Penyakit Maag Kronis Dan Penyebabnya Pada Orang Dewasa!

Maag adalah peradangan pada dinding lambung. Ini bukanlah penyakit, namun sebuah kondisi yang disebabkan oleh beragam faktor yang berbeda, seperti konsumsi alkohol berlebihan, stres, muntah-muntah yang kronis, atau obat-obatan tertentu.

Kondisi ini dapat menjadi akut atau kronis. Maag akut dideskripsikan sebagai maag yang muncul secara tiba-tiba. Sedangkan, maag kronis berkembang seiring berjalannya waktu.

Maag kronis atau yang dalam istilah medis disebut dengan Syndrom Dispepsia adalah tingkat paling parah dari penyakit maag, sehingga diperlukan penanganan dan pengobatan yang serius. Karena jika tidak ditangani dengan serius akan menimbulkan berbagai komplikasi yang terbilang serius dan berbahaya.

Penyebab Penyakit Maag Kronis

  1. Infeksi bakteri

Penyakit maag kronis di sebabkan oleh ada nya bakteri lagi yang menginfeksi lambung. Jika awal nya sudah mengalami infeksi hingga menyebabkan sakit maag yang awal. Dan infeksi bakteri dapat terjadi jika makanan yang di konsumsi tidak di jaga lagi dengan baik.

Oleh sebab itu jika sudah terkena penyakit maag di awal akan lebih baik jika di jaga kembali pola makan, terutama makanan yang bersih.

  1. Makan tidak teratur

Jika sudah menderita maag masih juga mengabaikan waktu makan, maka harus bersiapa untuk mendapatkan penyakit maag kronis. Karena dengan terus menerus makan makanan tidak teratur atau bukan di jam makan normal makan akan menyebabkan penyakit maag kronis.

  1. Mengkonsumsi asam berlebih

Makanan yang memiliki rasa asam memang akan meyegarkan untuk di makan, sehingga tidak terasa ketika makan makanan asam. Dengan jumlah makan makanan asam yang terlalu banyak ketik sudah menderita sakit maag, maka dapat memicu untuk terjadi penyakit maag kronis, yang di akibatkan oleh makan makanan asam yang akan melukai lambung.

  1. Makanan pedas

Makan makanan pedas, juga tidak baik lagi di konsumsi pada penderita sakit maag, karena makanan pedas dapat memicu sakit maag semakin parah atau penyakit maag kronis. Hingga tidak baik jika di konsumsi dalam jumlah banyak. makanan pedas boleh saja untuk di konsumsi tetapi dengan jumlah yang wajar jika sudah menderita maag sebelumnya.

  1. Stress

Stress dapat memperparah penyakit maag yang di derita. Karena penyakit maag kronis tidak hanya di karenakan oleh faktor luar tubuh, dari dalam atau karena faktor psikologi juga dapat membuat tingkat keparahan penyakit maag semakin meningkat.

Cara Pencegahan Maag Kronis

Maag kronis dapat dicegah bila kita memperhatikan hal-hal berikut ini, antara lain:

  1. Makan Teratur

Banyak orang yang tidak mengatur waktu dan pola makan mereka dan akhirnya menderita beberapa penyakit gangguan lambung seperti maag. Makan secara teratur sebenarnya tidak akan menambah berat badan dan justru akan membuat berat badan menjadi lebih stabil.

Makan teratur seperti makan pagi, makan siang dan makan malam harus diatur dengan jam tertentu dan porsi yang paling sesuai dengan kebutuhan kalori Anda.

  1. Porsi Makan Lebih Sedikit

Jika anda merasa takut atau khawatir akan memiliki berat badan yang berlebih karena pola makan teratur, maka cobalah untuk mengendalikan porsi makanan.

Anda bisa mencoba untuk membawa makanan dalam porsi yang lebih kecil dan mengkonsumsinya dalam waktu yang lebih sering. Dengan cara ini maka perut akan menjadi lebih nyaman dan tidak merasa terlalu lapar ataupun terlalu kenyang.

  1. Batasi Makanan Pedas dan Gorengan

Bahaya makanan pedas dan bahaya mengkonsumsi gorengan yang kurang baik bagi tubuh, harus dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Konsumsi berbagai jenis makanan ini akan membuat anda merasa tidak nyaman karena lambung biasanya akan memproduksi asam dalam jumlah yang lebih tinggi. Asam lemak yang terlalu tinggi akan membuat gangguan lambung yang serius.

  1. Hindari Stres

Tekanan pikiran (stress) karena aktivitas, masalah kehidupan maupun berbagai tekanan pekerjaan sering menjadi pemicu utama maag. Untuk menghindarinya maka biarkan tubuh dan pikiran anda bekerja dengan baik tanpa merasa tertekan.

Anda bisa memanfaatkan waktu untuk berlibur agar tidak merasa terlalu tertekan. Anda juga bisa mencoba beberapa olahraga yang bisa membantu tubuh anda mengatur tekanan seperti yoga dan meditasi untuk kesehatan.

  1. Hindari Alkohol dan Soda

Minuman yang mengandung alkohol dan soda memang harus dihindari jika anda tidak ingin terkena gastrisis. Alkohol bisa memicu produksi lendir dan asam yang berlebihan sehingga sangat berbahaya untuk lambung.

Bahkan terkadang mengkonsumsi alkohol dan soda juga akan membuat gangguan nafsu makan sehingga membuat perut anda menjadi lebih kenyang meskipun anda tidak makan apapun.

[vc_cta h2=”Apa Itu ElderlyCare?” add_button=”bottom” btn_title=”Klik untuk Lihat Produk!” btn_style=”flat” btn_shape=”square” btn_color=”warning” btn_size=”lg” btn_align=”center” btn_button_block=”true” btn_link=”url:http%3A%2F%2Fwww.autoimuncare.com%2FElderlyCare%2F|||”]Elderlycare adalah Produk PT. Autoimun Care Indonesia yang merupakan Formula Organik yang diciptakan khusus untuk membantu menyembuhkan penyakit Maag, membantu mengatasi Gangguan pada Sistem Pencernaan, dan membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Elderlycare ini di Produksi dengan teknologi canggih Nanotechnology yang dapat menjaga kesehatan dan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan tubuh serta membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.[/vc_cta]

Related Posts