Rony Dozer, Sukses Lolos dari Maut Penyakit Gagal Ginjal

Nama Rony Dozer tentu sudah tidak asing bagi telinga masyarakat tanah air, sebab termasuk salah satu artis di Indonesia.

Ada banyak judl film telah dibintangi oleh artis yang memiliki ciri khas tubuhnya yang subur ini.

Meski tidak pernah didapuk menjadi bintang utama, namun karakter yang diperankannya memang selalu sukses mencuri perhatian.

Pria yang memiliki nama asli Rony Antonius Setiawan ini memang memiliki tubuh yang subur. Ia pun mengaku sering menerima olok-olok terkait berat badannya.

Namun sebagai salah satu publik figur olokan tersebut dianggapnya sebagai bagian candaan.

Namun siapa sangka, ada satu persoalan yang membuat Rony merasa sangat sensitif ketika disinggung tentang berat badannya.

Beberapa tahun yang lalu Rony sempat divonis dokter menderita gagal ginjal. Proses cuci darah rutin pun musti dijalaninya secara teratur untuk dapat bertahan hidup.

Penyakit inipun muncul sebagai salah satu efek dari berat badannya yang berada di atas angka normal untuk tinggi badannya.

Sejak saat itu Rony kembali lagi harus mencoba bersabar menghadapi kondisi tubuhnya yang gemuk.

Mengidap Gagal Ginjal

Tubuh yang mengalami kegemukan memang perlu diakui riskan dengan resiko penyakit berbahaya. Salah satunya dialami oleh Rony, yakni penyakit gagal ginjal.

Kondisi organ ginjal sudah tidak bisa menjalankan fungsinya secara optimal. Penderita pun musti menjalani cuci darah rutin, dan situasi ini pernah dialami Rony Dozer.

Rony mengaku dokter menyatakan dirinya terkena gagal ginjal, dan dianjurkan untuk melakukan prosedur cuci darah seminggu sekali.

Proses cuci darah ini diakuinya dijalankan rutin, prosedur medis ini pun tentunya menghadirkan efek samping sebagaimana umumnya.

Sebab proses cuci darah yang lumrah dijalankan pasien gagal ginjal membawa sejumlah efek samping bagi kesehatan.

Meski begitu, prosedur medis inilah yang menjadi satu-satunya kunci untuk tetap bisa mempertahankan fungsi ginjal meski tidak bisa maksimal seperti ketika masih sehat.

Selain menjalani pengobatan secara medis, Rony pun mengaku mencoba beberapa pengobatan alternatif.

Siapa sangka sudah bertahun-tahun ia mencoba menjalani pengobatan tersebut. Namun belum juga mendapatkan titik cerah.

Nasib Baik Menghampiri

Rony mengaku sudah berobat bertahun-tahun, dan sempat dihinggapi persaaan putus asa.

Kesabaran yang sudah dipupuknya selama sekian tahun bersamaan dengan proses cuci darah yang melelahkan.

Ternyata berbuah manis, tepatnya ketika ia bertemu dengan teman lama.

Mendengar kabar bahwa Rony menderita gagal ginjal, dan harus rutin cuci darah. Maka temannya tersebut menyarankan untuk menjalani pengobatan alternatif di Jatiasih, Bekasi.

Sebagai seorang artis, ternyata terapis di tempat pengobatan alternatif tersebut mengenalnya.

Rony pun mengaku menjalani terapi selama beberapa kali, dan masih diimbangi dengan cuci darah rutin. Sekaligus mengkonsumsi obat yang diberikan oleh dokternya.

Usai menjalani terapi alternatif tersebut, Rony kemudian bisa mencicipi nikmat kesembuhan. Ketika melakukan pengecekan keratin di rumah sakit ia mengaku terkejut bercampur bahagia dan haru.

Pasalnya ketika gagal ginjal menyerang kadar kreatin di tubuh Rony mencapai angka 12. Usai terapi keratin turun drastis di angka 0.9 saja.

Dinyatakan sembuh oleh dokter membuatnya bisa menjalani aktifitas rutin. Tepat di tahun 2013 nikmat kesembuhan tersebut bisa dirasakannya secara utuh.

Rony pun sempat mengaku pada media di waktu tersebut akan mencoba menjalani syuting kembali.

Pernyataan tersebut pun dibuktikan oleh Rony Dozer, terlihat dari semakin banyak judul film yang dibintanginya.

Mulai dari film yang ditayangkan di bioskop seperti Drakula Cinta (2014), Caleg By Accident (2014), The Wedding & Bebek Betutu (2015), Oops!! Ada Vampir (2016).

Tak hanya ikut membintangi film bioskop, Rony pun menjadi bintang di beberapa judul FTV. Mulai dari Saus Merah di Gaun Putih sampai Layar Komedi: Hantu Televisi.

Rony pun berujar, “Dengan kesabaran, saya bisa memetik hasilnya..”