Tuberkulosis Adalah Penyakit Yang Disebabkan Oleh?

Tuberkulosis yang juga dikenal dengan singkatan tuberkulosis, adalah penyakit menular paru-paru yang disebabkan oleh basil Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini ditularkan dari penderita tuberkulosis aktif yang batuk dan mengeluarkan titik-titik kecil air liur dan terinhalasi oleh orang sehat yang tidak memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit ini.

Tuberkulosis termasuk dalam 10 besar penyakit yang menyebabkan kematian di dunia. Data who menunjukkan bahwa pada tahun 2015, indonesia termasuk dalam 6 besar negara dengan kasus baru tuberkulosis terbanyak.

Penyebab Penyakit Tuberkulosis

Penyakit tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Bakteri ini bisa ditularkan melalui media udara ketika seseorang yang mengidap penyakit tuberkulosis tersebut sedang bersin atau batuk. Meskipun bisa ditularkan melalui udara, penularan penyakit tuberkulosis tidak semudah menularkan flu yang mungkin bisa ditularkan dalam beberapa jam.

Penyakit tuberkulosis memerlukan waktu yang lebih lama untuk bisa ditularkan, namun intensitas berhungungan dengan orang yang mengalami tuberkulosis juga mempengaruhi proses penularan.

Usahakan untuk mengenali ciri-ciri penyakit tuberkulosis agar anda bisa terhindar dari penularan penyakit ini. Biasanya orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang buruk akan lebih mudah terserang penyakit ini.

Ada beberapa kriteria seseorang akan mempunyai resiko penyakit tuberkulosis dibandingkan yang lainnya. Ciri-ciri orang yang mudah terkena penyakit tuberkulosis diantaranya:

  • Orang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang rendah
  • Orang yang mengidap HIV/AIDS
  • Orang yang sedang di Kemoterapi
  • Pecandu rokok atau narkoba
  • Orang yang mempunyai diabetes
  • Petugas medis yang berkontak dengan penderita dalam waktu yang cukup lama.

Ciri Penyakit Tuberkulosis

Ada beberapa ciri-ciri awal penyakit tuberkulosis yang harus kita kenali. Berikut adalah beberapa contoh gejala penyakit tuberkulosis yang sering muncul.

  • Mengalami batuk berdahak tiada henti dan secara terus menerus selama satu bulan
  • Badan terasa pegal-pegal dan meriang sekujur tubuh
  • Keluar keringat dingin pada malam hari tanpa sebab yang pasti
  • Terkadang batuk berdahak disertai darah yang keluar bersama dahak
  • Dada sering merasa sesak
  • Nafsu makan berkurang drastis dan berat badan terus menurun.

Pencegahan Penyakit Tuberkulosis

Cara mencegah tuberkulosis bisa di lakukan dengan menjaga asupan makanan yang akan di konsumsi. Sebaik nya mulai sekarang lebih banyak dan lebih sering mengkonsumsi makanan rumahan yang di buat sendiri di rumah.

Karena kebutuhan nutrisi dan kebersihan pada makanan merupakan salah satu cara mencegah tuberkulosis yang bisa di lakukan juga. sayur dan buah tidak ketinggalan untuk di konsumsi dalam jumlah banyak sehingga akan mencegah penyakit tuberkulosis atau infeksi pada paru paru.

  1. Vaksin

Suntik vaksin harus di lakukan dengan baik jika ingin mencegah penyakit tuberkulosisi. Karena salah satu cara mencegah tuberkulosis dengan melakukan suntik vaksin. Dari mulai anak anak, remaja hingga orang lanjut usia bisa melakukan suntik vaksin untuk mencegah penyakit tuberkulosis.

  1. Melindungi saluran pernafasan

Melindungi saluran pernafasan dengan baik menggunakan penutup mulut dan hidung setiap kali keluar rumah, karena banyak virus dimana mana sehingga cara mencegah tuberkulosis bisa dengan melindungi saluran pernafasan dengan baik, agar tidak ada virus yang masuk ke dalam mulut dan juga paru paru hingga menyebabkan penyakit tuberkulosis.

  1. Pola hidup sehat

Pola hidup sehat sebagai cara mencegah tuberkulosis yang baik bisa dengan menjalani pola hidup yang sehat. Seperti hal nya tidak mengkonsumsi alkohol, rokok dan juga obat obatan terlarang merupakan cara mencegah tuberkulosis yang ampuh juga untuk di lakukan.

  1. Menjaga kebersihan

Jaga kebersihan dengan baik sebagai cara mencegah tuberkulosis, kebersihan makanan, lingkungan dan juga kebersihan tubuh harus di jaga dengan baik sehingga tidak akan menderita penyakit tuberkulosis atau infeksi pada paru paru.

 

[vc_cta h2=”Apa Itu Pulmohealer?” add_button=”bottom” btn_title=”Klik untuk Lihat Produk!” btn_style=”flat” btn_shape=”square” btn_color=”warning” btn_size=”lg” btn_align=”center” btn_button_block=”true” btn_link=”url:http%3A%2F%2Fwww.autoimuncare.com%2FPulmohealer%2F|||”]Pulmohealer adalah produk dari PT. Autoimuncare Indonesia ( PT. AICI ) yang khusus mengatasi berbagai penyakit paru-paru. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama 15 tahun membuat Pulmohealer banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

Pulmohealer bereaksi cepat, dijamin aman, dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya bagi Tubuh Anda.[/vc_cta]

Related Posts