Pengobatan Herbal Penyakit Menular Tuberkulosis Itu Apa?

Tuberkulosis merupakan salah satu penyakit menular yang berpotensi menjadi serius dan dapat mempengaruhi kesehatan paru paru. Penyebab dari tuberkulosis adalah bakteri yang dapat menular dari satu orang ke orang lainnya lewat udara melalui bersin dan batuk.

Dewasa ini penyakit tuberkulosis jarang terjadi di negara maju, akan tetapi infeksi dari tuberkulosis mulai meningkat sejak tahun 1985, karena munculnya virus HIV yang dapat menyebabkan penyakit aids. Virus hiv dapat melemahkan sistem imunitas (kekebalan) tubuh sehingga tidak dapat melawan bakteri penyebab tuberkulosis.

Seorang penderita tuberkulosis harus mengkonsumsi beberapa jenis obat tuberkulosis yang diberikan oleh dokter selama berbulan bulan guna membunuh bakteri penyebab infeksi dan untuk mencegah perkembangan resistensi antibiotik.

Seorang yang terinfeksi bakteri tidak serta merta langsung menderita penyakit tuberkulosis, hal ini dikarenakan tubuh manusia memiliki sistem kekebalan tubuh yang dapat mencegahnya. Oleh karena itu dunia medis membagi 2 jenis tuberkulosis, yaitu:

  • Tuberkulosis aktif. Merupakan suatu kondisi dimana tubuh anda menjadi sakit dan dapat menyebar atau menular. Gejala yang terjadi dapat terlihat hanya dalam beberapa minggu pertama sejak terinfeksi bakteri tuberkolosis, atau dapat terjadi 1 tahun kedepan
  • Tuberkulosis laten. Merupakan suatu kondisi dimana tubuh terinfeksi bakteri tuberkulosis namun bakteri tersebut dalam keadaan tidak aktif dan tidak memberikan gejala atau tanda tanda.

Tuberkulosis laten dapat menjadi tuberkulosis aktif, sehingga pengobatan yang baik dan rutin sangat penting bagi seorang penderita tuberkulosis laten, agar penyebaran tuberkulosis dapat terkendali. Diperkirakan terdapat sekitar 2 miliar orang didunia yang mengidap penyakit tuberkulosis laten.

Penyebab Penyakit Tuberkulosis

  • Kekurangan Gizi
  • Sering menghirup udara yang terinfeksi tuberkulosis
  • Lingkungan yang buruk.

Karena jika kita tidak memiliki tubuh yang sehat karena kurangnya gizi yang kita konsumsi sehingga menyebabkan turunnya sistem kekebalan tubuh yang berpengaruh pada kuman tuberkulosis yang tadinya tertidur menjadi Kuman tuberkulosis yang aktif.

Karena kita sering menghirup udara yang telah terinfeksi tuberkulosis dan didalam tubuh kita tidak ada perlindungan untuk menangkal kuman tersebut, hingga kita terserang penyakit tuberkulosis.

Gejala Penyakit Tuberkulosis

  • Batuk Berdarah
  • Mengalami penurunan berat badan
  • Mudah merasa lelah
  • Demam tinggi
  • Batuk yang tak kunjung berhenti selama tiga minggu bahkan lebih
  • Terasa nyeri pada bagian dada, atau rasa sakit pada saat bernapas atau batuk
  • Keringat dingin di malam hari
  • Menggigil
  • Nafsu makan menjadi hilang.

Penyakit tuberkolosis dapat mempengaruhi fungsi organ tubuh lainnya seperti tulang belakang, ginjal ataupun otak. Ketika terjadi di luar organ paru paru maka tanda dan gejala bervariasi sesuai dengan organ tubuh yang terkena.

Apabila tuberkolosis terjadi pada tulang belakang maka dapat menyebabkan gejala rasa nyeri pada punggung, dan tuberkolosis yang terjadi pada ginjal dapat mengakibatkan adanya darah pada urin Anda.

Kompliasi Penyakit Tuberkulosis

  1. Kerusakan tulang dan sendi

Nyeri tulang punggung dan kerusakan sendi bisa terjadi ketika infeksi kuman tuberkulosis menyebar dari paru-paru ke jaringan tulang. Dalam banyak kasus, tulang iga juga bisa terinfeksi dan memicu nyeri di bagian tersebut.

  1. Kerusakan hati dan ginjal

Hati dan ginjal membantu menyaring pengotor yang ada adi aliran darah. Fungsi ini akan mengalami kegagalan apabila kedua organ tersebut terinfeksi oleh kuman tuberkulosis.

  1. Kerusakan otak

Kuman tuberkulosis yang menyebar hingga ke otak bisa menyebabkan meningitis atau peradangan pada selaput otak. Radang tersebut memicu pembengkakan pada membran yang menyelimuti otak dan seringkali berakibat fatal atau mematikan.

Pengobatan Herbal Penyakit Menular Tuberkulosis

  1. Minum Jus Nanas

Jus nanas sangat efektif dalam mengobati tuberkulosis. Jus nanas membantu untuk mengurangi pembentukan lendir dan memberikan pemulihan lebih cepat.

Cara Membuat:

  • Minum jus segar nanas setiap hari
  • Atau, siapkan 15-30 gr daun nanas direbus dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas disaring, airnya diminum 2x sehari.
  1. Lempuyang Wangi

Cara meramu, siapkan akar rimpang lempuyang wangi 1 genggam di cuci bersih dan dipotong-potong lalu direbus dengan air bersih 5 gelas hingga tinggal setengahnya. Didinginkan dan disaring. Diminum 2 kali sehari ¾ gelas.

  1. Pisang

Pisang merupakan sumber yang kaya nutrisi yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari orang yang terinfeksi tuberkulosis. Pisang membantu mengurangi demam dan batuk disebabkan karena tuberkulosis.

Cara Membuat:

  • Membuat jus pisang dan minum setidaknya satu gelas sehari
  • Anda dapat mencampur satu pisang dihaluskan dengan satu cangkir air kelapa, setengah cangkir yoghurt dan satu sendok madu dan mengkonsumsi dua kali sehari untuk mendapatkan bantuan dari batuk dan gejala lain dari tuberkulosis.
  1. Custard Apel

Cara Membuat:

  • Rebus bubur 2 custard apel dan kismis tanpa biji 25 dalam satu setengah cangkir sepuluh menit. kemudian tambahkan sejumput kapulaga dan bubuk kayu manis, kemduian saring dan konsumsi 2xi sehari.
  1. Daun Drumstick

Daun Drumstick memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Hal ini akan membantu untuk menghilangkan bakteri dari paru-paru.

Obat ini juga membantu untuk mengurangi peradangan paru-paru yang disebabkan oleh infeksi dan batuk. Daun Drumstick adalah sumber zat besi, kalsium, karoten yang meningkatkan kekebalan tubuh.

Cara Membuat

  • Rebus segenggam daun drumstik dengan satu gelas air selama lima menit
  • kemudian dinginkan dan tambahkan garam, merica dan satu sendok teh air jeruk nipis
  • Minum pada waktu perut kosong setiap pagi hari untuk menyembuhkan tuberkulosis
[vc_cta h2=”Apa Itu Pulmohealer?” add_button=”bottom” btn_title=”Klik untuk Lihat Produk!” btn_style=”flat” btn_shape=”square” btn_color=”warning” btn_size=”lg” btn_align=”center” btn_button_block=”true” btn_link=”url:http%3A%2F%2Fwww.autoimuncare.com%2FPulmohealer%2F|||”]Pulmohealer adalah produk dari PT. Autoimuncare Indonesia ( PT. AICI ) yang khusus mengatasi berbagai penyakit paru-paru. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama 15 tahun membuat Pulmohealer banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

Pulmohealer bereaksi cepat, dijamin aman, dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya bagi Tubuh Anda.[/vc_cta]

Related Posts