Waspada Penyakit Maag Berikut Ini!

Dalam bahasa ilmiah maag disebut juga dengan Gasitris yaitu suatu penyakit yang menimpa lambung dan memberikan efek kurang berfungsinya lambung secara maksimal dalam melakukan tuganya mencerna makanan.

Jika penyakit maag menimpa seseorang maka penderita sakit maag akan merasakan sakit pada bagian perut, perih dan juga perasaan mulas, sakit ini dikarenakan pada area sekitar lambung mengalami peradangan dan terjadinya luka.

Sebagian besar penderita penyakit maag baik maag kronis ataupun maag akut saat ini disebabkan oleh adanya faktor psikis seperti stress, merasakan cemas berlebihan atau pola makan yang kurang sehat dan tidak teratur, mengkonsumsi makanan pedas atau bahkan merokok.

Jika penyakit maag menyerang tubuh maka penderita harus memeriksakan diri ke dokter atau puskesmas terdekat untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut.

Penyebab Penyakit Maag

Berikut ini beberapa kondisi yang bisa menyebabkan sakit maag, di antaranya:

  • Tukak lambung (luka terbuka yang muncul di lapisan dalam lambung)
  • Infeksi bakteri Helicobacter pylori
  • Efek samping penggunaan obat anti-inflamasi nonsteroid (misalnya ibuprofen dan aspirin) dan obat golongan nitrat
  • Masalah psikologi (misalnya cemas dan stres)
  • Penyakit refluks gastroesofagus (pergerakan balik asam lambung menuju kerongkongan)
  • Terlalu banyak makan
  • Merokok
  • Terlalu banyak mengonsumsi kafein, soda, atau minuman beralkohol
  • Terlalu banyak mengonsumsi cokelat
  • Konstipasi
  • Obesitas
  • Makan terlalu cepat
  • Mengonsumsi makanan berminyak, berlemak, dan pedas.

Selain kondisi-kondisi di atas, sakit maag juga bisa terjadi akibat komplikasi suatu penyakit. Contoh-contoh penyakit yang bisa menyebabkan sakit maag adalah penyakit batu empedu, radang pankreas (pankreatitis), penyakit iskemia usus (berkurangnya aliran darah di usus), penyumbatan usus, penyakit celiac, penyakit hernia hiatus (bagian lambung menonjol ke dalam diafragma), dan kanker lambung.

Gejala Penyakit Maag

Berikut ini gejala penyakit maag yang harus diwaspadai, antara lain:

  1. Kembung

Dengan alasan yang hampir sama dengan gejala di atas, perut kembung juga merupakan dampak dari peningkatan asam lambung dan gas yang berada dalam lambung maupun usus, selain itu terjadi pula perlambatan pergerakan lambung dan usus. Untuk itu orang yang sakit maag tidak boleh makan sesuatu yang membuat tambah kembung.

  1. Perut terasa penuh

Gejala sakit maag selanjutnya yang sering dikeluhkan oleh pasien adalah perut yang terasa penuh, hal ini juga terjadi karena lambatnya pergerakan usus dan lambung sehingga makanan cendrung tertahan dalam saluran cerna. Itulah mengapa orang yang sakit maag dianjurkan untuk makan sedikit-sedikit tapi sering.

  1. Kehilangan nafsu makan

Jika perut sudah kembung dan terasa penuh, apalagi disertai dengan mual, maka sudah pasti akan mengalami gejala maag selanjutnya, yaitu tidak nafsu makan.

Walau demikian pasien harus tetap makan, karena kalau tidak konsentrasi asam lambung semakin meningkat dan mencerna jaringan lambung itu sendiri.

  1. Bersendawa

Pada sakit maag, ada banyak asam lambung yang diproduksi, cairan asam ini menghasilkan banyak gas sehingga seseorang akan sering mengalami sendawa walaupun tidak habis makan atau minum. Itulah kenapa bersendawa merupakan salah satu dari sekian banyak ciri-ciri sakit maag yang perlu kita amati.

  1. Sakit ulu hati

Gejala sakit maag yang paling utama dan sering dirasakan adalah sakit perut kiri atau agak ketengah, atau dalam bahasa indonesia daerah ulu hati. Rasa sakit yang dirasakan dapat berupa perih, rasa panas atau terbakar yang bisa menjadi lebih buruk atau lebih baik setelah makan.

  1. Mual dan muntah

Sering kita jumpai seseorang yang mengalami sakit maag akan sering mengalami mual atau rasa ingin muntah, walau demikian tak sedikit juga yang akhirnya benar-benar muntah atau mengeluarkan isi perut baik berupa cairan kuning, hijau, atau bercampur dengan makanan.

Hal ini terjadi karena lambung sering mengalami kontraksi yang sering juga disertai dengan rasa sakit yang bertambah hebat. Tapi jangan khawatir, ada obat maag yang dapat meredakan keluhan ini.

[vc_cta h2=”Apa Itu ElderlyCare?” add_button=”bottom” btn_title=”Klik untuk Lihat Produk!” btn_style=”flat” btn_shape=”square” btn_color=”warning” btn_size=”lg” btn_align=”center” btn_button_block=”true” btn_link=”url:http%3A%2F%2Fwww.autoimuncare.com%2FElderlyCare%2F|||”]Elderlycare adalah Produk PT. Autoimun Care Indonesia yang merupakan Formula Organik yang diciptakan khusus untuk membantu menyembuhkan penyakit Maag, membantu mengatasi Gangguan pada Sistem Pencernaan, dan membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Elderlycare ini di Produksi dengan teknologi canggih Nanotechnology yang dapat menjaga kesehatan dan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan tubuh serta membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.[/vc_cta]

Related Posts