herbal saja karena obat kimia bisa memberikan efek samping penyakit atau gangguan kesehatan tubuh. Salah satu efek samping yang bisa di dapatkan jika menggunakan obat kimia yaitu penyakit maag terutama obat aspirin, oleh sebab itu faktor penyebab penyakit maag karena efek samping obat.

  1. Kafein

Jika tidak ingin memiliki luka pada lambung sebaiknya tidak terlalu banyak makan coklat atau pun kopi, sebab coklat dan kopi memiliki kandungan kafein di dalamnya yang bisa menyebabkan penyakit maag atau naiknya asam lambung. Maka dari itu faktor penyebab penyakit maag bisa dikarenakan sering mengkonsumsi kafein.

  1. Telat makan

Faktor penyebab penyakit maag bisa dari pola makan yang tidak teratur, atau sering telat makan. Karena telat makan bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada lambung yang jika sering terulang bisa memicu munculnya tukak lambung atau pun penyakit maag.

Maka dari penting sekali menjalani pola makan yang teratur agar tidak akan ada gangguan kesehatan tubuh seperti maag yang akan terjadi.

  1. Infeksi bakteri

Faktor penyebab penyakit maag bisa dari luar tubuh, sebab dari bakteri yang masuk ke lambung. Bakteri hidup dimana mana termasuk di lingkungan hidup, dan bisa masuk ke dalam tubuh untuk menimbulkan suatu penyakit apabila bakteri menginfeksi tubuh.

Salah satu gangguan kesehatan yang bisa terjadi yakni penyakit maag, jika bakteri masuk ke dalam lambung. Masuknya bakteri ke dalam lambung bisa dari makanan dan juga di dukung oleh daya tahan tubuh yang lemah, maka dari itu tidak sedikit orang yang menderita penyakit maag karena rentan di infeksi oleh bakteri yang ada disekitar.

Gejala Penyakit Maag

  1. Sendawa

Tanda tanda penyakit maag adalah mengeluarkan sendawa atau berdahak dengan sering. Hal ini di alami oleh siapa saja, dari usia muda hingga tua. Tapi sering kali bersendawa sering di artikan sebagai ciri ciri penyakit masuk angin yang ingin menyerang tubuh. Dan ternyata penyakit maag juga bisa mengalaminya.

  1. Bau mulut

Penyebab bau mulut sangat beraneka ragam, ada yang di akibatkan oleh makanan seperti petai, jengkol, daging merah dan durian.

Dan alkohol, kopi, merokok, berpuasa dan jarang menyikat gigi, penyakit amandel, serta tidak terkena nasi merupakan pemicunya juga. Menimbulkan rasa tidak pede saat berbicara itu pasti. Makannya solusi yang paling tepat adalah dengan menggunakan daun mint yang dikunyah langsung tapi sebelumnya di bersihkan. Bau mulut juga termasuk bagian dari tanda tanda penyakit maag.

  1. Muntah

Siapa pun pernah muntah, di mana di dalam isi perutnya yang terdapat banyak jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi akan di keluarkan kembali dan di muntahkan. Tanda tanda penyakit maag ini juga bisa mengalaminya, yang bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas.

Masalah seperti ini memang tak obatnya dan lebih baik meminum air putih hangat atau beristirahat dengan cukup. Bagi yang memiliki riwayat penyakit maag, otomatis akan mengalami kondisi yang telah di jelaskan di atas.

Apabila kemuntahan yang terjadi secara terus menerus dan tak kunjung sembuh dapat mengkonsultasikan pada dokter yang nantinya di tangani dengan cara yang tepat.

  1. Sakit sampai ke ulu hati

Merasakan hal sampai ke ulu hati ini dapat terjadi bila kita mengalami tanda tanda penyakit maag. Penyakit ini merupakan penyakit yang memiliki resiko tinggi dan harus di obati dengan baik.

Jangan pernah membiarkan penyakit ini terlalu lama, karena bisa berefek buruk bagi kesehatan. Semua orang bisa mengalaminya, baik anak anak maupun orang dewasa. Masih banyak gejala yang terjadi pada penderita maag akut ini dan akan kami jelaskan pada penjabaran yang tertera berikutnya.

[vc_cta h2=”Apa Itu ElderlyCare?” add_button=”bottom” btn_title=”Klik untuk Lihat Produk!” btn_style=”flat” btn_shape=”square” btn_color=”warning” btn_size=”lg” btn_align=”center” btn_button_block=”true” btn_link=”url:http%3A%2F%2Fwww.autoimuncare.com%2FElderlyCare%2F|||”]Elderlycare adalah Produk PT. Autoimun Care Indonesia yang merupakan Formula Organik yang diciptakan khusus untuk membantu menyembuhkan penyakit Maag, membantu mengatasi Gangguan pada Sistem Pencernaan, dan membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Elderlycare ini di Produksi dengan teknologi canggih Nanotechnology yang dapat menjaga kesehatan dan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan tubuh serta membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.[/vc_cta]

Related Posts