Pengertian Dan Diagnosis Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Meski semua sendi di tubuh bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Laki-laki lebih rawan terkena penyakit asam urat dibandingkan dengan perempuan, terutama saat usia mereka di atas 30 tahun. Pada perempuan, penyakit ini biasanya berisiko timbul setelah menopause.

Orang yang terkena serangan penyakit asam urat biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang signifikan dalam beberapa jam pertama. Rasa sakit bisa berlangsung selama 3-10 hari. Pembengkakan tidak hanya terjadi di sendi, namun juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah. Pada tahap ini, penderita dapat tidak mampu bergerak secara leluasa.

Gejala nyeri dan pembengkakan pada penyakit asam urat disebabkan oleh tusukan kristal-kristal tajam di sekitar sendi yang terbentuk akibat penumpukan zat asam urat. Seseorang yang suka mengonsumsi makanan yang menyebabkan peningkatan asam urat  (contohnya jeroan, hidangan laut, daging merah) dan seseorang yang gemar mengonsumsi minuman beralkohol akan berisiko tinggi terkena penyakit asam urat. Selain itu, penyakit ini juga rawan dialami oleh orang-orang yang menderita obesitas, diabetes, hipertensi, atau penyakit ginjal kronik.

Menurut penelitian, seseorang yang memiliki keluarga penderita penyakit asam urat juga dapat terkena kondisi sama. Dengan kata lain, penyakit ini bersifat genetik juga.

Temuilah dokter jika Anda merasakan gejala-gejala penyakit asam urat. Dalam melakukan diagnosis, dokter akan melakukan pemeriksaan atau tes untuk memastikan adanya kristal-kristal natrium urat pada persendian. Hal ini perlu dilakukan karena ada jenis penyakit lain yang bisa menyebabkan gejala menyerupai penyakit asam urat. Pemeriksaan kadar asam urat dalam darah juga biasanya dilakukan.

Sebelum melakukan tes penyakit asam urat , biasanya pertama-tama dokter akan bertanya mengenai:

-Lokasi sendi yang terasa sakit.

-Seberapa sering Anda mengalami gejala dan seberapa signifikan gejala tersebut muncul.

-Obat-obatan tertentu yang sedang Anda konsumsi.

-Riwayat penyakit asam urat di keluarga Anda.

Untuk orang dewasa memiliki betas normalnya sekitar 5,5 mg/dl, tidak baik apabila kadar asam urat terlalu banyak karena kondisi ini akan menyebabkan penderitanya akan mengalami masalah pada proses pembuangan asam urat. sam urat yang dihasilkan terlalu banyak akan sulit untuk di buang ke luar tubuh dengan jumlah yang banyak.

Karena itu jumlah asam urat yang diproduksi dan yang di buang tidak seimbang bisa meningkatkan risiko untuk mengalami penyakit asam urat, karena terjadinya penumpukan senyawa asam urat di dalam tubuh. kadar asam urat yang berlebihan ini tdiak terjadi apabila tidak ada zat purin yang banyak juga yang masuk ke dalam tubuh. karena itu zat purin penyebab utamanya.

Zat purin yang masuk ke dalam tubuh dengan jumlah yang banyak yang dapat meningkatkan kadar asam urat. makanan dan minuman ada banyak yang memiliki kadar asam urat yang tinggi, oleh karena itu banyak penderita asam urat tinggi dikarenakan konsumsi makanan mengandung purin yang cukup tinggi juga.

Penyebab terbesar terjadinya penyakit asam urat dari jenis makanan yang di konsumsi sehari hari, karena mengkonsumsi makanan mengandung purin berlebihan sehingga produksi purin pun juga semakin tinggi. untuk itu penyakit asam urat terjadi akibat dari pola makan dan asupan makanan sehingga kadar asam urat tidak terkontrol dengan baik, maka dari itu bisa mengalami asam urat.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa makanan menjadi penyebab terbesar penyakit asam urat tinggi, untuk perlu mengetahui makanan apa saja yang bisa meningkatkan kadar asam urat. yang pertama bisa dari jenis makanan yang dari laut, hasil tankap laut atau boga bahari seperti tiram, cumi, udang, ikan serta masih banyak makanan laut lainnya pun bisa meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Banyak orang yang menderita penyakit asam urat disebabkan oleh makanan sehari harinya makanan laut karena ada kandungan purin yang banyak. tidak hanya makanan laut, makan daging merah pun juga termasuk makanan yang mengandung purin tinggi.

Demikian semoga artikel ini bermanfaat.

[vc_row][vc_column][vc_cta h2=”Apa Itu Heavenliquid?” add_button=”bottom” btn_title=”Klik untuk Lihat Produk!” btn_style=”flat” btn_shape=”square” btn_color=”warning” btn_size=”lg” btn_align=”center” btn_button_block=”true” btn_link=”url:http%3A%2F%2Fwww.autoimuncare.com%2FHeavenliquid%2F|||”]Obat Asam Urat HeavenLiquid merupakan Formula Herbal hasil dari Autofermentasi Nanotechnology dengan bahan yang 100% alami sehingga tidak memiliki efek samping setelah anda mengkonsumsinya.
Heavenliquid berperan dalam regenerasi sel karena memiliki kandungan Flavonoid dan Alkaloid yang merupakan rangkaian biopolimer yang berfungsi membersihkan racun dalam darah serta memperbaiki sel-sel tubuh yang telah usang.

Formula Herbal yang kami ciptakan ini memiliki komposisi 100% Diospyros kaki.[/vc_cta][/vc_column][/vc_row]

Related Posts

Leave a comment