Bagaimana Caranya Agar Penyakit Maag Bisa Sembuh?

Sakit maag yang dalam ilmu kesehatan disebut dengan gastritis, dan biasanya juga dikenal dengan sebutan tukak lambung. Sakit maag merupakan kondisi dimana terjadi peningkatan kadar asam pada lambung. Dalam keadaan normal, zat asam lambung ini dibutuhkan untuk membantu proses pencernaan dalam mengolah makanan yang masuk ke dalam tubuh kita.

Namun, jika kadar asam pada lambung ini terlalu berlebihan atau meningkat akan menyebabkan radang, sehingga mengakibatkan luka pada permukaan lambung. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya tukak lambung. Penyebab penyakit maag juga bisa terjadi disebabkan oleh adanya infeksi oleh bakteri yang bernama helicobacter pylori.

Sakit maag ini harus segera diatasi agar tidak menjadi maag akut atau maag kronis. Penyakit maag adalah salah satu penyakit yang dapat disembuhkan. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan penyakit maag:

  1. Obat maag dari biji pepaya

Bahan alami yang bisa anda gunakan untuk membantu mengobati maag secara alami adalah biji buah pepaya. Cara membuat obat tradisional maag dari biji buah pepaya:

– Ambil biji dari buah pepaya secukupnya.

– Lalu jemurlah biji buah pepaya hingga kering.

– Setelah biji pepaya kering, tumbuklah biji pepaya tersebut hingga halus.

– Setelah itu tambahkan air secukupnya pada halusan biji pepaya tadi.

– Seduh hingga merata dan minumlah secara teratur untuk mengatasi sakit maag.

  1. Obat maag dari kacang kedelai

Obat sakit maag juga bisa anda gunakan dari jenis kacang-kacangan yaitu kacang kedelai.

Cara membuat obat maag tradisional dari kacang kedelai:

– Sediakan kacang kedelai secukupnya.

– Kemudian goreng kacang kedelai itu tanpa menggunakan minyak goreng atau juga disangrai.

– Kemudian tumbuklah kacang kedelai tersebut hingga halus.

– Lalu tambahkan air panas secukupnya.

– Seduhlah hingga tercampur.

– Minumlah ramuan tradisional tersebut secarat teratur tiga kali dalam sehari.

– Anda juga bisa menggunakan ramuan tersebut untuk membantu mencegah maag dengan meminumnya sehari sekali secara teratur.

  1. Obat maag dari kunyit

Bahan herbal alami yang bisa anda jadikan sebagai obat maag tradisional untuk membantu mengatasi sakit maag adalah kunyit. Kunyit memiliki kandungan zat aktif diantaranya seperti kurkumin serta minyak atsiri yang bermanfaat untuk mengobati sakit maag akut, maupun maupun bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit maag kronis.

Cara membuat obat maag dari kunyit:

– Sediakan tanaman kunyit secukupnya, lalu cuci hingga bersih.

– Lalu iris-iris dan parut kunyit tersebut.

– Tambahkan air hangat secukupnya pada parutan kunyit.

– Lalu peras dan ambil air perasan dari kunyit tersebut.

– Minumlah air perasan kunyit itu 2 kali dalam sehari.

  1. Obat maag dari daun jambu biji

Obat maag herbal selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan sakit maag adalah daun jambu biji. Cara membuat obat alami maag dari daun jambu biji cukup mudah, yaitu:

– Sediakan 9 lembar daun jambu biji.

– Kemudian rebuslah daun jambu biji itu dengan satu setengah liter air hingga mendidih.

– Lalu ambil rebusan airnya.

– Minumlah ramuan itu sebanyak 3 kali dalam sehari untuk mengobati sakit maag.

Tips Mencegah Penyakit Maag

Beberapa hal bisa anda lakukan untuk membantu mencegah terjadinya sakit maag. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mencegah terkena sakit maag:

– Hindarilah mengonsumsi minuman yang memiliki kandungan soda atau minuman berkabonasi, dan juga kandungan alkohol.

– Usahakan untuk menghindari mengonsumsi makanan yang memiliki tekstur keras dan makanan yang sulit dicerna oleh lambung misalnya daging kambing, keju, dan makanan bertekstur keras lainnya.

– Bagi anda perokok, usahakan untuk mengurangi atau bahkan berhenti kebiasaan merokok. Hal ini dikarenakan kebiasaan merokok bisa membuat refluks asam meningkat, serta membuat air liur mengering, hal ini karena air liur ini memiliki fungsi untuk membantu melindungi esofagus yaitu saluran yang menuju lambung dari asam lambung.

– Usahakan untuk selalu makan tepat waktu. Serta usahakan untuk tidak makan dalam jumlah atau porsi yang terlalu berlebihan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tekanan pada otot lingkar esofagus bagian bawah.

– Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu asam dan terlalu pedas, seperti cabe, cuka, serta merica.

– Hindari makanan yang memiliki kandungan gas, misalnya seperti singkong, kol, sawi, buah durian, buah nangka, dan lainnnya.

– Usahakan untuk menghindari jenis makanan yang mengandung karbohidrat tertentu yang dapat menjadikan lambung begah atau penuh. Makanan tersebut contohnya seperti ketan, mie instan dan lain sebagainya.

[vc_cta h2=”Apa Itu ElderlyCare?” add_button=”bottom” btn_title=”Klik untuk Lihat Produk!” btn_style=”flat” btn_shape=”square” btn_color=”warning” btn_size=”lg” btn_align=”center” btn_button_block=”true” btn_link=”url:http%3A%2F%2Fwww.autoimuncare.com%2FElderlyCare%2F|||”]Elderlycare adalah Produk PT. Autoimun Care Indonesia yang merupakan Formula Organik yang diciptakan khusus untuk membantu menyembuhkan penyakit Maag, membantu mengatasi Gangguan pada Sistem Pencernaan, dan membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Elderlycare ini di Produksi dengan teknologi canggih Nanotechnology yang dapat menjaga kesehatan dan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan tubuh serta membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.[/vc_cta]

Related Posts